0%
logo header
Kamis, 07 September 2023 18:56

Ratusan Pegawai P3K Jalani Masa Orientasi, Bupati Gowa Tekankan Bekerja Sesuai Kemajuan Zaman

Chaerani
Editor : Chaerani
Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan saat menghadiri Orientasi PPPK Formasi Tahun 2021 lingkup Pemkab Gowa, di Baruga Karaeng Galesong, Kantor Bupati Gowa, kemarin. (Dok. Humas Gowa)
Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan saat menghadiri Orientasi PPPK Formasi Tahun 2021 lingkup Pemkab Gowa, di Baruga Karaeng Galesong, Kantor Bupati Gowa, kemarin. (Dok. Humas Gowa)

REPUBLIKNEWS.CO.ID, GOWA — Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan meminta agar seluruh pegawai lingkup Pemerintah Kabupaten Gowa dapat bekerja sesuai kemajuan zaman yang ada. Harapan ini pun secara khusus ditunjukkan kepada seluruh Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) yang ada.

“Bekerjalah dengan memberikan dampak yang positif, utamanya sesuai dengan perkembangan zaman yang ada,” katanya di sela-sela menghadiri Orientasi PPPK Formasi Tahun 2021 lingkup Pemkab Gowa, di Baruga Karaeng Galesong, Kantor Bupati Gowa, kemarin.

Adnan mengungkapkan, dalam rancangan terbaru undang-undang, ASN dan PPPK diminta lebih berdampak kepada daerah dan juga seluruh lapisan masyarakat. Dimana hal ini juga telah menjadi instruksi Presiden RI agar seluruh aparatur negara untuk bekerja menyesuaikan dengan perkembangan zaman.

Baca Juga : Kunjungan Beautiful Malino Pengaruhi Pendapatan Ekonomi Masyarakat Lokal

Perkembangan zaman yang dimaksud yakni, dimana saat ini Indonesia didominasi oleh generasi Millenial, gen Z dan Post Gen Z yang salah satu cirinya lebih komunikatif, adaptif dan mahir digital. Sehingga para PPPK yang kebanyakan tenaga pengajar tersebut harus menciptakan cara mengajar yang sesuai dengan hal itu.

“Anak-anak sekarang itu lebih komunikatif, maka konsep mengajar juga harus lebih komunikatif, jangan samakan guru-guru yang waktu zaman kita, dimana masuk kelas menjelaskan, langsung tulis di papan setelah itu kasih PR, yang akhirnya kita merasa sekolah kita beban. Saat ini coba ubah paradigmanya, jadikan sekolah itu menjadi menyenangkan bagi anak-anak, ketemu dengan gurunya yang komunikatif, kalau dia mau bertanya dia bertanya ke gurunya, gurunya menjelaskan dengan baik, nah itulah karakteristik yang ada,” jelasnya.

Selain itu, dirinya menyebutkan seluruh PPPK ini merupakan orang-orang yang beruntung, pasalnya seluruh fasilitas yang didapatkan oleh ASN juga berhak didapatkan oleh PPPK ini. Sehingga sangat penting orientasi ini dilakukan agar bisa menambah pengetahuan para pegawai khususnya dalam menjalankan tugas agar setiap tahunnya perjanjian kerja pegawai dapat terus berlanjut.

Baca Juga : Ribuan Pelari Cross Country Nikmati Pesona Alam di Kota Malino

“Untuk di Kabupaten Gowa kita akan membuat perjanjian kerja setiap tahun dan itu akan dilaksanakan evaluasi sebagai bahan pertimbangan untuk perpanjangan kontrak kerja dan tidak menutup kemungkinan dalam waktu setahun dapat dilakukan pemutusan kontrak,” jelas Adnan.

Ia juga mengingatkan tiga prinsip yang harus dipegangan oleh pegawai, utamanya yang berada di lingkup Pemkab Gowa. Antara lain, loyal pada pimpinan, rajin dan disiplin serta bekerja sesuai aturan.

Sementara, Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Gowa Zubair Usman, mengatakan orientasi ini merupakan kerjasama BKPSDM Gowa dengan BPSDM Provinsi Sulawesi Selatan.

Baca Juga : Adnan dan KLA Project Berhasil Hipnotis Pengunjung Beautiful Malino

Di mana tujuannya untuk memberikan pengenalan tugas dan fungsi ASN serta memberikan pengenalan nilai dan etika pada instansi pemerintah. Mulai dari sikap perilaku belan egara, nilai-nilai dasar ASN, serta kedudukan dan peran PPPK mendukung terwujudnya smart governance.

“Yang perlu dipelajari adalah kurikulum pengenalan tugas dan fungsi ASN serta pengenalan nilai etika pada instansi pemerintah dan ini dilakukan sebanyak 66 jam pelajaran, terdiri dari 21 jam klasikal setara dengan 3 hari kerja dan 45 jam non klasikal atau metode MOOC (Massive Open Online Course) setara dengan 15 hari kalender,” sebutnya. 

Salah satu peserta PPPK Guru SDI Borimasunggu Kecamatan Biringbulu, Modding mengaku orientasi ini penting diikuti agar dapat mengetahui tugas-tugasnya sebagai salah satu pegawai lingkup Pemkab Gowa 

Baca Juga : Duet Govinda-Fadly PADI Hentak Panggung Beautiful Malino

“Alhamdulillah setelah sekian lama mengabdi sebagai guru, akhirnya bisa lulus PPPK ini. Sesuai pesan Bapak Bupati Gowa, kami akan memanfaatkan kesempatan ini dan bekerja dengan sebaik-sebaiknya serta mengikuti orientasi ini dengan baik, apalagi SK PPPK setiap tahunnya diperjanjang, tentu kami akan terus memberikan kinerja yang baik pula,” katanya.

Orientasi ini diikuti ASN PPPK Lingkup Pemkab Gowa Formasi 2021 sebanyak 390 orang terdiri dari 389 guru dan satu orang fungsional arsiparis. Kegiatan ini berlangsung mulai 6 September hingga 4 Oktober 2023 mendatang di Balai Diklat Kabupaten Gowa.

Redaksi Republiknews.co.id menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: [email protected] atau Whatsapp +62 813-455-28646