0%
logo header
Jumat, 02 Februari 2024 17:10

Perketat SOP dan Budaya K3, PLN Gelar Inspection Day Serentak Dalam Rangka Bulan K3 Nasional Tahun 2024

Mulyadi Ma'ruf
Editor : Mulyadi Ma'ruf
Perketat SOP dan Budaya K3, PLN Gelar Inspection Day Serentak Dalam Rangka Bulan K3 Nasional Tahun 2024

REPUBLIKNEWS.CO.ID, MAKASSAR — PT PLN (Persero) terus meningkatkan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) dalam sistem ketenagalistrikan. Melalui penerapan visi Zero Harm, Zero Loss, PLN mampu tekan angka kecelakaan kerja sekaligus menjaga layanan kelistrikan tetap andal dan aman.

Direktur Distribusi PT PLN (Persero), Adi Priyanto memaparkan bertepatan dengan bulan K3, PLN menggelar kegiatan Inspection Day di seluruh Indonesia sebagai perwujudan komitmen seluruh insan PLN dalam mengutamakan keselamatan pada setiap proses pekerjaan.

“Keselamatan bukan hanya menjadi tanggung jawab K3, melainkan harus menjadi tanggung jawab kita semua. Setiap pegawai, dari pekerja lapangan, pekerja operasional hingga pimpinan tertinggi memiliki peran besar dalam menjaga keselamatan kerja,” ujar Adi dalam acara Inspection Day Bulan K3 di Surabaya (2/2).

Baca Juga : Kunker Presiden RI di Sulawesi Selatan, PLN Sukses Layani Listrik Tanpa Kedip

Adi mengimbau untuk meningkatkan awareness terkait budaya K3 diseluruh unit PLN, kegiatan ini juga sebagai wadah mengajak pegawai dan mitra kerja untuk melaksanakan pekerjaan dengan kualitas terbaik dan kembali pulang dengan _One Piece_, artinya lengkap, sehat dan selamat demi keluarga di rumah sehingga harapan mencapai Zero Accident dapat terwujud dengan nyata.

Pada Inspection Day Bulan K3 yang juga dilaksanakan di Makassar (2/2), General Manager PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara dan Sulawesi Barat (UID Sulselrabar), Moch. Andy Adchaminoerdin menjelaskan PLN berkomitmen mengutamakan implementasi Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) dalam setiap proses bisnisnya.

“Komitmen tersebut membuktikan bahwa PLN peduli dengan nyawa setiap manusia yang bekerja di wilayah kerja PLN maupun seluruh manusia yang berada di sekitar aset milik PLN,” ujar Andy.

Baca Juga : Dorong Pengembangan UMKM, Rumah BUMN Gelar Pelatihan dan Pameran Produk di Sentra UMKM Pusat Oleh-Oleh Sulsel

Andy menambahkan momen Bulan K3 Nasional dianggap sebagai pengingat aspek K3 pada tiap tahunnya.

“Listrik yang kita hadirkan jelas penting dan menjadi kebutuhan bagi pelanggan. Oleh karena itu, terapkan K3 dengan disiplin dalam bertugas, agar esok hari dan selanjutnya kita dapat terus melanjutkan peran mulia ini,” pungkas Andy.

Andy merinci, dalam kegiatan tersebut PLN menyiagakan pasukan Pekerjaan Dalam Keadaan Bertegangan (PDKB) dan Pelayanan Teknik (Yantek) serta menggelar peralatan untuk memastikan aspek K3 petugas PLN. (*)

Redaksi Republiknews.co.id menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: [email protected] atau Whatsapp +62 813-455-28646