0%
logo header
Jumat, 13 Mei 2022 19:34

Penembakan Pesawat Kargo di Bandara Ilaga oleh KKB Saat Evakuasi Jenazah Sopir Truk

Kabid Humas Polda Papua Kombes Pol Drs. Ahmad Musthofa Kamal, SH memberikan keterangan. (Humas Polda Papua).
Kabid Humas Polda Papua Kombes Pol Drs. Ahmad Musthofa Kamal, SH memberikan keterangan. (Humas Polda Papua).

REPUBLIKNEWS.CO.ID, JAYAPURA – Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) Papua menembaki sebuah pesawat kargo milik Asian One Air saat mendarat di Bandara Aminggaru Distrik Ilaga Kabupaten Puncak Papua, Jumat (12/05/2022).

Kabid Humas Polda Papua Kombes Pol Ahmad Musthofa Kamal, menerangkan suara tembakan terdengar di sekitar Bandara Aminggaru Ilaga.

“Iya tadi pagi ada suara tembakan terdengar di sekitar Bandara Ilaga dimana saat itu proses pengamanan evakuasi korban penembakan KKB akan diterbangkan menuju Kabupaten Mimika,” terang Musthofa Kamal.

Baca Juga : Rumah Dibakar Massa Tak Dikenal, Ratusan Warga di Dogiyai Papua Mengungsi

Musthofa Kamal mengungkapkan suara tembakan tersebut terdengar saat Pesawat yang membawa jenazah korban (sopir truk) telah take off menuju Timika, disusul 2 pesawat lainnya yang akan take off juga menuju Kabupaten Mimika.

Jenazah korban sopir truk meninggal sebelumnya juga diduga korban penembakan oleh Kelompok Separatis Teroris (KST) atau Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) Papua ini.

“Saat kejadian aktivitas bandara berjalan dan personel yang melakukan pengamanan evakuasi jenazah korban penembakan KKB masih berada di Bandara,” ungkapnya.

Baca Juga : Uskup Agung Merauke Pertanyakan Misi Pengamanan Brimob di Wanam Papua Harus Dibayar Masyarakat Rp30 Juta Perbulan

Setelah ketiga pesawat take off menuju Kabupaten Mimika, lanjut Musthofa Kamal, terdapat pesawat kargo yang hendak mendarat di bandara namun ketika pilot menerima informasi bahwa terdapat suara tembakan di area sekitar bandara, Pilot memutuskan untuk membatalkan landing pesawat kargo tersebut.

“Saat kejadian personel yang masih berada di bandara langsung mencari sumber tembakan tersebut dan untuk pesawat kargo batal mendarat,” jelas Kamal.

Musthofa Kamal memastikan situasi keamanan saat ini di sekitar Bandara Aminggaru Ilaga sudah aman dan kondusif.

Baca Juga : KKB Papua Tembaki Pesawat Kargo Asian One Air Saat Mendarat di Bandara Ilaga

“Pasca terdengar tembakan situasi di bandara Ilaga aman dan kondusif, aktifitas penerbangan berjalan dengan normal,” tutup Musthofa Kamal.

Penulis : Hendrik Resi
Redaksi Republiknews.co.id menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: [email protected] atau Whatsapp +62 813-455-28646