0%
logo header
Kamis, 15 Agustus 2024 19:40

Pj Gubernur Papua Selatan Kukuhkan 54 Anggota Paskibra HUT RI ke-79

M. Imran Syam
Editor : M. Imran Syam
Prosesi Pengukuhan Anggota Paskibra Provinsi Papua Selatan di Gedung Negara Jl. Trikora Merauke. (Foto: Humas Pemprov Papsel)
Prosesi Pengukuhan Anggota Paskibra Provinsi Papua Selatan di Gedung Negara Jl. Trikora Merauke. (Foto: Humas Pemprov Papsel)

REPUBLIKNEWS.CO.ID, MERAUKE – Setelah dilantik 5 Agustus dan diserahkan tugas menggantikan Apolo Safanpo, Penjabat (Pj) Gubernur Papua Selatan, Rudy Sufahriadi mengukuhkan 54 orang Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra) HUT Kemerdekaan RI ke-79 Provinsi Papua Selatan di Gedung Negara, Jalan Trikora, Merauke, Kamis (15/08/2024).

Anggota Paskibra berasal dari siswa-siswi SMA/SMK yang dipilih dari empat kabupaten di wilayah Provinsi Papua Selatan yakni Kabupaten Merauke, Asmat, Mappi dan Boven Digoel yang bertugas melaksanakan pengibaran dan penurunan bendera Merah Putih pada upacara peringatan HUT ke-79 Kemerdekaan Indonesia, 17 Agustus 2024 di Stadion Katalpal Merauke.

Puluhan anggota Paskibra sebelumnya telah mengikuti serangkaian latihan pembinaan baik fisik maupun mental selama beberapa pekan di Merauke, Papua Selatan untuk menjalankan tanggung jawab terhadap negara pada peringatan hari Kemerdekaan itu.

Baca Juga : KPU Papua Selatan Terima Pendaftaran Cawagub Yusak Yaluwo Pengganti Petrus Safan

Prosesi pengukuhan Paskibra dihadiri Pj. Sekda Provinsi, Papua Selatan, Maddaremmeng dan segenap unsur Forkopimda Provinsi Papua Selatan di antaranya, Danrem 174/ATW, Danlantamal X, Danlanud J. A Dimara, Dandim 1707, Kapolres Merauke dan sejumlah pejabat daerah.

Dalam kesempatan itu, Penjabat (Pj) Gubernur Papua Selatan, Rudy Sufahriadi dalam sambutannya mengatakan, tugas seorang anggota  Paskibra tidak dipandang enteng, karena memikul tanggung jawab terhadap bangsa dan negara setiap perayaan hari kemerdekaan.

“Banyak putra putri yang ingin menjadi pasukan pengibar bendera, namun hanya sebagian orang yang terpilih untuk melaksanakan tanggung jawab tersebut. Mereka yang terpilih telah melalui sejumlah proses secara selektif,”  kata Rudy Sufahriadi.

Baca Juga : Calon Petahana Wajib Cuti Kampanye, Dilarang Gunakan Fasilitas Negara

“Saya harapkan anggota Paskibraka yang dikukuhkan sore ini dapat bertugas dengan maksimal nantinya. Memang tidak mudah menjadi petugas Paskibra dan kepercayaan ini diberikan kepada kalian yang terpilih. Selamat bertugas,” ucap Rudy memberikan motivasi dan support.

Ia berharap anggota Paskibra dapat menjalankan tugas pengibaran dan penurunan bendera Merah Putih dengan baik, lancar dan sukses, sesuai persiapan latihan yang telah dilakukan selama beberapa pekan.

Rudy Sufahriadi mengajak pastisipasi seluruh masyarakat Provinsi Papua Selatan untuk memeriahkan dan merayakan peringatan Hari Kemerdekaan Indonesia ke-79 tahun 2024 dengan antusias dengan mengusung tema Nusantara Baru Indonesia Maju.

Baca Juga : KPU Papua Selatan Agendakan Jadwal Kampanye Pilkada 25 September – 23 November 2024

Salah seorang pelajar Merauke, anggota Paskibra Papua Selatan, Dionisius Yos E’Mario Gebze mengaku girang dan bangga dapat terpilih dan dipercayakan untuk menjadi anggota Paskibra.

“Saya dan teman-teman telah melalui proses yang cukup panjang, terutama mengikuti pembinaan dan pelatihan. Sebagai generasi bangsa, kami bangga karena telah diberikan kepercayaan oleh pemerintah untuk mengemban tugas ini. Saya dan teman-teman akan melakukan secara maksimal,” aku Yos Gebze. (*)

Penulis : Hendrik Resi
Redaksi Republiknews.co.id menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: [email protected] atau Whatsapp +62 813-455-28646