Peringati Hari Kartini 2021, Srikandi Partai Demokrat Bantu Modal Usaha UMKM Difabel Perempuan

0
Annisa Pohan bersama Srikandi Partai Demokrat saat memberikan bantuan modal usaha UMKM Difabel perempuan. Foto: Bakostra DPP Partai Demokrat

REPUBLIKNEWS.CO.ID, Jakarta – Bertepatan dengan Hari Kartini, Srikandi Partai Demokrat bersilaturahmi dengan pengusaha UMKM difabel perempuan di Kelurahan Petukangan Selatan Jakarta, Rabu (21/04/2021).

Kegiatan ini mengusung tema “Membangun dan Memberdayakan Perempuan Indonesia yang Tangguh dan Mandiri.” Annisa Pohan, istri Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) memimpin langsung pelaksanaan kegiatan ini.

Dalam kesempatan itu, Anggota Majelis Tinggi DPP Partai Demokrat Melanie Leimena Suharli, menyebut bahwa sosok Kartini selalu ingin ada perubahan, terutama bagi kemajuan kaum perempuan.

“Pada masanya, beliau juga membantu pelaku usaha, sehingga wanita tidak hanya pintar secara pendidikannya, tapi juga terampil dan punya usaha, serta bisa membantu ekonomi keluarga dan lebih sejahtera. Mudah-mudahan bersama Srikandi Partai Demokrat cita-cita Kartini bisa kita wujudkan,” ungkap Melanie.

Sementara itu, Anissa Pohan mengaku terharu atas perjuangan para pengusaha UMKM difabel perempuan sebagai “Pejuang Keluarga”.

“Ibu-ibu adalah inspirasi bagi kami. Ibu-ibu adalah Kartini masa kini. Saya terharu dan saya bangga, serta ingin memberikan dukungan kepada teman-teman perempuan untuk menjadi enterpreneur atau pelaku usaha,” ungkap Annisa.

Belajar dari kisah-kisah pengusaha UMKM difabel perempuan, Annisa makin yakin bahwa peran kaum perempuan makin berpengaruh positif, baik di rumah maupun di masyarakat. Disabilitas bukan halangan untuk maju dan berusaha. Apalagi di zaman sekarang ketika teknologi IT dan sarana pendukung lainnya relatif tersedia.

Dalam kesempatan itu turut diserahkan bantuan modal bagi pengusaha UMKM difabel perempuan.

“Ini adalah untuk membantu modal bagi ibu-ibu semua dalam mengembangkan usahanya. Mudah-mudahan dengan modal ini semakin berkembang lagi usahanya dan semakin semangat menjadi pejuang keluarga sebagai Kartini masa kini,” pungkas Annisa.

Sementara itu Deputi BPPM (Badan Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat) DPP Partai Demokrat, Lis Dedeh menilai banyak makna yang dipetik ketika berkunjung ke pelaku UMKM Perempuan Disabilitas. Mereka sungguh perempuan hebat dengan segala keterbatasannya.

“Melihat keakraban mereka dengan Mba Annisa Pohan, semoga menjadi nilai plus untuk Partai Demokrat. Rasa terima kasih mereka juga terucap lewat doa untuk kesuksesan Ketum AHY sebagai pemimpin bangsa masa depan,” ungkap Lis Dedeh.

Usai acara, para Srikandi Demokrat berkunjung dan berbelanja di gerai UMKM yang menjual beragam kerupuk dan kue, serta aneka kerajinan tangan. Kegiatan ini dilakukan dengan menerapkan protokol Covid-19 yang ketat dan disiplin.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Wasekjen DPP PD Imelda Sari, Deputi BPPM PD Dina Lorenza, dan Kabiro Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak PD Firliana Purwanti. (*)

Tinggalkan Balasan