0%
logo header
Kamis, 15 Desember 2022 18:21

Piala Dunia 2022: Jinakkan Maroko, Prancis ‘Bentrok’ Dengan Argentina di Final

Redaksi
Editor : Redaksi
Argentina vs Prancis bakal adu kuat di Final Piala Dunia Qatar 2022. (thesun.co.uk)
Argentina vs Prancis bakal adu kuat di Final Piala Dunia Qatar 2022. (thesun.co.uk)

REPUBLIKNEWS.CO.ID, — Prancis berjaya melaju ke final Piala Dunia berturut-turut dua kali, setelah berhasil menjinakkan “Singat Atlas” Maroko 2-0 dalam pertandingan semifinal Piala Dunia 2022 Qatar di Stadion Al Bayt AL Khair Qatar, Kamis (15/12/2022) dinihari. Dengan demikian, kesebelasan dari Negara Menara Eifel tersebut akan berhadapan dengan Argentina di final pada Ahad (18/12/2022) pukul 23.00 Wita.

Pada pertandingan Rabu (14/1/2/2022) di Stadion Lusail, Qatar, Argentina terlebih dahulu mengalah Kroasia 3-0 pada pertandingan semifinal lainnya. Kemenangan atas Kroasia ini merupakan balas dendam atas kekalahannya dari Kroasia dengan skor sama (0-3) pada pertandingan Piala Dunia 2018 di Rusia. Pada saat itu Kroasia lempang ke final berhadapan dengan Prancis, namun kalah 2-4.

Baik Kroasia yang kalah atas Argentina dan Maroko yang takluk atas juara bertahan Prancis akan saling berhadapan memperebutkan tempat III pada  tanggal 17 Desember 2022. 

  • Prancis vs Maroko

Baca Juga : Menang Adu Penalti, Argentina Juara Piala Dunia 2022

Dua gol kemenangan Prancis atas Maroko masing-masing diciptakan oleh Theo Hernandez di awal babak pertama (menit ke-5) dan Randal Kolo Muani di pertengahan babak kedua (menit ke 79).

Prancis tampaknya menerapkan serangan kejut karena baru saja laga berjalan lima menit, Prancis sudah berhasil membuka keunggulan lewat gol Theo Hernandez. Gol tersebut berawal dari sebuah “scrimage” (kemelut di depan gawang), tiba-tiba Theo Hernandez melepas tembakan voli yang tak bisa dibendung kiper Sevilla, Yassine Bounou.

Lima menit berselang, Maroko mencoba membalas lewat tembakan jarak jauh yang dilepas Azzedine Ounahi. Sayang, upayanya masih bisa ditepis oleh Hugo Lloris yang berdiri di bawah mistar tim Tango, Argentina.

Baca Juga : Piala Dunia 2022: Dari Produktivitas Gol, Inikah Juaranya?

Pada menit ke-17, giliran Olivier Giroud yang memperoleh peluang emas. Sukses lolos dari penjagaan Romain Saiss, Giroud melepas tembakan keras yang sayangnya masih menerpa tiang. Maroko yang tidak mau mengendurkan serangannya ternyata empat menit kemudian,  harus kehilangan Saiss akibat cedera. Selim Amallah pun masuk menggantikan sang kapten. Maroko tentu saja mendapat pukulan telak.

Jelang babak pertama usai, Maroko hampir saja menyamakan kedudukan. Sayang, tendangan salto Jawad El Yamiq masih mengenai tiang. Skor 1-0 bertahan hingga turun minum.

Kembali dari kamar ganti, Maroko mencoba meningkatkan intensitas serangan mereka. Hakim Ziyech cs pun beberapa kali mampu merepotkan pertahanan Prancis. Prancis perlahan bisa kembali ke bentuk permainan terbaik mereka. Marcus Thuram yang baru masuk kerap membuat lini belakang Maroko kewalahan.

Baca Juga : Piala Dunia 2022, Boleh Jadi Final Piala Dunia 2018 Berulang

Prancis akhirnya sukses menggandakan keunggulan pada menit ke-79 lewat gol Muani. Berawal dari pergerakan individu Kylian Mbappe, bola rebound sukses dicocor Muani menjadi gol. Tak ada gol tambahan yang tercipta di sisa waktu. Skor 2-0 untuk kemenangan Prancis pun menjadi hasil akhir pertandingan ini.

Susunan Pemain

Prancis: Hugo Lloris; Jules Kounde, Raphael Varane, Ibrahima Konate, Theo Hernandez; Aurelien Tchouameni, Youssouf Fofana; Ousmane Dembele (Randal Kolo Muani 79′), Antoine Griezmann, Kylian Mbappe; Olivier Giroud (Marcus Thuram 65′).
Maroko: Yassine Bounou; Achraf Hakimi, Jawad El Yamiq, Achraf Dari, Romain Saiss (Selim Amallah 21′ (Abdessamad Ezzalzouli 78′)), Noussair Mazraoui (Yahya Attiyat Allah 46′); Hakim Ziyech, Azzedine Ounahi, Sofyan Amrabat, Sofiane Boufal (Zakaria Aboukhlal 66′); Youssef En-Nesyri (Abderazak Hamdallah 78′).

  • Argentina vs Kroasia

Baca Juga : Piala Dunia 2022, Boleh Jadi Final Piala Dunia 2018 Berulang

Argentina berhasil membalas kekalahannya atas Kroasia pada Piala Duynia 2018 di Rusia setelah menang 3-0 di Stadion Lusail Qatar, Rabu dinihari. Dengan demikian mimpi Lionel Messi membawa Argentina ke final Piala Dunia 2022 sebelum dia mundur dari lapangan hijau terwujud.

