0%
logo header
Kamis, 30 Januari 2020 18:07

Pesona Tersembunyi, Inilah Potret Wisata Permandian Alam Gua Kasimbuno di Mawasangka Buton Tengah

Pengunjung sedang menikmati kesejukan Air Gua Kasimbuno, Kamis (30/01/2020).
Pengunjung sedang menikmati kesejukan Air Gua Kasimbuno, Kamis (30/01/2020).

REPUBLIKNEWS.CO.ID, BUTON TENGAH — Kabupaten Buton Tengah, Provinsi Sulawesi Tenggara, dikenal sebagai negeri ‘seribu gua’. Bagaimana tidak, di sejumlah wilayahnya terdapat sangat banyak gua yang memiliki keunikan tersendiri serta syarat akan nilai-nilai sejarah di dalamnya, misalnya saja gua watolo yang dulunya menjadi tempat persembunyian masyarakat Mawasangka dari gerombolan-gerombolan perompak. Gua Watolo merupakan salah satu Gua yang kaya akan nilai-nilai historis.

Selain Gua Watolo, ternyata terdapat salah satu Gua yang masih jarang dikunjungi dan tidak diketahui banyak warga. Gua tersebut adalah Gua Kasimbuno, terletak di Lingkungan Liwu Wawono, Kelurahan Mawasangka, Kecamatan Mawasangka, Kabupaten Buton Tengah. Tepatnya 200 meter ke arah utara dari jalan poros Mawasangka -Wasilomata.

Gua Kasimbuno memiliki air dan batu yang membentuk seperti kolam renang. Airnya sangat jernih dan juga ada bebatuan didalamnya.

Baca Juga : DPMP-PTSP Gowa Catat Jumlah Pengunjung MPP Capai 8.000 Orang

Untuk berkunjung ke Gua kasimbuno, pengunjung tidak dipungut biaya masuk,  hanya bermodalkan parang dan juga alas kaki yang kuat karna harus melewati lorong-lorong hutan dan batu-batu terjal,  penuh tantangan tapi semua itu akan terbayarkan setelah tiba di lokasi.

Nah,  penasaran Gua Kasimbuno seperti apa? Inilah potret hasil penelusuran Reporter republiknews.co.id , kamis (30/01/2020).

Untuk berkunjung ke Gua Kasimbuno, kamu harus menempuh bebatuan terjal dan licin.

Tampak Depan Mulut Gua Kasimbuno.
Untuk mencapai ke Dasar Gua Kasimbuno, kita harus menempuh bebatuan terjal dan licin.

Baca Juga : 3.192 Usulan di Musrenbang 2025, Wabup Gowa: Prioritaskan yang Tepat dan Strategis

Perjalanan yang Cukup Sulit, semua akan terbayarkan dengan keindahan dalam Gua dan Kesejukan Airnya.
Redaksi Republiknews.co.id menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: [email protected] atau Whatsapp +62 813-455-28646