0%
logo header
Sabtu, 04 November 2023 21:08

Peran PKK Gowa Didorong Maksimal Hingga ke Desa dan Kelurahan

Chaerani
Editor : Chaerani
Wakil Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Gowa Mussadiyah Rauf saat memberikan sambutan pada Rakerda TP PKK Tingkat Kabupaten Gowa Tahun 2023, di Hotel Almadera, Makassar. (Dok. Humas Gowa)
Wakil Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Gowa Mussadiyah Rauf saat memberikan sambutan pada Rakerda TP PKK Tingkat Kabupaten Gowa Tahun 2023, di Hotel Almadera, Makassar. (Dok. Humas Gowa)

REPUBLIKNEWS.CO.ID, GOWA — Keberadaan TP PKK di tingkat desa dan kelurahan perlu terus didorong melalui program-program yang digagas. Hal ini lantaran pengurus atau kader TP PKK di tingkat bawah lebih memahami kondisi dan potensi wilayah masing-masing yang dianggap berbeda-beda.

Hal ini diungkapkan Wakil Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Gowa Mussadiyah Rauf saat menghadiri Rapat Kerja Daerah (Rakerda) TP PKK Tingkat Kabupaten Gowa Tahun 2023, di Hotel Almadera, Makassar.

Mussadiyah mengatakan, Rakerda TP PKK Kabupaten Gowa ini menjadi wadah strategis untuk mengevaluasi program dan kegiatan yang telah dilaksanakan selama setahun berjalan. Sehingga, dinilai program Tim Penggerak PKK Kabupaten juga harus mengakomodasi aspirasi kecamatan.

Baca Juga : Layanan Pemeriksaan Kesehatan Gratis Rudal Care Tuai Apresiasi Positif dari Warga Makassar

“Termasuk program pembinaan dan pendampingan oleh Tim Penggerak PKK Kabupaten Gowa harus terus dimantapkan, sehingga akan terwujud ritme program dan kegiatan organisasi yang terkoordinasi serta sinergi pada semua jenjang,” katanya dalam kegiatan, kemarin.

Istri Wakil Bupati Gowa, Abdul Rauf Malaganni ini juga berharap melalui Rakerda tersebut para pengurus TP PKK di segala jenjang mempunyai persepsi dan pemahaman yang sama. Khususnya dalam mempedomani hasil Rakernas IX Tahun 2021.

“Pada akhirnya hasil rakernas itu diharapkan bisa dipedomani oleh seluruh tim penggerak PKK di segala jenjang mampu dirumuskan dalam program strategis dan inovatif untuk peningkatan kualitas kehidupan masyarakat khususnya di Kabupaten Gowa,” harapnya.

Baca Juga : Pemkab Bantaeng Akui Program Assiama Presisi Polres dan Huadi Group Banyak Bantu Warga

Sementara, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kabupaten Gowa Muhammad Basir mengaku, peran PKK sangat penting dalam setiap program kerja. Baik di kecamatan, desa dan kelurahan.

“Kita ketahui, peran PKK adalah memberdayakan kaum wanita untuk turut berpartisipasi dalam pembangunan di NKRI. Dimana PKK terkenal dengan 10 Program Pokok PKK nya itulah intisari daripada program dan kegiatan pemerintah, baik di tingkat bawah sampai ke tingkat atas mulai dari desa kelurahan sampai ke tingkat nasionalnasional,” jelasnya.

Menurut Basir, tanpa peran TP PKK tentu program pemerintahan juga tidak mampu terlaksana dengan baik.

Baca Juga : Tingkatkan Kualitas SDM, Kemnaker RI Latih Karyawan Huadi Group

Basir juga berharap dengan adanya Rapat Kerja Daerah Tahun 2023 ini dapat membentuk program-program kerja baru PKK yang bersinergi dengan program pemerintah.

“Jadi bagi Ibu Camat bisa berkoordinasi dengan pak camat terkait dengan program yang akan mereka selenggarakan bisa diselipkan program PKK di dalamnya,” jelasnya.

Redaksi Republiknews.co.id menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: redaksi.republiknews1@gmail.com atau Whatsapp +62 813-455-28646