0%
logo header
Selasa, 08 Agustus 2023 10:21

Respon Cepat PMI Makassar, Distribusikan Air Bersih ke Wilayah Terdampak Kekeringan

Mulyadi Ma'ruf
Editor : Mulyadi Ma'ruf
Mobil Tanki saat mendistribusikan air bersih ke beberapa wilayah, Senin (07/08/2023). (Istimewa)
Mobil Tanki saat mendistribusikan air bersih ke beberapa wilayah, Senin (07/08/2023). (Istimewa)

REPUBLIKNEWS.CO.ID, MAKASSAR — Dalam kurun waktu sepekan, cuaca terpantau cerah berawan, hal ini merupakan dampak dari fenomena alam El-Nino.

El Nino merupakan fenomena alam yang mengakibatkan pemanasan muka air laut di Samudra Pasifik dan berdampak sebagian wilayah Indonesia termasuk Kota Makassar merakasan dampaknya.

Hal inilah yang menyebabkan beberapa  wilayah di Kota Makassar kekurangan atau kekeringan air bersih.

Baca Juga : Indosat Bersama PMI Makassar Bantu Kebutuhan Stok Donor Darah Masyarakat

Oleh sebab itu, Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Makassar langsung merespon cepat, dengan mendistribusikan bantuan air bersih kepada masyarakat.

Pendistribusian air bersih ini dilakukan dengan menggunakan mobil tangki yang memuat 3000 Liter air bersih dan dibagi ke 4 titik Wilayah Makassar yang terdampak kekeringan.

Adapu ke empat titik lokasi tersebut yakni Jalan Inspeksi Kanal Bara Baraya Timur, Sungai Saddang Baru (Lr Kiri), Sungai Saddang Baru (Lr Kanan) dan Abu Bakar Lambogo (Ablam).

Baca Juga : Deng Ical Dipanggil Khusus JK di Kediaman Pribadi, Ini Instruksinya

Dari pantauan, begitu bahagianya warga mendapatkan air bersih gratis dari PMI Makassar. Satu persatu ember pun diisi oleh relawan PMI Makassar.

Ketua PMI Makassar Syamsu Rizal mengatakan, pendistribusian air bersih ini dilakukan PMI setelah menerima permintaan dari warga dan dilakukan assessment oleh relawan PMI.

“Jadi ini memang permintaan warga langsung melalui PMI Kecamatan dan kami berkordinasi dengan pemerintah  setempat, dan langsung ditindak lanjuti,” ujar Deng Ical, sapaan akrab Ketua PMI Makassar ini, Selasa (08/08/2023).

Baca Juga : Maju Caleg DPR RI, Deng Ical Perkenalkan Dokter Koboi Sebagai Ketua Tim di Hadapan Relawan

Lebih lanjut, Wakil Wali Kota Makassar priode 2014-2019 ini menjelaskan, dari pendistribusian air bersih ini sebanyak 110 KK dapat terlayani dengan baik.

“Alhamdulillah bantuan air bersih ini langsung disambut baik, masyarakat juga mengantri dengan tertib. Semoga bantuan air bersih ini dapat memenuhi kebutuhan sehari hari masyarakat,” harapnya. (*)

Redaksi Republiknews.co.id menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: [email protected] atau Whatsapp +62 813-455-28646