0%
logo header
Jumat, 10 Mei 2024 17:45

Penguatan UMKM, Visi Taqyuddin Djabbar untuk Parepare 2024-2029

Mulyadi Ma'ruf
Editor : Mulyadi Ma'ruf
Penguatan UMKM, Visi Taqyuddin Djabbar untuk Parepare 2024-2029

REPUBLIKNEWS.CO.ID, PAREPARE — Taqyuddin Djabbar (TQ) adalah satu-satunya Calon Wali Kota Parepare 2024-2029 yang konsisten dalam upaya penguatan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM).

TQ terus melakukan edukasi tentang pengembangan dan penguatan UMKM berdasarkan pengalaman puluhan tahunnya. Dia menekankan perlunya perhatian khusus terhadap pelaku UMKM di Parepare.

Alumni SMPN 1 Parepare ini menyatakan bahwa sekitar 13% penduduk Parepare menggantungkan hidupnya pada sektor UMKM. Angka ini setara dengan 53% jumlah Kepala Keluarga (KK), dengan asumsi terdapat 3-4 pelaku UMKM dalam satu keluarga.

Baca Juga : Silaturahmi dan Sosialisasi di Lumpue, Hermanto Janji Tindaklanjuti Keluhan Warga Terkait Jalan Rusak

Menurut Ketua IKA Unhas Parepare ini, jumlah besar masyarakat Parepare yang bergerak di sektor UMKM harus menjadi pertimbangan penting untuk memberikan perhatian yang serius kepada mereka.

“Dalam upaya meningkatkan ekonomi masyarakat di Parepare, tidak ada cara lain selain dengan memperbaiki UMKM. Penguatan UMKM merupakan salah satu prioritas yang harus saya perhatikan dengan serius,” tegasnya sebagai Dewan Pembina Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel).

Mantan Ketua PMI Parepare dua periode ini menjelaskan bahwa salah satu langkah untuk memperkuat UMKM di Parepare adalah dengan meningkatkan investasi. Saat ini, investasi dianggap sebagai kunci pertumbuhan ekonomi.

Baca Juga : Bacalon Wali Kota Tasming Hamid: Kami Siap Bersama Gelora Membangun Parepare

“Pemerintah perlu giat menarik investor untuk masuk ke Parepare. Pasalnya, usaha mikro dan kecil sangat bergantung pada jumlah uang yang beredar. Semakin banyak uang beredar, daya beli masyarakat akan lebih baik, dan hal ini akan berdampak positif pada peningkatan UMKM,” ungkap Ketua Perkumpulan Penggemar Bonsai Indonesia (PPBI) Parepare ini.

TQ berkomitmen untuk mendorong pertumbuhan UMKM di Parepare agar pelaku UMKM menjadi tuan rumah di kota mereka sendiri, sehingga semangat UMKM di Parepare dapat kembali membara sebagai pendorong ekonomi di wilayah tersebut.

Menurut Ketua Dewan Pakar ICMI Parepare ini, pelaku UMKM di Parepare tidak boleh hanya menjadi penonton, melainkan harus aktif berperan dalam pembangunan guna mendorong perkembangan ekonomi.

Baca Juga : TSM Mendengar: Warga Minta Tasming Hamid Prioritaskan Lapangan Kerja, Bantuan Pendidikan dan Penanganan Banjir

“Dengan pertumbuhan ekonomi, kesejahteraan masyarakat dapat tercapai. Parepare dapat menjadi motor penggerak ekonomi di utara Sulawesi,” tandasnya.

Jamal, salah satu warga yang menghadiri acara Temu UMK yang dihadiri oleh TQ sebagai pembicara, menyebutkan bahwa sebagai calon kuat Wali Kota Parepare 2024-2029, TQ telah menunjukkan keseriusannya dalam mendukung penguatan UMKM di Parepare.

“Edukasi yang diberikan oleh Pak TQ telah membuka wawasan kami sebagai pelaku UMKM. Ini memotivasi kami untuk menjadi lebih kuat dan berkembang, terutama dari usaha mikro menuju usaha kecil,” ujarnya.(*)

Redaksi Republiknews.co.id menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: redaksi.republiknews1@gmail.com atau Whatsapp +62 813-455-28646