0%
logo header
Selasa, 02 Juli 2024 12:01

Perangi Blank Spot, Pemkab Kukar Manfaatkan Sistem Radio Link di Desa Terpencil

M. Imran Syam
Editor : M. Imran Syam
Tower BTS Diskominfo. (Istimewa)
Tower BTS Diskominfo. (Istimewa)

REPUBLIKNEWS.CO.ID, KUTAI KARTANEGARA — Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) terus berupaya mewujudkan program Dedikasi Bupati dan Wakil Bupati Kukar, yakni pemantapan konektivitas wilayah. Salah satu fokusnya adalah pengentasan desa tanpa jaringan telekomunikasi atau daerah blank spot.

“Permasalahan daerah blank spot menjadi salah satu prioritas penanganan Pemkab Kukar,” ujar Pelaksana Tugas (Plt) Kadis Kominfo Kukar, Solihin, Selasa (02/07/2024).

Solihin menjelaskan, Diskominfo telah memetakan 23 desa di Kukar yang masuk kategori blank spot. Sebanyak 14 desa sudah ditangani sejak tahun 2023 lalu, dan sisanya masuk dalam program Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) RI.

Baca Juga : Bupati Kukar Buka MTQ Antar OPD, ASN Jadi Pelopor Gerakan Mengaji

Namun, masih ada tiga desa di Kecamatan Tabang yang belum tersambung jaringan internet dari program Kemenkominfo, yaitu Desa Long Beleh Modang, Umaq Dian, dan Umaq Tukung.

“Karena daerah tersebut tidak bisa diintervensi, maka kami memasang internet desa yang ditempatkan di kantor desa tersebut dengan sistem radio link,” terang Solihin.

Menurut Solihin, ada beberapa kendala dalam pembangunan jaringan telekomunikasi di daerah blank spot, di antaranya:

  • Jarak antara tower induk dengan desa blank spot terlalu jauh, sehingga cakupan jangkauan internet terbatas.
  • Jaringan listrik di sejumlah kawasan blank spot belum tersedia 24 jam, sehingga pemanfaatan internet belum bisa maksimal.
  • Sinyal di beberapa desa masih lemah.

Baca Juga : Kukar Jadi Tujuan Kunjungan Peserta Pelatihan Kepemimpinan Nasional Tingkat Dua

Meskipun terdapat kendala, Diskominfo Kukar berkomitmen untuk terus berupaya menyediakan akses internet bagi seluruh desa di Kukar.

“Kami akan terus berkoordinasi dengan pihak terkait untuk mengatasi kendala yang ada dan memastikan seluruh desa di Kukar memiliki akses internet yang memadai,” pungkasnya. (ADV/Diskominfo Kukar)

Redaksi Republiknews.co.id menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: [email protected] atau Whatsapp +62 813-455-28646