0%
logo header
Kamis, 01 Desember 2022 10:18

Piala Dunia: Australia Dampingi Prancis, Argentina dan Polandia ke Babak 16

Asril Astian
Editor : Asril Astian
Timnas Australia di Piala Dunia 2022 Qatar. (Istimewa)
Timnas Australia di Piala Dunia 2022 Qatar. (Istimewa)

REPUBLIKNEWS.CO.ID, — Gol yang dianulir untuk memberikan kemenangan kepada Tunisia ternyata tidak mampu mengantar kesebelasan Afrika Utara itu melaju ke babak 16 besar Piala Dunia setelah menang 1-0 atas Prancis yang sudah lebih dulu memastikan diri lolos ke babak berikutnya dari Grup D, Kamis (01/12) dinihari di Stadion Education City, Al Rayyan, Qatar.

Wasit yang memanfaatkan Video Assist Refere (VAR) membatalkan gol Prancis yang diciptakan Antione Griezmann. Tunisia menciptakan gol tunggal pada menit keempat setelah turun minum melalui Khazri yang dengan keterampilan individu mampu menaklukkan Mandanda yang mengawal jala Prancis. Tenryata kemenangan Tunisia ini tidak mampu mengubah nasibnya untuk tidak menjadi penonton.

Australia yang sudah mengantongi poin 3, ternyata berhasil mengalahkan Denmark 1-0 dalam pertandingan yang berlangsung di di Al Janoub Stadium Kamis (1/12) dinihari  dan mengantongi nilai 6 hasil dua kali menang 1-0 atas Tunisia 26 November 2022. Denmark terpuruk di dasar klasemen Grup D dengan nilai 1 hasil seri kacamata 0-0 melawan Tunisia pada pertandingan perdana 22 November 2022. Tunisia sendiri sebenarnya berharap Australia kalah atas Denmark dengan mengantongi nilai 4, hasil sekali menang atas Prancis pada pertandingan penutup Grup dan seri tanpa gol saat berhadap Denmark.

Baca Juga : Menang Adu Penalti, Argentina Juara Piala Dunia 2022

Dengan demikian Prancis memuncak grup D dengan nilai sama dengan Australia 6, hanya produktivitas gol Prancis lebih baik dengan agregat 6-2, sementara Australia 3-4. Australia mencetak gol tunggal pada menit ke-60 melalui sepakan datar Mathew Leckie.

Sementara di Grup C Argentina melaju ke babak 16 besar sekaligus memuncaki grup setelah menang 2-0 atas Polandia dan mengoleksi 6 angka hasil dua kali menang. Meksiko yang menang atas Arab Saudi 2-1 gagal mendampingi Argentina karena selisih gol perbedaan selisih gol dengan Polandia. Polandia menang 2-0 atas Arab Saudi, sementara Meksiko menang 2-1. Polandia dan Meksiko mengoleksi 4 angka. Dalam pertandingan Kamis (1/12) dinihari, Argentina baru mampu menjebol gawang Polandia pada babak kedua melalui Alexis Mac Allister  berhasil menggetarkan jala olandia yang dikawal Szczesny pada menit ke-46 dan Jualian Alvarez pada menit ke-61. Messi juga memperoleh kesempatan melepaskan tembakan ketika menjadi eksekutor penalti. Namun tembakannya berhasil ditepis Szczesny.

Arab Saudi dan Meksiko bermain imbang pada babak pertama. Dua menit setelah pertandingan babak kedua bergulir, Meksiko mencetak gol pertama melalui Henry Martin yang berhasil menggetarkan jalan Mohammed Al Owais yang berdiri di bawah mistar Arab Saudi.

Baca Juga : Piala Dunia 2022: Dari Produktivitas Gol, Inikah Juaranya?

Meksiko memperoleh gol kedua pada menit ke-52 Malalui Luis Chavez melalui satu tendangan bebas dari tengah lapangan. Meksiko sebenarnya berhasil menambah gol ketiga bagi timnya pada menit ke-55, pada menit ke-56, namun hakim garismengangkat bendera karena Hrving Lozano berdiri offside. Begitu tembakan Lozano pada menit ke-67 dari luar kotak penalti mampu dihalau dengan baik oleh Mohammed Al Owais, Dia juga membuat penyelamatan gemilang pada menit ke-67 saat menggagalkan tembakan keras Luis Alvarez.

Arab Saudi mampu mencetak satu-satunya gol balasan pada masa injury time (menit ke-90+6) melalui lewat kaki Salem Al Dawsari yang memanfaatkan assist Hattan Sultan Babhir. Kedudukan pertandingan di Stadion Lusail Iconic Qatar ini tidak berubah hingga peluit panjang berbunyi.

Kamis malam ini di Grup F berlangsung pertandingan antara Kroasia berhadapan dengan Belgia dan Kanada vs Maroko pada pukul 23.00 Wita. Maroko dan Kroasia yang sama-sama mengantongi angka 4 hanya dengan hasil seri sudah cukup mengantarnya melaju ke babak 16 besar, sementara Belgia pun yang sudah mengantongi nilai 3 harus memetik kemenangan untuk lolos ke babak berikutnya. Akan halnya Kanada yang hingga pertandingan ke-2 belum memetik angka, kalau pun menang tidak akan menolongnya dari jadi penonton.

Baca Juga : Piala Dunia 2022, Ini Kunci Sukses Maroko ke Semifinal

Tim yang sudah lolos ke babak 16 besar:

  • Grup A: Belanda dan Senegal
  • Grup B: Inggris dan Amerika Serikat
  • Grup C : Argentina dan Polandia
  • Grup D: Prancis dan Australia

Jadwa Jumat (2/12) pukul 03.00 dinihari Wita:

  • Grup E :Jepang vs Spanyol dan Kosta Rika vs Jerman

Grup H :Korea Selatan vs Portugal dan Ghana vs Uruguay (pukul 23.00 Wita).

Penulis : M. Dahlan Abubakar
Redaksi Republiknews.co.id menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: [email protected] atau Whatsapp +62 813-455-28646