0%
logo header
Kamis, 10 Agustus 2023 18:35

Ribuan Peserta Defile Ramaikan Expo Dekranasda Kreatif Andalan 2023 di Wajo

Mulyadi Ma'ruf
Editor : Mulyadi Ma'ruf
Meriahnya Expo Dekranasda Kreatif Andalan 2023 di RTH Callaccu, Kabupaten Wajo, Rabu (09/08/2023). (Istimewa)
Meriahnya Expo Dekranasda Kreatif Andalan 2023 di RTH Callaccu, Kabupaten Wajo, Rabu (09/08/2023). (Istimewa)

REPUBLIKNEWS.CO.ID, WAJO — Ribuan peserta defile dari 24 Kabupaten dan Kota di Sulawesi Selatan dan sejumlah organisasi wanita meramaikan Expo Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kreatif Andalan 2023 di RTH Callaccu, Kabupaten Wajo, Rabu (09/08/2023).

Para peserta tampil semarak berbalut pakaian adat tradisional dari daerah masing-masing. Mereka melintasi panggung kehormatan yang dihadiri Gubernur Sulawesi Selatan Andi Sudirman Sulaiman dan Ketua Dekranasda Naoemi Octarina sambil menampilkan yel-yel untuk menarik hati dewan juri.

Ada yang menari, menyanyi hingga fashion show. Peserta dengan penampilan terbaik kemudian akan mendapatkan hadiah oleh Gubernur.

Baca Juga : Dekranasda Ikut Sukseskan Festival Sulsel Menari, Dorong Kreatifitas Desainer Lokal Melalui Fashion Show

Ketua Dekranasda Sulawesi Selatan Naoemi Octarina mengatakan Dekranasda ingin turut melestarikan sutera sebagai warisan leluhur. Wajo pun dipilih sebagai tuan rumah karena jadi sentra pembuatan sutera.

“Sesuai tema, kita ingin mengembalikan kejayaan sutera. Dan ini adalah kain yang sering digunakan masyarakat Sulsel sebagai kebanggaan,” ujarnya.

Expo Dekranasda yang dirangkaikan dengan pawai defile ini juga baru pertama kali digelar. Naoemi berharap kegiatan seperti ini digelar tiap tahunnya untuk mempromosikan hasil kerajinan di setiap daerah.

Baca Juga : Sofha Marwah Bahtiar Berbagi Bahagia Bersama Anak Panti Asuhan Mawaddah

Sementara, ketua panitia, Uswatun Hasanah mengatakan Expo Dekranasda Kreatif Andalan 2023 merupakan kegiatan strategis Dekranasda Provinsi Sulsel berkolaborasi dengan dekranasda Kab. Wajo dalam mengembalikan heritage atau warisan budaya tinggi masyarakat Sulsel. Khususnya masyarakat Bugis Sengkang yang telah ada sejak abad 14 hingga saat ini pada  bidang tenun sutera.

“Kita berfokus untuk menumbuh kembangkan kreativitas dalam aspek desain dan corak produk berbasis tenun sutera yang bersifat kekinian tanpa harus meninggalkan kekhasan corak dasar produk tenun sutera sulawesi Selatan yang telah berlangsung turun temurun,” ungkapnya.

Dengan demikian diharapkan tenun sutera Sengkang diharapkan sejajar dengan tenun sutera terbaik dunia seperti tenun sutera China, India dan Dubai Emirat Arab.

Baca Juga : Dekranasda Preloved for Charity Berhasil Kumpulkan Rp146 Juta, Disumbangkan untuk UKM dan Pengrajin Disabilitas

Adapun kegiatan Expo Dekranasda Sulsel 2023 berlangsung sejak tanggal 8 hingga tanggal 10 Agustus 2023 dan diikuti oleh 21 kontingen.

Kegiatan ini juga disemarakkan dengan penampilan fashion show cilik, peluncuran sutera dan sajadah Andalan hingga gerak dan lagu dari ratusan anak PAUD di Kabupaten Wajo. (*)

Redaksi Republiknews.co.id menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: redaksi.republiknews1@gmail.com atau Whatsapp +62 813-455-28646