0%
logo header
Kamis, 30 November 2023 20:51

Satlinmas se-Kaltim Siap Amankan Pemilu Serentak 2024, Libatkan Masyarakat dalam Menjaga Demokrasi

Mulyadi Ma'ruf
Editor : Mulyadi Ma'ruf
Bupati Kukar Edi Damansyah mendampingi PJ Gubernur Kaltim dan kepolisian dalam penandatanganan serah terima BKO. (Istimewa)
Bupati Kukar Edi Damansyah mendampingi PJ Gubernur Kaltim dan kepolisian dalam penandatanganan serah terima BKO. (Istimewa)

REPUBLIKNEWS.CO.ID, KUTAI KARTANEGARA — Ribuan personel Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) di Kalimantan Timur (Kaltim) secara resmi ditugaskan oleh Kepolisian Daerah Kaltim untuk menjaga keamanan selama pemilu serentak 2024. Acara penyerahan tugas ini dilakukan dalam apel pasukan yang dihadiri oleh Pj Gubernur Kaltim Akmal Malik, Bupati Kutai Kartanegara (Kukar) Edi Damansyah, dan Wakapolda Kaltim Brigjen Pol Mujiyono, di Lapangan Upacara Kantor Bupati Kukar pada Kamis (30/11/2023).

Dalam sambutannya, Akmal Malik menekankan peran krusial Satlinmas dalam menjaga stabilitas keamanan menjelang pemilu serentak, yang dianggap sebagai pilar demokrasi di Indonesia. Ia memberikan apresiasi kepada 17.073 personel Satlinmas se-Kaltim, termasuk 7.628 personel dari Kukar, atas dukungan mereka untuk kelancaran pemilu 2024.

“Sebagai bagian dari komunitas di Kaltim, kita memiliki tanggung jawab untuk memastikan bahwa proses pemilu berjalan dengan baik dan aman,” ujar Akmal Malik.

Baca Juga : Pemkab Kutai Kartanegara Dapat Insentif Fiskal untuk Pengendalian Inflasi Daerah

Ia juga menekankan pentingnya dedikasi tinggi, profesionalisme, dan netralitas Satlinmas dalam melaksanakan tugas sesuai standar operasional prosedur (SOP).

“Jadikan kehadiran Satlinmas sebagai penjamin keamanan dan ketertiban, sehingga masyarakat dapat merasakan suasana pemilu yang damai dan tentram. Mari kita tunjukkan pada dunia bahwa Kaltim adalah daerah yang damai dan demokratis,” tambahnya.

Apel pasukan ini melibatkan berbagai instansi, termasuk Kodim 0906 KKR, Polres Kukar, Satpol-PP Kukar, BPBD Kukar, dan Damkar Matan Kukar. Penyerahan tugas Satlinmas ditandai dengan penandatanganan berita acara serah terima BKO oleh Akmal Malik dan Mujiyono, serta Edi Damansyah dan Kapolres Kukar AKBP Hari Rosena. (ADV)

Penulis : Budi Kurniawan
Redaksi Republiknews.co.id menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: [email protected] atau Whatsapp +62 813-455-28646