0%
logo header
Kamis, 03 Maret 2022 23:40

Rencanakan Bentuk Lembaga Pendidikan, PMI Makassar Belajar ke Surakarta

Arnas Amdas
Editor : Arnas Amdas
Rombongan PMI Kota Makassar diterima oleh Direktur Politeknik Akbara dr Titis Wahyuono, saat tiba di Surakarta, Kamis (03/03/2022). (Ist)
Rombongan PMI Kota Makassar diterima oleh Direktur Politeknik Akbara dr Titis Wahyuono, saat tiba di Surakarta, Kamis (03/03/2022). (Ist)

REPUBLIKNEWS.CO.ID, MAKASSAR — Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Makassar melaksanakan kunjungan ke Politeknik Akbara dan Markas PMI Kota Surakarta, Jawa Tengah, Kamis (03/02/2022).

Kunjungan ini dipimpin oleh Wakil Ketua Bidang Pengembangan Organisasi PMI Kota Makassar Nur Salam, Wakil Ketua Unit Transfusi Darah Andi Umar Patta, Wakil Kepala Unit Transfusi Darah PMI Makassar Khudri Arsyad,  Pengurus PMI Makassar Andi Rifqi dan staf PMI Makassar lainnya.

Setibanya, rombongan PMI Makassar diterima langsung Direktur Politeknik Akbara dr Titis Wahyuono, Kepala Markas PMI Surakarta Budi Purwanto, Wakil Ketua Bidang UDD Prof AA Subianto dan Ketua Senat Politeknik Akbara Tri Wuryanto.

Baca Juga : Gandeng BRIN, Muhammad Fauzi Bekali Guru SMA Lutra Soal Penulisan Ilmiah

Acara ini diawali dengan perkenalan jajaran Politeknik Akbara dan PMI Kota Makassar. Juga pemutaran video profil terkait kampus Politeknik Akbara.

Wakil Ketua Bidang Pengembangan Organisasi PMI Kota Makassar Nur Salam, mengatakan tujuan kedatangan kami kesini dalam rangka untuk belajar, sehingga kita berharap mendapatkan ilmu yang bisa kami kembangkan dan aplikasikan di PMI Kota Makassar.

“Jadi ilmu yang nantinya kami peroleh dari PMI Kota Surakarta dan AKBARA, lalu kami kembangkan di Makassar maka itu dampaknya tidak hanya untuk masyarakat Makassar saja, tetapi akan berdampak positif dan mewarnai serta menjadi peluang teman-teman di regional timur Indonesia. Begitu dahsyatnya kami bisa mendapatkan oleh oleh berupa ilmu yang sangat berharga dalam rangka tujuan yang kita ingin capai kedepan,” kata Bang Salam sapaan akrab Nur Salam.

Baca Juga : Dihadapan Mahasiswa UIN, Rudianto Lallo Singgung Peran dan Fungsi Mahasiswa

Dirinya mengaku saat ini PMI Makassar mempunyai mimpi yang besar, dan salah satunya itu adalah bisa meniru apa yang sudah berhasil dikembangkan oleh PMI Surakarta dalam hal ini berkaitan dengan kehadiran Politeknik Akbara.

“Yang awalnya sebagai akademika dan sekarang sudah menjadi politeknik sehingga itu tentu saja  menjadi sebuah pencapaian yang sangat luar biasa dan ini sudah diakui seluruh Indonesia,” tuturnya.

Oleh karena itu, PMI Makassar juga ingin membentuk dan mengembangkan apa yang telah dilakukan oleh PMI Surakarta semacam sekolah dan lembaga pendidikan keterampilan lainnya yang merupakan rintisan dari PMI Makassar, maka dari itu kami tentu saja harus banyak belajar dari PMI Surakarta dan Politeknik Akbara.

Baca Juga : Ketua DPRD Makassar Rudianto Lallo Sebut Perjuangan Shamsi Ali Sebarkan Islam Seperti Karaeng Matoayya

“Mohon kami dibimbing dan diarahkan apa yang kami harus lakukan, kami harus star dari mana lalu apa yang harus kami persiapkan dan lain lainnya,” harapnya.

Sementara itu, Kepala Markas PMI Kota Surakarta menyambut baik kedatangan teman teman yang sudah seperti saudara sendiri dari PMI Kota Makassar.

Menurutnya, hal ini adalah salah satu langkah positif yang dilakukan PMI Makassar untuk bisa sama sama mengembangkan sumber daya manusia di PMI.

Baca Juga : Sosialisasi Perda Kepemudaan, Eric Horas Ajak Anak Muda Lebih Kreatif dan Produktif

“Harapan kami jalinan kerjasama antara politeknik Akbara dan PMI Makassar bisa seiring sejalan karena kami memiliki visi dan misi yang sama. Dan yang terpenting itu tujuannya adalah bagaimana agar keinginan PMI Makassar untuk memiliki atau membetuk sebuah lembaga pendidikan yang setara bisa tercapai,” pungkasnya.

Ditempat yang sama, Direktur Politeknik Akbara dr Titis Wahyuono, mengatakan sangat mendukung keinginan dari Kota PMI Makassar untuk mencontohi PMI Surakarta dalam hal membentuk lembaga pendidikan yang berkualitas seperti Politeknik Akbara ini.

“Jadi saya sangat salut dengan tim PMI Makassar begitu semangat membentuk lembaga pendidikan. Jadi tidak ada pilihan lain PMI Surakarta insyah allah mendukung rencana rencana luar biasa dari PMI Makassar,” tutupnya.

Baca Juga : Sosialisasi Perda Kepemudaan, Eric Horas Ajak Anak Muda Lebih Kreatif dan Produktif

Dalam kesempatan ini juga banyak membahas tentang tentang diploma penanggulangan bencana, manajemen transfusi darah, bank darah, baby card, pelayanan orang lanjut usia dan orang dengan gangguan jiwa (ODGJ).

Diahkir pertemuan ini, Wakil Ketua Unit Transfusi Darah PMI Makassar Andi Umar Patta menyerahkan cenderamata berupa perahu phinisi kepada Direktur Politeknik Akbara dan Kepala Markas PMI Surakarta. (*)

Redaksi Republiknews.co.id menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: [email protected] atau Whatsapp +62 813-455-28646