0%
logo header
Kamis, 30 November 2023 18:00

Puskesmas Somba Opu Jalani Penilaian Re-Akreditasi

Chaerani
Editor : Chaerani
Pj Sekretaris Daerah Kabupaten Gowa Abd. Karim Dania saat menerima Tim Re-Akreditasi Puskemas Somba Opu, kemarin. (Dok. Humas Gowa)
Pj Sekretaris Daerah Kabupaten Gowa Abd. Karim Dania saat menerima Tim Re-Akreditasi Puskemas Somba Opu, kemarin. (Dok. Humas Gowa)

REPUBLIKNEWS.CO.ID, GOWA —
Tim Surveior Re-Akreditasi Unit Pelaksana Teknis (UPT) melakukan penilaian terhadap Puskesmas Somba Opu.

Tim pun diterima langsung Penjabat (Pj) Sekretaris Daerah Kabupaten Gowa, Abdul Karim Dania, di Ruang Pertemuan Puskesmas Somba Opu.

Ia mengatakan, Puskesmas Somba Opu merupakan puskesmas perkotaan yang terletak di pusat kota Kabupaten Gowa. Sebagai puskesmas perkotaan memiliki fasilitas yang cukup bagus terutama akses jalan raya dan transportasi.

Baca Juga : Delapan Tahun Kepemimpinan Adnan-Kio: Momen Tuntaskan Janji

Puskesmas Somba Opu juga berada di kabupaten yang memiliki rumah sakit, dokter praktek, pasar dan sekolah yang lengkap.

“Sehingga pendekatan pelayanan yang diberikan berdasarkan kebutuhan dan permasalahan yang sesuai dengan pola kehidupan masyarakat perkotaan,” katanya, di sela-sela menerima kunjungan, kemarin.

Ia berharap, hadirnya akreditasi ini menjadikan masyarakat mengetahui keberadaan kinerja puskesmas. Dimana bukan hanya menerima pujian saja, tetapi keberadaan hakikat kinerja puskesmas itu sendiri, terutama di masyarakat wilayah kerjanya.

Baca Juga : OJK Komitmen Perkuat Industri BPR

“Kami sangat berharap bahwa Puskesmas Somba Opu yang sama-sama kita cintai ini yang sudah mendapat sertifikat utama pada akreditasi 2017 bisa meningkatkan menjadi akreditasi Paripurna pada 2023 ini,” tegasnya.

Sementara, Kepala Puskesmas Somba Opu dr Tri Octaviani mengatakan, Re-Akreditasi merupakan proses validasi dari segala aspek yang dimiliki oleh puskesmas. Baik dari segi sumber daya manusia (SDM), sarana dan prasarana, serta segala rangkaian penyertanya.

“Dengan adanya akreditasi ini kita berharap menjadi bentuk monitoring dan evaluasi atas apa yang kami kerjakan di puskesmas selama ini,” jelas dr Tri.

Baca Juga : Bupati Gowa: Pengembangan Kawasan Mamminasata Pacu Ekonomi Daerah

Pada penilaian Re-Akreditasi ini, para surveior akan memantau langsung terkait mutu sarana prasarana, mutu pelayanan UKP , mutu pelayanan UKM, dan mutu manajemen puskesmas.

“Re-Akreditasi ini mengingatkan kami bahwa apa yang kami kerjakan selama ini harus sesuai dengan apa yang kami tulis, dan yang ditulis harus sesuai apa yang kita kerjakan. Sehingga akan terus memberikan pelayanan sesuai standar pelayanan kesehatan yang ada,” ujarnya.

Salah satu surveior, Syamsur Manda mengatakan, tujuan dari akreditasi tersebut yakni
meningkatkan dan menjamin mutu pelayanan kesehatan bagi pasien dan masyarakat.

Baca Juga : Sikapi Kasus Bullying, Komisi D DPRD Makassar Gelar RDP dengan Lembaga Perlindungan Anak Sulsel

“Jadi yang pertama itu adalah butuh pelayanan, kemudian menjamin keselamatan pasien termasuk masyarakat, termasuk keselamatan para petugas,” ujarnya.

Lanjutnya, tujuan yang kedua yakni meningkatkan pelindung oleh sumber daya manusia kesehatan dan puskesmas sebagai institusi. Di mana meningkatkan tata kelola organisasi dan tata kelola pelayanan puskesmas yang mendukung program pemerintah di bidang kesehatan.

“Saya berharap, pada penilaian Re-Akreditasi ini mampu bermanfaat bagi Puskesmas Somba Opu dan bisa menjadi acuan peningkatan kualitas pelayanan,” ujarnya.

Redaksi Republiknews.co.id menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: [email protected] atau Whatsapp +62 813-455-28646