0%
logo header
Senin, 24 Juni 2024 08:58

Pengurus KOMPAK Papua Selatan dan Kabupaten Merauke Resmi Dilantik

M. Imran Syam
Editor : M. Imran Syam
Pengurus BPW KOMPAK Papua Selatan dan BPD KOMPAK Merauke bersama Bupati Pangkep, Muhammad Yusran Lalogau dan Ketua Umum DPP KOMPAK Sukhri Syawir usai pelantikan. (Istimewa)
Pengurus BPW KOMPAK Papua Selatan dan BPD KOMPAK Merauke bersama Bupati Pangkep, Muhammad Yusran Lalogau dan Ketua Umum DPP KOMPAK Sukhri Syawir usai pelantikan. (Istimewa)

REPUBLIKNEWS.CO.ID, MERAUKE – Badan Pengurus Wilayah (BPW) Kerukunan Organisasi Masyarakat Pangkep (KOMPAK) Provinsi Papua Selatan dan Badan Pengurus Daerah (BPD) (KOMPAK) Kabupaten Merauke periode 2024-2029 resmi dilantik oleh Ketua Umum Sukhri Syawir di Swiss-belHotel, Sabtu (22/06/2024).

BPW Kerukunan Organisasi Masyarakat Pangkep (KOMPAK) Provinsi Papua Selatan diketuai oleh Aswar. Sedangkan BPD Kompak Kabupaten Merauke diketuai oleh Samsiah Chia Saing.

Pangkep adalah singkatan Pangkajene dan Kepulauan, sebuah nama Kabupaten di Provinsi Sulawesi Selatan. Kabupaten Pangkep memiliki 13 Kecamatan (distrik) yakni 2 kecamatan di wilayah pegunungan, 7 kecamatan di daratan dan 4 kecamatan di kepulauan.

Baca Juga : Rumah Perjuangan Paslon Bupati Hendrik-Riduwan di Distrik Kurik Merauke Diresmikan

Hadir pada acara pelantikan dan pengukuhan pengurus Kompak di Merauke adalah Bupati Kabupaten Pangkep Muhammad Yusran Lalogau bersama Ketua TP-PKK Kabupaten Pangkep Ny. Nurlita Wulan Purnama.

Pelantikan yang berlangsung sekitar pukul 10.00 WIT itu dihadiri Inspektur Provinsi Papua Selatan. Sucahyo Agung Dwi Ariyanto mewakili Penjabat (Pj) Gubernur Apolo Safanpo yang berhalangan hadir.

Sedangkan Bupati Merauke Romanus Mbaraka juga berhalangan hadi diwakili Kepala Kesbangpol Merauke, Ramadayanto, serta Forkopimda Merauke dan Papua Selatan.

Baca Juga : Plat Kendaraan Bermotor di Papua Selatan Resmi Berganti dari PA ke PS

Bupati Kabupaten Pangkep, Muhammad Yusran Lalogau selaku Dewan Pembina KOMPAK dalam sambutan memaparkan program kerja yang telah dijalankan di Kabupaten Pangkep dan juga memaparkan profil daerah tersebut.

“Jadi, Pangkep adalah Pangkajene dan Kepulauan yang bisa kita sebut dengan Kabupaten Pangkep. Kemudian, Kabupaten Pangkep memiliki 13 Kecamatan (distrik) yakni, 2 kecamatan di wilayah pegunungan, 7 kecamatan di daratan dan 4 kecamatan di kepulauan,” jelas Muhammad Yusran.

Kabupaten Pangkep, lanjutnya, bahkan menjadi salah satu miniatur dari Indonesia yang ada di Provinsi Sulawesi Selatan, karena terdapat bermacam-macam suku yang mendiami wilayah itu.

Baca Juga : Sekda Papua Selatan Tegaskan Pejabat Pemprov Wajib Mundur Jika Maju Calon Kepala Daerah

Muhammad Yusran menjelaskan program kerjanya seperti kesehatan dan juga pendidikan yaitu, memberikan seragam baju gratis untuk anak-anak. Selain itu, Muhammad Yusran menyebut seluruh programnya itu harus menjangkau ke semua masyarakat Kabupaten Pangkep yang ada di tiga wilayah tersebut.

