0%
logo header
Selasa, 19 Desember 2023 15:12

Tingkatkan Kinerja, Diskomifo-SP Kabupaten Gowa Bersama Bagian Organisasi Latih Pengelola SP4N-LAPOR!

Chaerani
Editor : Chaerani
Kepala Diskominfo-SP Kabupaten Gowa Arifudin Saeni saat membuka Workshop Pembinaan Pengelolaan Pengaduan SP4N-LAPOR! Tahun 2023, di Hotel Grand Makassar, Selasa, (19/12/2023). (Dok. Humas Gowa)
Kepala Diskominfo-SP Kabupaten Gowa Arifudin Saeni saat membuka Workshop Pembinaan Pengelolaan Pengaduan SP4N-LAPOR! Tahun 2023, di Hotel Grand Makassar, Selasa, (19/12/2023). (Dok. Humas Gowa)

REPUBLIKNEWS.CO.ID, GOWA — Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian (Diskomifo-SP) Gowa menggandeng Bagian Organisasi Sekertariat Daerah Kabupaten Gowa melatih para pengelola layanan dan pengaduan SP4N LAPOR!.

Pelatihan ini digelar sebagai upaya dalam meningkatkan kinerja pengelola layanan, utamanya di era perkembangan teknologi saat ini. Dimana, kemampuan dan pengetahuan yang diperlukan oleh para pengelola layanan pemerintahan juga harus terus berkembang.

Kepala Diskominfo-SP Kabupaten Gowa Arifudin Saeni mengatakan, di tengah era keterbukaan informasi saat ini, masyarakat memiliki peran penting untuk menjadi fungsi kontrol terhadap pemerintah. Tujuannya, sebagai upaya mendorong penyelenggaraan pemerintahan yang transparan dan akuntabel, sehingga membatasi terjadinya penyalahgunaan kewenangan dalam pemerintahan.

Baca Juga : Lewat Proksi Rumah Produktif, Pemkab Gowa Dongkrak Pertumbuhan Ekonomi

“Workshop ini tidak sekadar acara rutin melainkan merupakan langkah nyata dalam peningkatan kapasitas pengelola SP4N-LAPOR! di Kabupaten Gowa,” katanya, saat membuka Workshop Pembinaan Pengelolaan Pengaduan SP4N-LAPOR! Tahun 2023, di Hotel Grand Makassar, Selasa, (19/12/2023).

Lanjutnya, peningkatan kapasitas ini bukan hanya mencari tugas pemerintah sebagai pelayan masyarakat, tetapi juga merupakan tanggung jawab moral untuk memberikan pelayanan publik yang lebih baik kepada warga.

“Kami menyadari betapa pentingnya internalisasi sistem pelayanan pengaduan dalam kerangka SP4N-LAPOR! ini. Dengan mendalaminya kita dapat memastikan bahwa setiap pengaduan masyarakat tidak hanya diterima tetapi juga ditanggapi dengan cepat dan efisien,” tegasnya.

Baca Juga : Hadirkan Layanan API, Indosat Komitmen Tingkatkan Keamanan dan Pengalaman Pelanggan

Menurut Arifudin, workshop ini menjadi momentum berharga bagi semua untuk memperkuat kolaborasi antara berbagai pihak terkait di wilayah Kabupaten Gowa.

“Kegiatan ini memberikan kesempatan untuk kita dapat membentuk pondasi yang kuat untuk mencapai tujuan bersama yaitu peningkatan kualitas pelayanan publik di Kabupaten Gowa,” katanya.

Sementara, Kepala Bidang Komunikasi Publik, Diskominfo-SP Kabupaten Gowa Dhyni Widyaswari Dwiputri mengatakan, kegiatan ini dilaksanakan untuk mendorong kolaborasi antara pemerintah daerah, lembaga terkait, dan masyarakat dalam meningkatkan kualitas pelayanan publik.

Baca Juga : Rumata’ ArtSpace Bersama Kemendikbudristek Gagas Bacarita Digital Bertema Pangan Lokal

Pada pelatihan tersebut melibatkan peserta dari seluruh admin SP4N-LAPOR! yang ada di Tingkat Kabupaten Gowa hingga kelurahan dan desa.

“Kegiatan ini juga untuk mengidentifikasi dan mengatasi hambatan atau tantangan dalam penanganan pengaduan SP4N-LAPOR! di Kabupaten Gowa,” katanya

Lanjutnya, kegiatan ini juga dilakukan sebagai rencana tindak lanjut dalam pengelolaan pengaduan di wilayah Kabupaten Gowa.

Redaksi Republiknews.co.id menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: [email protected] atau Whatsapp +62 813-455-28646