Setelah Tiga Kabupaten Asal Jawa, Kini Giliran Wakil Bupati Temanggung Belajar KIHT di Soppeng

  • Bagikan
Wakil Bupati Soppeng Luthfi Halide, bersama Wakil Bupati Temanggung Heri Ibnu Wibowo, saat mengunjungi Kawasan Industri Hasil Tembakau Soppeng, Selasa (23/11/2021).

REPUBLIKNEWS.CO.ID, SOPPENG — Kawasan Industri Hasil Tembakau (KIHT) Kabupaten Soppeng cukup dikenal, terbukti kali ini Wakil Bupati Temanggung Provinsi Jawa Tengah Heri Ibnu Wibowo berkunjung di Soppeng, Selasa (23/11/2021).

Dalam kunjungan Wabup Temanggung bersama rombongan di KIHT Soppeng diterima oleh Wabup Soppeng Lutfi Halide dan didampingi Kadis Perdagangan Perindustrian, Koperasi dan UKM Kabupaten Soppeng Drs.Sarianto, Asisten, Kabag Perekonomian, Bea Cukai, Perusda dan Ketua Hooters Kabupaten Soppeng.

Kata penerimaan yang disampaikan oleh Wakil Bupati Soppeng Lutfi Halide.

“Selamat datang di bumi Latemmamala,” ucap Lutfi Halide.

Mantan Kadis Pertanian Pemprov Sulsel ini menceritakan bahwa Soppeng dari dulu dikenal sebagai Daerah Pertanian dan ada masyarakat dari dulu turun temurun membudidayakan Tembakau.

“KIHT Soppeng tidak terlalu luas dan hanya sekitar 3,6 hektar, akan tetapi Alhamdulillah berkat bimbingan bea cukai, Soppeng mampu membentuk suatu KIHT,” kata Lutfi Halide.

Sementara, Wakil Bupati Temanggung Jawa Tengah Heri Ibnu Wibowo mengucapkan terima kasih atas penyambutan sehingga berjalan lancar.

“Kedatangan kami untuk sharing terkait dengan keberadaan KIHT di Soppeng,” tutur Heri Ibnu Wibowo.

Disebutkan bahwa Daerahnya termasuk Daerah penghasil Tembakau, namun belum memiliki KIHT sehingga berkunjung ke Soppeng untuk study lapang di KIHT.

“Apa yang kami dapatkan nanti sebagai referensi bagi kami untuk mencoba mengangkat dan mensejahterakan masyarakat petani tembakau di tanggung, termasuk ingin membuat KIHT,” katanya.

Wabup Temanggung Jateng ini juga mempromosikan bibit tanaman tembakaunya.

“Kalau ini bisa ada kerjasama maka akan lebih baik demi mensejahterakan petani tembakau Soppeng dan Temanggung,” tutupnya.

Sebelumnya Bupati Kebumen Arif Sugiyanto, Pemerintah Kabupaten Kendal dan Pemerintah Kabupateb Malang juga telah berkunjung untuk melakukan studi tiru KITH di Kabupaten Soppeng. (Yusuf)

  • Bagikan