0%
logo header
Rabu, 10 Januari 2024 16:11

Penjabat Gubernur Sulsel Apresiasi Inovasi Penanganan Inflasi Kota Parepare melalui KOPI

Mulyadi Ma'ruf
Editor : Mulyadi Ma'ruf
Penjabat Gubernur Sulsel Apresiasi Inovasi Penanganan Inflasi Kota Parepare melalui KOPI

REPUBLIKNEWS.CO.ID, PAREPARE — Penjabat (Pj) Gubernur Sulsel, Bahtiar Baharuddin, memberikan apresiasi terhadap kebijakan Penjabat Wali Kota Parepare, Akbar Ali, dalam menangani inflasi melalui inovasi Kios Pengendalian Inflasi (KOPI).

Saati ini, tingkat inflasi di Kota Parepare mencapai 2,22 persen, yang berada di bawah rata-rata inflasi nasional sebesar 2,71 persen.

“Sebagai perwakilan Pemerintah Provinsi Sulsel, saya ingin mengucapkan apresiasi yang tinggi kepada Penjabat Wali Kota Parepare dan Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Parepare atas langkah cepat dan efektif mereka dalam menangani inflasi,” pujian Bahtiar usai melakukan pengecekan harga barang kebutuhan pokok di Pasar Rakyat Lakessi, Parepare, pada Selasa (9/1/2024).

Baca Juga : Halal Bihalal HIKMAH Ujung Parepare, MZ Mantapkan Niat Maju Pilwalkot: Kosong Satu Harga Mati

“Inflasi di Parepare saat ini sekitar 2,22 persen, sedangkan secara nasional mencapai 2,71 persen. Hal ini menunjukkan bahwa upaya pengendalian inflasi yang dilakukan Kota Parepare berada di bawah rata-rata nasional, sebuah pencapaian luar biasa di Indonesia,” ungkap Bahtiar.

Bahtiar juga mengakui bahwa kebijakan Pemerintah Kota Parepare dalam menerapkan inovasi KOPI sangatlah signifikan. Pemkot Parepare rutin menggelar operasi pasar dua kali seminggu dan terus memantau kebutuhan dan stok barang di pasar.

“Setelah kami melihat, ternyata Kota Parepare memiliki keunggulan tersendiri. Pemkot Parepare telah menghadirkan inovasi bernama Kios Pengendalian Inflasi atau KOPI, yang mengimplementasikan kegiatan pengendalian inflasi secara terstruktur, bahkan mereka menjalankan operasi pasar minimal dua kali seminggu,” jelas Bahtiar.

Baca Juga : Kadisdik Sulsel Pastikan Ijazah Tasming Hamid Asli, TSM: Saya Maafkan yang Menuduh

“Ini adalah langkah inovatif yang sangat positif. Saya, atas nama Pemerintah Provinsi Sulsel dan masyarakat, menyampaikan penghargaan yang setinggi-tingginya. Parepare merupakan barometer yang menjadi acuan dalam pemantauan inflasi di wilayah Sulsel,” tegasnya.

Bahtiar juga menyoroti peran penting kerjasama antara semua pemangku kepentingan dalam menjalankan program pengendalian inflasi di Parepare.

“Kerjasama dari semua pihak di sini sangatlah vital. Kami melibatkan Dandim, Kapolres, Kejaksaan, dan seluruh elemen masyarakat,” tambah Bahtiar.

Baca Juga : Pj Wali Kota Batu Aries Paewai Silaturahmi Keluarga Besar di Sulsel, Sempatkan Jajaki Kerjasama dengan Pemkot Parepare

Sementara itu, Penjabat Wali Kota Parepare, Akbar Ali, mengucapkan terima kasih atas kunjungan Pj Gubernur Sulsel ke Parepare dan kehadiran beliau dalam peninjauan langsung keadaan pasar dan kondisi Parepare saat ini.

“Bapak Gubernur telah secara langsung bersama-sama dengan seluruh instansi pemerintah dan vertikal, BUMD, serta pihak terkait, meninjau secara langsung bagaimana penanganan inflasi di Parepare,” ujar Akbar Ali.

Redaksi Republiknews.co.id menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: [email protected] atau Whatsapp +62 813-455-28646