0%
logo header
Selasa, 05 Maret 2024 12:35

Pemkot Parepare Gelar Pasar Murah Jelang Bulan Suci Ramadan

Mulyadi Ma'ruf
Editor : Mulyadi Ma'ruf
Pemkot Parepare Gelar Pasar Murah Jelang Bulan Suci Ramadan

REPUBLIKNEWS.CO.ID, PAREPARE — Pemerintah Kota Parepare bergerak dalam upaya pengendalian harga barang kebutuhan pokok khususnya menjelang Bulan Ramadan. Salah satunya melalui Gerakan Pangan Murah (GPM).

Diketahui gerakan ini serentak dilakukan di semua Kota/Kabupaten di Sulawesi Selatan,  4-8 Maret 2024.

Asisten II Setdako Parepare sekaligus Sekretaris Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Parepare, Andi Ardian Asyraq mengatakan, Gerakan Pangan Murah ini untuk membantu masyarakat mendapatkan bahan pokok harga murah dan menjamin kebutuhan pangan terutama selama Ramadan.

Baca Juga : Proses Coklit Selesai 100 Persen, KPU Parepare Tegaskan Rampung Sesuai Prosedur

Gerakan Pangan Murah di Parepare diawali di pelataran Masjid Terapung BJ Habibie, Kecamatan Bacukiki Barat dan Lapangan Kavaleri Kecamatan Soreang, Senin (5/3/2024). Kegiatan dimulai pukul 09.00 Wita.

Andi Ardian menekankan, yang menjadi atensi adalah harga barang kebutuhan pokok yang bergejolak di antaranya beras.

Berdasarkan hasil pantauan bersama jajaran terkait Pemkot Parepare di Pasar Rakyat Lakessi, Ahad (4/3/2024), Andi Ardian mengaku, sebenarnya yang bergejolak itu adalah beras jenis premium. Sementara beras medium tetap stabil terkendali.

Baca Juga : AHY Berikan Restu, Erat Bersalam Siap Bertarung di Pilwalkot Parepare 2024

“Beras medium atau SPHP ini stabil terkendali. Harganya Rp10.900 per kg atau Rp54.500 per 5 kg. Yang tidak terkendali itu beras premium. Tapi itu kan berlaku hukum pasar, supply and demand. Harga naik karena permintaan tinggi, namun kan yang mengkonsumsi beras premium adalah masyarakat golongan ekonomi menengah ke atas,” ungkap Andi Ardian.

Dari laporan harga yang dikeluarkan Dinas Perdagangan Parepare per 4 Maret 2024, harga beras varietas kristal (premium) Rp16.500 per kg, beras varietas santana (premium) Rp14.700 per kg, beras varietas 74  (premium) Rp14.400 per kg, beras Bulog medium Rp10.900 per kg.

“Beras medium atau SPHP ini memiliki kualitas yang bagus dan tidak kalah dengan beras premium. Bulog pun menjamin ketersediaan beras medium ini cukup untuk 10 bulan ke depan,” kata Andi Ardian.

Baca Juga : Arief Rosyid: Saatnya Generasi Muda Memimpin Parepare

Karena itu, Andi Ardian mengemukakan, melalui Gerakan Pangan Murah, distribusi pangan terutama beras medium akan disebar merata ke seluruh Kecamatan dan Kelurahan di Parepare. Ditambah Rumah Pangan Kita (RPK), outlet penjualan pangan pokok untuk masyarakat binaan Bulog harus diperbanyak, jika perlu ada di setiap RW.

“Dengan distribusi sebaran merata dan mudah didapatkan masyarakat ini juga untuk mengantisipasi munculnya spekulan-spekulan. Hanya saja terlihat dari kegiatan hari pertama Gerakan Pangan Murah, pola distribusi perlu dibenahi sehingga tidak terjadi antrean atau penumpukan konsumen,” tegas Andi Ardian.

Gerakan Pangan Murah di Parepare berlanjut hari kedua, Selasa (5/3/2024) di Taman Mattirotasi Kecamatan Ujung, hari ketiga Rabu (6/3/2024) di pelataran Islamic Centre Kecamatan Ujung, hari keempat Kamis (7/3/2024) di Islamic Centre, dan hari kelima Jumat (8/3/2024) di Lapangan Lompoe Kecamatan Bacukiki. (Adv)

Redaksi Republiknews.co.id menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: [email protected] atau Whatsapp +62 813-455-28646