0%
logo header
Sabtu, 15 Juni 2024 10:34

Tes Baca Al Quran Jadi Syarat Seleksi Pejabat di Kutai Kartanegara

M. Imran Syam
Editor : M. Imran Syam
Suasana tes membaca Al-Quran untuk 33 calon peserta Seleksi Terbuka Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) Pratama Pemkab Kukar. (Istimewa)
Suasana tes membaca Al-Quran untuk 33 calon peserta Seleksi Terbuka Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) Pratama Pemkab Kukar. (Istimewa)

REPUBLIKNEWS.CO.ID, KUTAI KARTANEGARA — Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) mewajibkan tes membaca Al Quran bagi peserta Seleksi Terbuka Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) Pratama. Hal tersebut sebagai bagian dari penilaian mentalitas spiritual calon pemimpin di lingkungan Pemkab Kukar.

“Tes baca Al Quran ini bukan hanya ditujukan bagi peserta yang beragama Muslim, namun peserta yang beragama lain pun akan diwajibkan ‘mengaji’ sesuai dengan kitab suci masing-masing,” ujar Bupati Kukar Edi Damansyah dalam sambutannya pada Safari Subuh dan Tes Pembacaan Al Quran bagi Peserta Seleksi Terbuka JPT Pratama Kabupaten Kutai Kartanegara, Sabtu (15/06/2024).

Edi menjelaskan bahwa tes mengaji ini merupakan bagian dari Program Gerakan Etam Mengaji (GEMA) yang digagas Pemkab Kukar. Program ini bertujuan untuk membangun kebiasaan dan budaya membaca Al Quran bagi Masyarakat Kabupaten Kukar yang beragama Islam.

Baca Juga : Bupati Kukar Buka MTQ Antar OPD, ASN Jadi Pelopor Gerakan Mengaji

“Melalui tes kemampuan membaca Al Quran ini diharapkan menghasilkan pemimpin yang berakhlak mulia, unggul, dan berbudaya, dilandasi oleh pemahaman dan pengamalan Al Quran, serta ke depannya mampu membawa Kabupaten Kukar ke arah yang lebih baik,” jelas Edi.

Sebanyak 33 peserta Seleksi Terbuka JPT Pratama mengikuti tes membaca Al Quran ini. Mereka terbagi menjadi dua kelompok, Kelompok 1 berjumlah 16 orang dan Kelompok 2 berjumlah 17 orang.

Masing-masing peserta memiliki waktu 5 menit untuk menunjukkan kemampuannya dalam membaca Al Quran secara benar dan tepat.

Baca Juga : Kukar Jadi Tujuan Kunjungan Peserta Pelatihan Kepemimpinan Nasional Tingkat Dua

“Saya berpesan agar para peserta dapat mengikuti seleksi ini dengan baik dengan mengedepankan nilai-nilai integritas dan profesionalisme,” pesannya.

Dirinya berharap para peserta mampu menampilkan performa terbaik untuk menunjukkan bahwa mereka layak dipilih guna menduduki JPT Pratama di lingkungan Pemkab Kukar.

Tes baca Al Quran ini menjadi salah satu langkah inovatif Pemkab Kukar dalam mencari pemimpin yang tidak hanya kompeten secara profesional, namun juga memiliki mentalitas spiritual yang baik. Hal ini diharapkan dapat membawa perubahan positif bagi Kabupaten Kukar di masa depan. (ADV/Prokom Kukar)

Redaksi Republiknews.co.id menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: [email protected] atau Whatsapp +62 813-455-28646