0%
logo header
Selasa, 30 April 2024 21:50

Penguatan Kelompok Konstituen Ikhlas Wattang Bacukiki, Ceritakan Pengalaman dan Kendala Penerimaan Pengaduan

Mulyadi Ma'ruf
Editor : Mulyadi Ma'ruf
Ket : Penguatan Kelompok Konstituen Ikhlas
Ket : Penguatan Kelompok Konstituen Ikhlas

REPUBLIKNEWS.CO.ID, PAREPARE — Melalui program INKLUSI, Yayasan Bursa Pengetahuan Kawasan Timur Indonesia (BaKTI) dan Yayasan Lembaga Pengkajian Pengembangan Ekonomi dan Masyarakat (YLP2EM) Kota Parepare, dilakukan penguatan Kelompok Konstituen (KK) untuk penerimaan pengaduan, penyediaan komunitas, advokasi kebijakan, dan partisipasi politik.

Kali ini, kegiatan itu digelar di Kelurahan Wattang Bacukiki melibatkan Kelompok Konstituen Ikhlas, Selasa (30/04/2024).

Salah seorang anggota Kelompok Konstituen Ikhlas, Rasna menceritakan pengalamannya dalam penerimaan pengaduan. Salah satunya, tentang masih ada warga yang tidak memiliki BPJS Kesehatan.

Baca Juga : Hermanto Dapat Restu Tokoh Masyarakat Parepare untuk Maju Pilkada

“Kami dapat aduan. Terus kami langsung dampingi warga tersebut. Dari yang tidak punya BPJS akhir punya BPJS yang ditanggung pemerintah,” ungkap Rasna.

Soal kendala, Rasna juga kerap dapatkan. Terutama pernikahan anak di bawah umur. Masih saja ada pemuka agama yang menikahkan anak berumur di bawah 19 tahun itu, dengan berbagai alasan.

“Padahal sering kami edukasi. Banyak kendala kalau kita menikahkan akan di bawah umur. Tapi kata mereka, yang penting sah dulu secara agama. Ini juga kerap kami dapatkan,” keluhnya.

Baca Juga : Aksi Peduli Lingkungan, Erna Rasyid Taufan dan Komunitas Pacekke Bersih-bersih Pantai Lumpue

Maka dari itu, dalam penguatan KK tersebut dilakukan diskusi kelompok membahas sejumlah permasalahan pengaduan itu. Seperti strategi penanganan pengaduan hingga strategi rujukan. Mendeskripsikan masalah dan solusinya. Baik solusi internal dan eksternal.

Sebagai informasi, Kelompok Konstituen Ikhlas Kelurahan Wattang Bacukiki juga menjandi KK terakhir dalam kegiatan penguatan yang dilakukan BaKTI – YLP2EM di Kota Parepare. Total Delapan KK yang telah selesai dilakukan penguatan Kelompok Konstituen.

Yakni, Kelompok Konstituen Srikandi Kel. Lapadde, KK Mandir Kel. Mallusetasi, KK Lestari Kel. Lompoe, KK Melati Indah Kel. Bukit Indah, KK Masagenae Kel. Lumpue, KK Harapan Kel. Bukit Harapan, KK Mario Kel. Labukkang, dan terakhir KK Ikhlas Kel. Wattang Bacukiki(*)

Redaksi Republiknews.co.id menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: redaksi.republiknews1@gmail.com atau Whatsapp +62 813-455-28646