0%
logo header
Rabu, 11 Mei 2022 00:32

Teluk Nanga Lok di Manggarai Timur Masuk Nominasi API Award 2022

Teluk Nanga Lok, Obyek Wisata di Kabupaten Manggarai Timur, NTT masuk Nominasi API Award 2022. (Foto: Facebook Destinasi Wisata Manggarai)
Teluk Nanga Lok, Obyek Wisata di Kabupaten Manggarai Timur, NTT masuk Nominasi API Award 2022. (Foto: Facebook Destinasi Wisata Manggarai)

REPUBLIKNEWS.CO.ID, MANGGATAI TIMUR — Obyek wisata Teluk Nanga Lok yang terletak di Desa Golo Lijun, Kecamatan Elar, Kabupaten Manggarai Timur (Matim), provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) masuk nominasi Anugerah Pesona Indonesia kategori Surga Tersembunyi bersama 9 obyek wisata lainnya dari seluruh Indonesia, Senin (09/04/2022) kemarin.

Keputusan tersebut dikeluarkan oleh Komite Seleksi Anugerah Pesona Indonesia dan disiarkan secara langsung melalui akun youtube API award.

Anugerah Pesona Indonesia (API) sendiri merupakan rangkaian kegiatan tahunan yang diselenggarakan dalam upaya membangkitkan apresiasi masyarakat terhadap pariwisata Indonesia.

Baca Juga : Sipri Habur Tegaskan Lima Masalah Harus Dibenahi dalam Pembangunan di Matim

Disamping itu penyelenggaraan API juga bertujuan untuk mendorong peran serta berbagai pihak, baik masyarakat, pihak industri/swasta maupaun Pemerintah Daerah dari Provinsi, Kabupaten, dan Kota, dalam mempromosikan pariwisata serta mengembangkan ekonomi kreatif secara langsung, nyata dan masif di masing-masing daerah.

Pengembangan pariwisata merupakan salah satu kegiatan yan menjadi perhatian pemerintah daerah Kabupaten Manggarai Timur. Hal ini telah dimulai dengan melaksanakan acara-acara pemerintahan di lokasi wisata yang tersebar di beberapa wilayah kecamatan secara bergilir.

Promosi yang dilakukan oleh Pemda dan masyarakat Manggarai Timur melalui platform media sosial juga cukup gencar dilakukan, sebagai bagian untuk mendukung pengembangan wisata super prioritas Labuan Bajo, Manggarai Barat, provinsi Nusa Tenggara Timur.

Baca Juga : Wujudkan Perubahan, Pemkab Matim Pinjam Rp103 Miliar ke Bank NTT

Menanggapi hal tersebut, Bupati Manggarai Timur, Agas Andreas  menyampaikan kebahagiannya.

“Kita tentunya bersyukur bahwa salah satu destinasi wisata dari Manggarai Timur masuk dalam nominasi API 2022. Untuk itu saya mengajak seluruh masyarakat Manggarai Timur untuk bersama pemerintah berjuang agar Teluk Nanga Lok bisa masuk minimal 3 besar dalam ajang ini,” ungkapnya, Selasa (10/05/2022).

Ia menjelaskan, dengan menjadi salah satu nominasi, maka potensi wisata Manggarai Timur akan menjadi perhataian pemerintah pusat dan masyarakat Indonesia.

Baca Juga : Nelayan di Sikka NTT Tenggelam saat Melaut, Tim SAR Gabungan Lakukan Pencarian

“Akan banyak wisatawan yang mencari informasi tentang wiata Manggarai Timur dan kemudian datang kesini, dampaknya akan dirasakan oleh kita semua,” ungkap Agas dengan senyum bahagia.

Bupati Agas juga menekankan pentingnya mempersiapkan segala sesuatu termasuk kesiapan masyarakat untuk pengembangan pariwisata.

“Saya minta dinas-dinas terkait untuk mempersiapkan segala sesuatu yang dibutuhkan untuk mendukung Teluk Nanga Lok menjadi 3 besar API 2022,” jelasnya.
Ia menambahkan, selain kelengkapan administrasi dan promosi, penting juga untuk mempersiapkan masyarakat, karena setelah ini pasti akan banyak wisatawan yang berkunjung ke Manggarai Timur terutama Nanga Lok.

Baca Juga : Ratusan Honorer Pemkab Manggarai Timur Dapat Pelatihan dan Modal Usaha

“Kebersihan lokasi wisata dan pengembangan ekonomi kreatif disekitar lokasi wisata penting untuk disosialisasikan dan dipersiapkan. Saya juga berharap kolaborasi dan koordinasi antar sector lebih ditingkatkan dalam kaitan dengan ini,” tegasnya.

Teluk Nanga Lok merupakan obyek wisata yang terletak di Desa Golo Lijun Kecamatan Elar. Setelah dipastikan masuk 10 besar nominasi API 2022 kategori Surga Tersembunyi, Teluk Nanga Lok akan mendapatkan Piagam Penghargaan dari Anugerah Pesona Indonesia.

Selain itu Komite Seleksi Anugerah Pesona Indonesia juga diagendakan akan berkunjung ke Teluk Nanga Lok. Selanjutnya akan dilaksanakan vote/pemilihan 3 destinasi terbaik, periode vote akan dimulai pada 1 Juni sampai dengan 31 Oktober 2022 melalui berbagai platform media sosial.

Penulis : Yos Syukur
Redaksi Republiknews.co.id menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: redaksi.republiknews1@gmail.com atau Whatsapp +62 813-455-28646