0%
logo header
Kamis, 16 Maret 2023 22:17

RPH Tamarunang Resmi Dioperasikan Dengan Sistem Elektronik Modern dan Higenis

Chaerani
Editor : Chaerani
Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan saat memberikan sambutan di sela-sela Peresmian RPH Modern Ruminansia Tamarunang, di Kelurahan Tamarunang, Kecamatan Somba Opu, Kamis (16/03). (Chaerani/Republiknews.co.id)
Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan saat memberikan sambutan di sela-sela Peresmian RPH Modern Ruminansia Tamarunang, di Kelurahan Tamarunang, Kecamatan Somba Opu, Kamis (16/03). (Chaerani/Republiknews.co.id)

REPUBLIKNEWS.CO.ID, GOWA — Rumah Potong Hewan (RPH) Modern Ruminansia Tamarunang mulai dioperasikan secara resmi setelah dilaunching Menteri Pertanian RI, Syahrul Yasin Limpo.

RPH yang berlokasi di Kelurahan Tamarunang, Kecamatan Somba Opu ini dioperasikan dengan konsep modern atau menggunakan alat pemotong teknologi terbaik agar menghasilkan daging potong yang higienis, aman dan halal.

Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan mengatakan, alat-alat yang digunakan dalam proses pemotongan itu telah memakai sistem elektronik atau tidak menyentuh tanah. Dengan sistem yang digunakan maka kualitas daging yang dihasilkan dipastikan sangat baik dan aman.

Baca Juga : Tumbuh Positif, Pertumbuhan Ekonomi Gowa 2023 Capai 5,82 Persen

“Seluruh alat yang digunakan memakai elektronik dan tidak menyentuh tanah. Makanya mengajak seluruh masyarakat jika ingin mendapatkan daging yang bersih, sehat, halal agar bisa datang ke RPH Modern ini,” katanya usai peresmian, Kamis (16/03/2023).

Dalam RPH Modern ini jumlah daging yang dipotong sekitar lima ekor per hari. Dimana sapi-sapi yang dipotong dipastikan aman dari penyakit hewan, sebab terlebih dahulu dilakukan pemeriksaan secara detail oleh tenaga medis yang telah disiapkan Dinas Peternakan dan Perkebunan Kabupaten Gowa.

Adnan mengaku, RPH ini kembali dilakukan renovasi dan akhirnya diresmikan berkat dukungan dari Kementerian Pertanian RI bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Gowa dan PT Berdikari United Livestock (BULS) untuk menghasilkan PAD dan bermanfaat bagi masyarakat.

Baca Juga : NasDem Sulsel Pastikan Dorong Arham Basmin Maju Bertarung di Pilkada Luwu 2024

“Nah terjadi kolaborasi antara Kementan RI dan Pemkab Gowa. Karena kita tidak mampu mengelola RPH ini secara profesional, maka kita gandeng swasta dalam hal ini adalah PT BULS untuk mengelola RPH ini menjadi RPH yang modern dan menjadi percontohan” jelasnya.

Selain itu, untuk mendukung pengelolaan RPH Modern ini, pihak Pemkab Gowa menganggarkan sekitar Rp1 miliar melalui APBD 2023 untuk pendukung alat di RPH atau pembelian alat railing.

“Jadi setelah dilakukan renovasi ini, ada beberapa alatnya yang belum lengkap. Sehingga agar bisa segera dilakukan peresmian, maka kami anggarkan di APBD Kabupaten Gowa, sehingga ketika pembeliannya semua sudah selesai, sekarang sudah bisa diresmikan,” ungkapnya.

Redaksi Republiknews.co.id menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: [email protected] atau Whatsapp +62 813-455-28646