0%
logo header
Rabu, 29 Juni 2022 21:49

Pj Bupati Buteng Dorong Penggunaan Produk UMKM Lokal Lewat UPBJ

Falihin
Editor : Falihin
Pj. Bupati Buteng Muhammad Yusup (tengah) saat menghadiri kegiatan sosialisasi dan pelatihan penerapan aplikasi e-Marketplace di Gedung Kesenian Kecamatan Lakudo, Selasa (28/06/2022).
Pj. Bupati Buteng Muhammad Yusup (tengah) saat menghadiri kegiatan sosialisasi dan pelatihan penerapan aplikasi e-Marketplace di Gedung Kesenian Kecamatan Lakudo, Selasa (28/06/2022).

REPUBLIKNEWS.CO.ID, BUTON TENGAH – Pemerintah Kabupaten Buton Tengah (Buteng) melalui kerjasama Dinas Koperasi dan UKM dan Unit Kerja Pengadaan Barang/ Jasa (UKPBJ) Buteng melakukan kegiatan sosialisasi dan pelatihan penerapan aplikasi e-Marketplace di Gedung Kesenian Kecamatan Lakudo, Selasa (28/06/2022).

Kegiatan ini dibuka langsung oleh Pj. Bupati Buteng Muhammad Yusup yang dihadiri oleh para pelaku UMKM di Buteng.

Dalam sambutannya, Muhammad Yusup mendorong pelaku UMKM terlibat dalam layanan Unit Pengadaan Barang dan Jasa (UPBJ) melalui katalog lokal.

“Hari ini kita masih sosialisasi dulu agar pelaku UMKM kita bisa paham mengenai program ini,” ungkapnya.

“Jadi melalui program katalog lokal ini juga akan mendorong pemerintah setempat menggunakan produk lokal,” sambung Yusup.

Sementara itu, Kepala Unit Layanan Pengadaan (ULP) Sekretariat Daerah (Setda) Buteng La Ode Syarif Indrawan mengatakan, sebagai langkah awal pemerintah akan fokus untuk pengadaan ATK, makan dan minum dengan melibatkan UMKM lokal dalam UPBJ.

“Kedepan produk lokal lainnya seperti tenun dan jambu mete. Tenun nantinya bisa didorong setiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD) membeli tenun setiap tahun melalui katalog lokal tersebut,” ucapnya.

Syarif menegaskan, melalui katalog lokal UPBJ prosesnya lebih transparan, efektif dan efisian. Dan yang terpenting dapat mendoroang UMKM go digital.

“Ini perdana sosialisasi di Sultra baru daerah kita yang laksanakan,” tutupnya. (*)

Penulis : Rudi Ard.
Redaksi Republiknews.co.id menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: [email protected] atau Whatsapp +62 813-455-28646