“Maka dari itu, kami targetkan itu bagaimana semua program-program pemerintah ini bisa menjangkau tiga wilayah tersebut, yakni pegunungan, daratan dan juga kepulauan yang ada di Kabupaten Pangkep. Jadi, ini semua untuk masyarakat Pangkep kita,” sebutnya.

Bupati Yusran berpesan kepada pengurus KOMPAK Provinsi Papua Selatan dan KOMPAK Merauke yang baru saja dilantik agar bisa melakukan pendataan terhadap warga Pangkep yang ada di Provinsi Papua Selatan maupun di Kabupaten Merauke.

Baca Juga : AKBP Leonardo Yoga Kapolres Baru Merauke, AKBP I Ketut Suarnaya Berpamitan ke Polda Bali

“Untuk pengurus KOMPAK terlebih dahulu, baik itu wilayah (provinsi) atau daerah, harapan saya yang pertama yaitu, bagaimana kita bisa mengumpulkan (mendata) warga kita sendiri khususnya orang Pangkep,” ujar Yusran.

“Karena tidak dipungkiri, mungkin masih ada keluarga kita yang mungkin bisa saja kita tidak tahu ada di Provinsi Papua Selatan atau di Merauke. Di sinilah yang saya harapkan dari pendataan warga Pangkep ini, kita bisa saling menjaga sesama kita orang Pangkep di tanah rantau,” sambungnya.

Bupati mengimbau pengurus KOMPAK yang baru dilantik ini, untuk segera melakukan rapat kerja (kaker) guna menentukan program kerja yang akan dilakukan oleh pengurus baru ini serta membuat program kerja yang mendukung visi misi Pemerintah Provinsi Papua Selatan maupun Pemerintah Kabupaten Merauke.

Baca Juga : AKBP Leonardo Yoga Kapolres Baru Merauke, AKBP I Ketut Suarnaya Berpamitan ke Polda Bali

“Saya berharap, pengurus di tingkat wilayah dan daerah yang telah dilantik ini, untuk melaksanakan rapat kerja. Dari rapat kerja inilah kita harapkan, mereka dapat menyinkronkan visi misi pemerintah kabupaten maupun provinsi di wilayah ini, dan bisa gabung atau padukan dengan program kerja mereka,” harapnya.

“Istilahnya, ada yang bisa disinkronkan untuk mendukung visi misi pemerintah daerah di sini. Karena tidak bisa dipungkiri bahwa kita juga dapat mensupport apa yang dilakukan  pemerintah”ta yang ada di wilayah’ta di sini,” tambahnya.

Ketua BPW KOMPAK Papua Selatan, Aswar menyampaikan apresiasi kepada Bupati Pangkep bersama Rombongan pada pelantikan dan pengukuhan BPW KOMPAK Papua Selatan dan BPD KOMPAK Merauke.

Baca Juga : AKBP Leonardo Yoga Kapolres Baru Merauke, AKBP I Ketut Suarnaya Berpamitan ke Polda Bali

“Menjadi suatu kebahagiaan sekaligus menjadi tantangan bagi kami untuk dapat membesarkan KOMPAK yang sudah besar ini, khususnya di Papua Selatan yang terdiri dari 4 kabupaten, yakni Merauke, Asmat, Mappi dan Boven Digoel,” ujarnya.

“Saya akan laksanakan amanah organisasi ini, termasuk pendataan warga Pangkep. Saya harap warga Pangkep bersatu, saling membantu, meningkatkan silaturahmi. Tidak ada kata yang bisa saya ucapkan, selain Alhamdulillah karena terwujud sesuai niat kami Orang Pangkep bisa terlaksana dengan baik dan sukses,” pungkasnya.

Di akhir acara, Bupati Pangkep Muhammad Yusran memberikan cinderamata kepada Inspektur Papua Selatan dan Kepala Kesbangpol Kabupaten Merauke masing-masing mewakili Pj. Gubernur Papua Selatan dan Bupati Merauke. Sementara itu, Ketua BPW KOMPAK Papua Selatan, Aswar juga memberikan cinderamata kepada Bupati Pangkep Muhammad Yusran Lalogau. (*)

Penulis : Hendrik Resi
Redaksi Republiknews.co.id menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: [email protected] atau Whatsapp +62 813-455-28646