0%
logo header
Rabu, 13 Juli 2022 21:34

Tingkatkan Kemampuan Pelayanan Ambulance, PMI Makassar Gandeng BPBD Gelar Bimtek

Asril Astian
Editor : Asril Astian
Tingkatkan Kemampuan Pelayanan Ambulance, PMI Makassar Gandeng BPBD Gelar Bimtek

REPUBLIKNEWS.CO.ID, MAKASSAR – Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Makassar bekerjasama BPBD Makassar, menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Layanan Ambulance, di Aula Markas PMI Makassar, Jalan Kandea, Rabu (13/07/2022).

Kegiatan tersebut berlangsung selama 5 hari dan diikuti puluhan peserta terdiri dari perwakilan Jasa Raharja, KSR, TSR PMI, BPBD Makassar dan 3 orang staf PMI Makassar.

Peserta akan mendapatkan materi dari instruktur ambulance PMI Malang, mas Heri dan mas Noval.

Baca Juga : Deng Ical Dipanggil Khusus JK di Kediaman Pribadi, Ini Instruksinya

Acara ini dibuka langsung Ketua PMI Makassar Syamsu Rizal MI, dan dihadiri Kepala Bagian Operasional Jasa Raharja Cabang Sulawesi Selatan Putu Donnie Y Lesmana dan Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Makassar Ahmad Ismunandar.

Dalam sambutannya, Ketua PMI Makassar Syamsu Rizal MI, mengaku jika pelayanan ambulance di Kota Makassar itu termasuk paling standar.

Menurutnya, standarnya itu karena kita yang mempersiapkan mobil, driver dan tim kesehatan. Padahal kualifikasinya banyak sekali dan itu mesti kita penuhi.

Baca Juga : Maju Caleg DPR RI, Deng Ical Perkenalkan Dokter Koboi Sebagai Ketua Tim di Hadapan Relawan

“Alhamdulillah tahun ini kita bersyukur karena teman teman punya kesempatan untuk belajar. Maka kita bertekad untuk memulai dengan kualifikasi teknis untuk kompetensi pelayanan ambulance,” ucap Deng Ical sapaanya.

Olehnya itu, dia berharap peserta yang sudah memiliki dasar dasar pelayanan ambulance bisa memenuhi kualifikasi teknis sehingga hak hak masyarakat bisa dilayani dengan baik.

“Jangan sampai beberapa bukti bukti dan administrasi terabaikan hanya karena kita tidak memahami prinsip dasar pelayanan ambulance terutama peraturan lalu lintas,” katanya.

Baca Juga : Nelayan di Galesong Utara Berharap Deng Ical Terpilih Untuk Perjuangkan Aspirasi

“Makanya kita mengajak jasa raharja bekerjasama agar kedepannya kita bisa mempunyai pengetahuan dasar untuk memastikan administrasi sesuai standar dan prosedur yang ditentukan,” lanjutnya.

Sementara Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Kota Makassar Ahmad Ismunandar, mengatakan pelatihan ini sangat penting untuk meningkatkan kemampuan pelayanan ambulance.

“Untuk itu, saya berharap kerjasama ini terus ditingkatkan agar menambah skill skill dari aparatur kita baik di BPBD dan PMI Makassar untuk melakukan pelayanan ambulance kepada masyarakat,” pungkasnya.

Baca Juga : Lewati Hutan yang Gelap, Deng Ical Tetap Hadiri Temu Sibat di Gowa

Ketua Panitia Abdul Gafur, mengatakan peserta yang mengikuti bimtek ini telah melalui proses pelatihan pertolongan pertama sebagai salah satu syaratnya.

“Jadi tidak semua relawan bisa ikut pada kegiatan bimtek ini, karena syaratnya itu harus memiliki sertifikat pelatihan pertolongan pertama,” kata Abdul Gafur, yang juga Sekertaris PMI Makassar. (*)

Penulis : Aswar (Staf PMI Kota Makassar)
Redaksi Republiknews.co.id menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: [email protected] atau Whatsapp +62 813-455-28646