0%
logo header
Sabtu, 10 Desember 2022 23:45

Piala Dunia 2022, Argentina Kubur Mimpi Belanda

Asril Astian
Editor : Asril Astian
Pertandingan sengit Argentina VS Belanda di Piala Dunia Qatar 2022. (Istimewa)
Pertandingan sengit Argentina VS Belanda di Piala Dunia Qatar 2022. (Istimewa)

REPUBLIKNEWS.CO.ID, — Argentina akhirnya mengubur mimpi Belanda menjadi juara Piala Dunia, setelah menghempaskan kesebelasan Orange itu melalui drama adu penalti, Sabtu (10/12/2022) dinihari yang berakhir, 4-3 (2-2) di Lusail Stadium Qatar.

Belanda merupakan satu-satunya raksasa sepak bola Eropa yang belum pernah menjadi kampiun Piala Dunia sejak 1930. Tercatat tiga kali tim dari Negeri Kincir Angin itu mengincar Piala Dunia dengan melaju ke final Piala Dunia. Pada Piala Dunia 1974 di Jerman Barat, Belanda dijegal di final oleh tuan rumah 2-1 dan 4 tahun berikutnya, 1978, kembali dijegal tuan rumah Argentina di final dengan angka 3-1.

Pada Piala Dunia 2010 Afrika Selatan, Belanda juga gagal mewujudkan mimpinya menjadi juara Piala Dunia ketika dikalahkan 0-1 oleh Spanyol di final. Kini, dia menunggu 4 tahun lagi untuk memulai mimpi baru menjadi kampiun sepak bola se-jagat itu.

Baca Juga : Menang Adu Penalti, Argentina Juara Piala Dunia 2022

Argentina mencetak gol perdana pada babak 2×45 pertama melalui Nahuel Molina pada menit 35, disusul Lionel Messi yang kemudian dihadiah kartu kuning oleh wasit Antonio Mateu Lahoz melalui tendangan penalti pada menit ke-73 mengantar Argentina unggul 2-0. Namun sepuluh menit kemudian (83’) Belanda berhasil memperkecil kekalahannya melalui Wout Weghort dan dia juga berhasil  menyamakan kedudukan menjadi 2-2 pada menit ke-90+11.

Belanda sebenarnya menguasai jalannya pertandingan, 52%, dan menciptakan 634 operan, meskipun melepaskan 6 kali tembakan dan 2 lainnya mengarah ke gawang, Argentina yang sebenarnya dibawah tekanan Belanda menguasai 48% jalannya pertandingan tetapi mampu melepaskan 14 kali tembakan dan 5 kali mengancam gawang Belanda. Hanya kegemilangan kiper Belanda Andries Noppert yang dapat menyelamatkan gawangnya dari kebobolan. Argentina juga tercatat menciptakan 602 operan.

Dalam pertandingan 2 x15 menit tambahan waktu tidak mengubah kedudukan dan wasit Antonio Mateu Lahoz memutuskan pertandingan dilanjutkan dengan adu penalti. Kesebelasan Argentina yang berjuluk “Albiceleste” akhirnya ke semifinal, menghadapi Kroasia Rabu (14/12/2022) dinihari Wita setelah unggul 4-3 (2-2).

Baca Juga : Piala Dunia 2022: Dari Produktivitas Gol, Inikah Juaranya?

Di babak adu penalti, kiper Argentina Emiliano Martinez melakukan dua penyelamatan gemilang. Argentina pun menang dengan skor 4-3. Di babak adu penalti, Emiliano Martinez melakukan dua penyelamatan. Argentina pun menang dengan skor 4-3.

Belanda menjadi penendang pertama pada adu penalti dan Virgil van Dijk gagal mencetak gol. Kegagalan van Dijk memengaruh kejiwaan petendang-petendang berikutnya. Apalagi, Messi yang menjadi petendang pertama Argentina kemudian muncul sebagai eksekutor awal Argentina untuk memimpin 1-0. Belanda masih belum bisa mencetak gol di penendang kedua karena bola tembakan Steven Berghuis ditepis Emiliano Martinez. Paredes kemudian membawa Argentina memimpin 2-0.

Teun Koopmeiners sukses mengeksekusi penalti untuk Belanda dan mengubah skor menjadi 1-2. Gonzalo Montiel lalu memperbesdar keunggulan Argentina, 3-1.

Baca Juga : Piala Dunia 2022, Ini Kunci Sukses Maroko ke Semifinal

Belanda kembali memperkecil menjadi 2-3 setelah Wout Weghorst menaklukan Martinez. Enzo Fernandez gagal membuat jarak bagi Argentina karena bola tembakannya melebar.

Luuk De Jong membuat Belanda mendapat harapan setelah mengubah skor 3-3. Lautaro Martinez kemudian datang menyelamatkan Argentina setelah eksekusinya masuk dan skor kemenangan 4-3.

  • Susunan pemain

Belanda: Andries Noppert; Jurrien Timber, Virgil van Dijk, Nathan Ake; Denzel Dumfries, Marten de Roon (Teun Koopmeiners 46′), Frenkie de Jong, Daley Blind (Luuk De Jong 65′); Memphis Depay (Wout Weghorst 78′), Cody Gakpo (Noa Lang 113′), Steven Bergwijn (Steven Berghuis 46′).

Baca Juga : Piala Dunia 2022, Boleh Jadi Final Piala Dunia 2018 Berulang

Argentina: Emiliano Martinez; Nahuel Molina (Gonzalo Montiel 106′), Cristian Romero (German Pezzella 78′), Nicolas Otamendi, Lisandro Martinez (Angel Di Maria 112′), Marcos Acuna (Nicolas Tagliafico 78′); Rodrigo de Paul (Leandro Paredes 67′), Enzo Fernandez, Alexis Mac Allister; Lionel Messi, Julian Alvarez (Lautaro Martinez 82′).

Penulis : M. Dahlan Abubakar
Redaksi Republiknews.co.id menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: [email protected] atau Whatsapp +62 813-455-28646