0%
logo header
Minggu, 09 Juni 2024 20:07

Serawenan Tandai Penutup Semarak Event Trail Blukar Idaman VI di Senoni

M. Imran Syam
Editor : M. Imran Syam
Suasana Bupati Kukar Edi Damansyah, Serawenan di Desa Senoni. (Istimewa)
Suasana Bupati Kukar Edi Damansyah, Serawenan di Desa Senoni. (Istimewa)

REPUBLIKNEWS.CO.ID, KUTAI KARTANEGARA — Event Trail Blukar Idaman VI yang berlangsung selama dua hari di Desa Senoni, Kecamatan Sebulu, Kutai Kartanegara (Kukar) ditutup dengan Serawenan, tradisi makan bersama yang penuh keakraban dan kebersamaan, Minggu (09/06/2024).

Bupati Kukar Edi Damansyah, Dandim 0906/Kukar Letkol Czi Damai Adi Setiawan, Kapolsek Sebulu AKP Heru Erkahadi, Kadispora Aji Ali Husni, Camat Edy Fahruddin dan Kades Senoni Muhammad Ramli bersama para riders duduk lesehan di atas terpal, menikmati hidangan yang disajikan oleh setiap desa di Kecamatan Sebulu.

“Kami ucapkan terima kasih kepada semua masyarakat Desa Senoni dan desa lainnya yang ikut berpartisipasi dalam persiapan serawenan,” ujar Edi Damansyah.

Baca Juga : Kukar Idaman Beri Beasiswa Kuliah Pertanahan di STPN Yogyakarta, 20 Slot Tersedia

Lebih lanjut, Edi mengungkapkan bahwa dari rangkaian kegiatan Event Trail Blukar Idaman VI, telah terkumpul dana yang akan digunakan untuk rehabilitasi TK Al-Quran. Hal ini menunjukkan semangat kebersamaan dan gotong royong para riders.

“Komunitas riders tidak hanya suka kebut-kebutan di dalam lumpur, tapi juga menunjukkan kebersamaan dan kepedulian,” kata Edi.

Serawenan, menurut Edi, merupakan tradisi di tanah Kutai yang ditinggalkan oleh leluhur dan menunjukkan rasa persaudaraan. Ia berharap tradisi ini dapat terus dilestarikan.

Baca Juga : Pesan Sekda Kukar di Idul Adha 1445 Hijriah: Jaga Persatuan dan Kesatuan Umat Islam

“Semoga ini menunjukkan dari bagian kebersamaan kita, yang terpenting adalah bagaimana kita menjaga tradisi, karena makan bersama ini merupakan tradisi di tanah kutai yang ditinggalkan oleh leluhur kita. Kebersamaan menunjukkan saling membantu, suatu momentum menguatkan rasa persaudaraan kita,” ungkapnya.

Edi juga mengingatkan para riders yang kembali menjelajah hutan Senoni di hari kedua untuk berhati-hati, karena medannya cukup ekstrim. Acara ditutup dengan pengundian hadiah utama bagi riders berupa motor trail dan pelepasan para riders di hari kedua oleh Bupati Edi Damansyah. (ADV/Prokom Kukar)

Redaksi Republiknews.co.id menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: redaksi.republiknews1@gmail.com atau Whatsapp +62 813-455-28646