Profil Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan, Dibentuk Sang Ayah hingga Diangkat Jadi Dosen Hukum

0
Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan.

REPUBLIKNEWS.CO.ID, GOWA — Adnan Purichta Ichsan berhasil terpilih kembali sebagai kepala daerah pada pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2020 di Sulawesi Selatan. Berpasangan dengan Abd. Rauf Malaganni, dirinya akan resmi menjabat usai dilantik pada Jumat (26/02/2021) besok.

Sebelum menjadi Bupati Gowa, Adnan memiliki perjalanan karier yang cukup panjang. Berikut profilnya.

Bupati Adnan merupakan putra kedua dari pasangan almarhum (Alm) Ichsan Yasin Limpo dan Novita Madonza Amu. Sepanjang karier perjalanannya Adnan pernah menjabat sebagai Anggota DPRD Provinsi Sulawesi Selatan selama dua periode yakni periode 2009 – 2013 dan periode 2014 – 2015.

“Sebelum menjadi seperti sekarang ini, saya sudah melalui banyak pembelajaran dari almarhum ayah saya Bapak Ichsan Yasin Limpo. Dia lah yang membentuk saya seperti sekarang ini,” kata Adnan, Kamis (25/02/2021).

Berhasil menjadi kepala daerah termuda di wilayah Kawasan Timur Indonesia tentunya selain melalui pembelajaran sang ayah, juga karena dari pengalamannya di dalam dunia organisasi. Tercatat, suami dari Priska Paramita Adnan ini, aktif dibeberapa organisasi kepemudaan, organisasi kemanusiaan dan organisasi lainnya hingga saat ini.

Diantaranya, Wakil Ketua Majelis Pemuda Indonesia KNPI Sulsel, Ketua Majelis Pembimbing Cabang Gerakan Pramuka Gowa periode 2019-2024, Ketua Kwartir Cabang Pramuka Gowa periode 2019-2024, Wakil Ketua DPP KNPI Bidang Hubungan Dalam Negeri periode 2019-2021, Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Sulsel periode 2018-2023 dan Ketua Persatuan Tinju Amatir Indonesia (Pertina) Sulsel periode 2009-2013. Tak hanya itu, dirinya juga tercatat sebagai Wakil Bendahara Umum DPD I Golkar Sulsel.

Tak hanya dibidang organisasi, Bupati Adnan juga mendapat dukungan dan support yang besar dari almarhum ayahanda Ichsan Yasin Limpo dalam menempuh pendidikan. Ayahanda dari Kheila Kinanthi Naryama Adnan dan Arya Mahadika Nalendra Adnan ini menyelesaikan studinya di sekolah terbaik. Seperti menyelesaikan studi tingkat sekolah dasar di SD Islam Athirah, menyelesaikan studi tingkat sekolah menengah pertama di SMP Islam Athirah, kemudian menyelesaikan studi sekolah menengah atas di SMA Negeri 2 Makassar.

Kemudian menyelesaikan program sarjananya (S1) di Universitas Hasanuddin di jurusan hukum dan menyelesaikan program magisternya (S2) di Universitas Muslim Indonesia di jurusan hukum. Saat ini Adnan masih menjalani penyelesaian studinya untuk gelar doktor (S3) di Universitas Hasanuddin pada jurusan hukum.

Bahkan saat ini Bupati Adnan tercatat sebagai tenaga dosen di Universitas Hasanuddin pada  mata kuliah politik hukum berdasarkan surat permohonan mengajar dari Fakultas Hukum, Universitas Hasanuddin Tahun Ajaran 2020-2021.

Bupati Adnan yang lahir pada 9 Maret 1986 ini juga sangat aktif berolahraga. Setiap memanfaatkan waktu senggangnya saat menjabat Bupati Gowa periode pertama, dirinya rutin melakukan joging atau olahraga offroad. Olehnya, saat mengisi waktu kosongnya menjelang pelantikan Bupati dan Wakil Bupati Gowa periode kedua, ia memanfaatkannya dengan berolahraga.

“Tidak ada persiapan apa-apa untuk pelantikan, saya hanya menyiapkan bagaimana kondisi tetap sehat dan fit saat pelantikan. Jadi hanya aktif olahraga saja, baik itu joging dan olahraga lainnya,” terangnya.

Selama kepemimpinannya bersama Abd. Rauf Malaggani, beragam prestasi pun berhasil diraihnya. Sebanyak 121 penghargaan yang dikantongi, mulai dari penghargaan berskala lokal, nasional hingga internasional.

Seperti Indonesian Migrant Workers Award (IMWA) 2015 Konsulat Jenderal Republik
Indonesia (KJRI) di Kuching, Malaysia, Penghargaan Gubernur Sulawesi Selatan atas Komitmen Pemerintah Daerah Dalam
Menekan Angka Kekerasan Terhadap Anak di Sulsel dan Anugerah Ki Hadjar Dewantara. (Rhany)

Tinggalkan Balasan