0%
logo header
Jumat, 22 Desember 2023 10:19

Sofha Marwah Bahtiar Paparkan Capaian PKK Sulsel di Hadapan Tim Monev Bidang Penguatan Ketahanan Keluarga

Mulyadi Ma'ruf
Editor : Mulyadi Ma'ruf
Pj Ketua TP PKK Sulsel, Sofha Marwah Bahtiar, menyambut kedatangan Tim Monev Bidang Penguatan Ketahanan Keluarga PKK Pusat, yang berkunjung ke Sulsel, Kamis (21/12/2023). (Istimewa)
Pj Ketua TP PKK Sulsel, Sofha Marwah Bahtiar, menyambut kedatangan Tim Monev Bidang Penguatan Ketahanan Keluarga PKK Pusat, yang berkunjung ke Sulsel, Kamis (21/12/2023). (Istimewa)

REPUBLIKNEWS.CO.ID, MAKASSAR — Penjabat Ketua Tim Penggerak PKK Sulsel, Sofha Marwah Bahtiar, menyambut kedatangan Tim Monitoring dan Evaluasi (Monev) Bidang Penguatan Ketahanan Keluarga PKK Pusat, yang berkunjung ke Sulsel, Kamis, 21 Desember 2023. Tim Monev PKK Pusat yang dipimpin langsung Sekretaris Umum TP PKK Pusat, Nani Suhajar Diantoro, akan berada di Sulsel hingga besok, Jumat (22/12/2023).

Sofha Marwah menyampaikan apresiasi dan terima kasihnya kepada Pengurus TP PKK Pusat atas kunjungannya, yang tentunya memberi semangat kepada para pengurus di TP PKK Provinsi Sulsel.

Ia menyampaikan, sesuai hasil Rakornas 2023, PKK Sulsel telah menempatkan diri sebagai magnet yang mengumpulkan, menggali dan mengembangkan potensi masyarakat, menjadi motivator serta penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga di Sulsel.

Baca Juga : Pj Gubernur dan Pj Ketua PKK Sulsel Salurkan Bantuan Pangan Presiden Jokowi untuk Warga Bone

“Sasaran Gerakan PKK adalah keluarga, baik di pedesaan maupun perkotaan. Sulsel dengan wilayah yang luas terdiri atas 21 Kabupaten, 3 Kota, 311 Kecamatan dan 3.051 Desa Kelurahan, merupakan tantangan bagi saya selaku Penjabat Ketua TP PKK Provinsi Sulsel,” kata Sofha Marwah, saat menerima Tim Monev PKK Pusat, di Aula Tudang Sipulung Rumah Jabatan Gubernur, Kamis, 21 Desember 2023.

Dalam 100 hari memimpin PKK Provinsi Sulsel, Sofha Marwah telah memonitoring dan melakukan pembinaan secara langsung pada 18 Kabupaten dan 3 Kota. Termasuk Luwu Timur dan Kabupaten Kepulauan Selayar.

“Dalam gerakannya, PKK Sulsel bersinergi bersama Organisasi Perangkat Daerah dan organisasi wanita lainnya. Dengan komitmen mendukung prioritas program nasional dan program prioritas Provinsi Sulsel, penguatan ekonomi masyarakat dan ketahanan pangan, merupakan isu utama yang menjadi fokus pelaksanaan Gerakan PKK,” terangnya.

Baca Juga : Kunjungi Kelurahan Maccini Sombala, Pengurus PKK Pusat Disuguhi Beragam Olahan Pisang

Berbagai upaya dan langkah strategis dalam upaya penguatan ekonomi masyarakat melalui kebijakan, program dan kegiatan telah dijalankan. Sesuai Misi Gerakan PKK yaitu penguatan ketahanan keluarga utamanya dalam menekan inflasi, Penjabat Gubernur telah mengeluarkan SK  yaitu menanam 10 pohon cabai di setiap rumah. Dan kemudian diikuti oleh Kabupaten/Kota.

“Melalui pemanfaatan Aku Hatinya PKK, segenap TP PKK Kabupaten Kota telah  bergerak serentak dalam penanaman cabai. Dan agar gerakan ini terus berlanjut, maka perlu untuk menanamkan kecintaan pemanfaatan pekarangan sejak dini,” imbuhnya.

TP PKK Provinsi Sulsel, lanjut Sofha Marwah, melalui Pokja II  telah menyentuh kegiatan ekstrakurikuler sekolah dengan membuat Lomba Menanam Cabai Ceria bagi siswa PAUD hingga SD. Kegiatan ini dilaksanakan dengan kerjasama salah satu mall di Kota Makassar.

Baca Juga : Terbaik dalam Penanganan Stunting, TP PKK Sulsel Studi Tiru dan Capacity Building ke Bali

Selain itu, Gerakan Pangan Murah dari Badan Pangan Nasional di Sulsel yang dimulai 2 Desember 2023 hingga 20 Desember 2023, sudah menyentuh 52 titik. “Hari ini pada tanggal 21 Desember 2023, menyentuh 12 titik di 8 Kabupaten Kota. Dan akan terus dilaksanakan hingga tanggal 29 Desember 2023 dengan target 74 titik,” ungkapnya.

Adapula Pangan Murah bersubsidi kerjasama PKK dan Dinas Perindustrian dan Perdagangan, yang telah menyentuh 22.100 paket pada delapan Kabupaten/Kota. Merupakan program prioritas dalam pengendalian inflasi dan penguatan ketahanan pangan, sehingga akan dilanjutkan pada tahun berikutnya. (*)

Redaksi Republiknews.co.id menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: [email protected] atau Whatsapp +62 813-455-28646