0%
logo header
Kamis, 16 Maret 2023 23:31

Resmikan RPH Modern Tamarunang, Mentan RI: Semoga Bisa Jadi Percontohan di Sulsel

Chaerani
Editor : Chaerani
Menteri Pertanian RI Syahrul Yasin Limpo saat memberikan sambutan pada Peresmian Rumah Potong Hewan Ruminansia (RPHR) Modern Tamarunang, di Kelurahan Tamarunang, Kecamatan Somba Opu, Kamis (16/03). (Chaerani/Republiknews.co.id)
Menteri Pertanian RI Syahrul Yasin Limpo saat memberikan sambutan pada Peresmian Rumah Potong Hewan Ruminansia (RPHR) Modern Tamarunang, di Kelurahan Tamarunang, Kecamatan Somba Opu, Kamis (16/03). (Chaerani/Republiknews.co.id)

REPUBLIKNEWS.CO.ID, GOWA — Menteri Pertanian RI Syahrul Yasin Limpo hadir langsung meresmikan Rumah Potong Hewan Ruminansia (RPHR) Modern Tamarunang, di Kelurahan Tamarunang, Kecamatan Somba Opu.

Menurut Syahrul, RPHR Modern Tamarunang ini akan menjadi salah satu RPHR terbaik di Sulawesi Selatan. Pasalnya dalam pengoperasiannya telah menggunakan peralatan dengan sistem IT yang tujuannya akan membuat daging yang dihasilkan lebih bernutrisi, aman serta halal.

Dengan sistem tersebut diharapkan, RPHR Modern Tamarunang ini bisa menjadi RPH percontohan yang ada di Sulawesi Selatan.

Baca Juga : Program Pembinaan Taiwan-ICDF Bersama Unhas Bantu Pemenuhan Benih Bermutu Bagi Daerah

“Saya berterima kasih kepada Bapak Bupati Gowa karena membuat langkah seperti ini. Semoga ini bisa menjadi percontohan di Sulsel,” katanya usai meresmikan, Kamis (16/03/2023).

Lanjut mantan Gubernur Sulawesi Selatan ini, dioperasikannya RPHR tersebut merupakan komitmen Bupati Gowa untuk menyiapkan ekosistem dari nutrisi yamg dibutuhkan masyarakat melalui sapi dan daging-dagingan yang ada.

“Daging di RPHR ini dijamin lebih aman dan sangat higienis, bersih, dan safety juga karena semua berkaitan dengan nutrisi,” katanya.

Baca Juga : MUI Makassar Perkuat Sosialisasi Pentingnya Kesadaran Hukum Keluarga

Olehnya ia berharap, ini menjadi langkah awal untuk ekosistem peternakan, mulai dari daging menjadi kebutuhan nasional, termasuk susu yang menjadi penting untuk kebutuhan kecerdasan masyarakat.

Sebelumnya, Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan mengatakan, alat-alat yang digunakan dalam proses pemotongan itu telah memakai sistem elektronik atau tidak menyentuh tanah. Dengan sistem yang digunakan maka kualitas daging yang dihasilkan dipastikan sangat baik dan aman.

“Seluruh alat yang digunakan memakai elektronik dan tidak menyentuh tanah. Makanya mengajak seluruh masyarakat jika ingin mendapatkan daging yang bersih, sehat, halal agar bisa datang ke RPHR Modern ini,” katanya.

Baca Juga : Ramaikan Little Chef Aston Makassar, Puluhan Anak Antusias Ikut Menghias Kue

Dalam RPHR tersebut jumlah daging yang dipotong sekitar lima ekor per harinya. Di mana sapi-sapi yang ada di RPHR Modern ini dipastikan aman dari penyakit hewan sebelum dipotong sebab terlebih dahulu dilakukan pemeriksaan secara detail oleh tim klinis yang disiapkan Dinas Peternakan dan Perkebunan Kabupaten Gowa.

Adnan mengaku, RPHR ini kembali dilakukan renovasi dan akhirnya diresmikan berkat dukungan dari Kementerian Pertanian RI bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Gowa dan PT Berdikari United Livestock (BULS) untuk menghasilkan PAD dan bermanfaat bagi masyarakat.

“Karena Dinas Peternakan dan Perkebunan Kabupaten Gowa tidak mampu mengelola RPHR ini secara profesional, maka kita gandeng swasta untuk mengelolanya dan menjadikannya berkonsep modern dan menjadi percontohan. Alhamdulillah sekarang mulai beroperasi, dan ini nanti akan menjadi PAD baru bagi Kabupaten Gowa, sehingga bisa bermanfaat bagi seluruh lapisan masyarakat yang ada,” jelasnya.

Redaksi Republiknews.co.id menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: redaksi.republiknews1@gmail.com atau Whatsapp +62 813-455-28646