Lionel Messi membuka skor Argentina lewat tembakan penalti di menit ke-34. Julian Alvarez menambah keunggulan lima menit (menit ke-39) berselang lewat aksi individu dari tengah lapangan.

Gol terakhir Argentina tercipta di babak kedua pada menit ke-69. Akselerasi Messi dari pinggir lapangan berujung umpan cerdik untuk Alvarez yang kemudian diselesaikan menjadi gol. Gerakan licin Messi ini menipu pemain-pemain Kroasia yang mengawal kotak 16. Mungkin disangka Messi akan melepaskan sendiri tembakan ke arah gawang, namun ternyata dia memberi umpan manis kepada Alvares.

Baca Juga : Piala Dunia 2022, Boleh Jadi Final Piala Dunia 2018 Berulang

Setelah delapan tahun, Argentina akan kembali berlaga di final Piala Dunia, yang akan digelar pada Minggu (18/12/2022).

Jalannya pertandingan

Kroasia mendapat peluang lebih dulu di menit ke-16. Lewat situasi sepak pojok, Dejan Lovren berhasil memenangkan duel udara dan menyundul bola, namun arahnya melenceng jauh dari gawang Argentina.

Baca Juga : Piala Dunia 2022, Boleh Jadi Final Piala Dunia 2018 Berulang

Percobaan pertama Argentina hadir di menit ke-25. Enzo Fernandez melepaskan tembakan jarak jauh, tetapi bola berhasil diamankan kiper Kroasia, Dominik Livakovic. Lewat sebuah serangan cepat di menit ke-31, Ivan Perisic yang menerima bola di sisi kiri bergerak masuk ke kotak penalti Argentina lalu melepaskan tembakan lob, tetapi arahnya melambung di atas gawang Emiliano Martinez.

Argentina mendapat penalti semenit berselang. Julian Alvarez yang menerima umpan terobosan dari tengah lapangan jatuh di kotak penalti usai bertabrakan dengan Livakovic. Wasit Daniele Orsato langsung menunjuk titik putih. Lionel Messi maju sebagai eksekutor. Tembakannya ke sudut kanan atas gawang gagal dihalau Livakovic yang sebetulnya bisa menebak arah bola. Argentina memimpin 1-0.

Argentina menambah keunggulan di menit ke-39. Lewat serangan balik, Julian Alvarez menggiring bola dari tengah lapangan menuju kotak penalti Kroasia. Josip Juranovic dan Borna Sosa berturut-turut mencoba memotong serangan, namun gagal. Alvarez tetap berhasil menguasai bola yang sempat menyentuh dua bek tersebut, kemudian berhasil menaklukkan Livakovic dalam situasi satu lawan satu. Skor 2-0 bertahan hingga jeda.

Baca Juga : Piala Dunia 2022, Boleh Jadi Final Piala Dunia 2018 Berulang

Pada babak kedua, Argentina langsung memberi ancaman kepada Kroasia. Leandro Paredes melepaskan tembakan jarak jauh di menit ke-49, namun diamankan oleh Livakovic. Kiper 27 tahun itu juga berjasa menahan tembakan jarak dekat Messi di menit ke-58.

Kroasia berupaya mengejar ketinggalan, namun kesulitan untuk sekadar menciptakan peluang. Vatreni malah kembali kebobolan di menit ke-69. Lionel Messi dengan brilian melakukan aksi individu dari sayap kanan untuk melakukan cut-inside. Ia secara konstan dijaga Josko Gvardiol, namun berhasil lewat dan melepaskan umpan mendatar ke depan gawang Kroasia.

Julian Alvarez dengan sigap menyambar bola tanpa bisa dihalau pemain Kroasia mana pun. Livakovic hanya terpaku melihat gawangnya bergetar untuk ketiga kalinya. Skor 3-0 bertahan hingga usai, memastikan Argentina lolos ke final Piala Dunia 2022.

Baca Juga : Piala Dunia 2022, Boleh Jadi Final Piala Dunia 2018 Berulang

Susunan pemain

Argentina: Emiliano Martinez, Nahuel Molina (Juan Foyth 86′), Cristian Romero, Nicolas Otamendi, Nicolas Tagliafico, Enzo Fernandez, Leandro Paredes (Lisandro Martinez 62′), Alexis MacAllister (Angel Correa 86′), Rodrigo De Paul (Exequiel Palacios 74′), Lionel Messi, Julian Alvarez (Paulo Dybala 75′).

Kroasia: Dominik Livakovic, Borna Sosa (Mislav Orsic 46′), Josko Gvardiol, Dejan Lovren, Josip Juranovic, Mateo Kovacic, Marcelo Brozovic (Bruno Petkovic 50′), Luka Modric (Lovro Majer 81′), Ivan Perisic, Andrej Kramaric (Marko Livaja 72′), Mario Pasalic (Nikola Vlasic 46′).

Baca Juga : Piala Dunia 2022, Boleh Jadi Final Piala Dunia 2018 Berulang

Jadwal Perebutan Tempat Ketiga dan Final Piala Dunia 2022

  • Sabtu, 17 Desember 2022, PUKUL 23:00 Wita (Kroasia vs Maroko) – SCTV, Indosiar, Vidio, NEX Parabola
  • Minggu, 18 Desember 2022 PUKUL 23:00 Wita (Argentina vs Prancis) – SCTV, Indosiar, Vidio, NEX Parabola.
Penulis : M. Dahlan Abubakar
Redaksi Republiknews.co.id menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: [email protected] atau Whatsapp +62 813-455-28646