0%
logo header
Kamis, 09 Mei 2024 01:05

TMMD ke 120 Resmi Dibuka Wabup Saiful Arif di Desa Bonea Timur Selayar

M. Imran Syam
Editor : M. Imran Syam
TMMD ke 120 Resmi Dibuka Wabup Saiful Arif di Desa Bonea Timur Selayar

REPUBLIKNEWS.CO.ID, KEPULAUAN SELAYAR – TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 120 Tahun 2024, Kodim 1415 Selayar telah dibuka secara resmi oleh Wakil Bupati Kabupaten Kepulauan Selayar, H. Saiful Arif, SH di Desa Bonea Timur, Kecamatan Bontomanai, Rabu (08/05/2024).

TMMD 120 tahun ini mengangkat tema “Dharma Bakti TMMD mewujudkan percepatan pembangunan di wilayah”.

Pada upacara pembukaan TMMD itu dipimpin oleh irup Wakil Bupati, H. Saiful Arif, SH, dalam amanatnya mengatakan bahwa TMMD merupakan bentuk kemanunggalan TNI dan rakyat dalam bentuk operasi bhakti yang juga melibatkan Pemerintah Daerah. TMMD dilaksanakan setiap 2 tahun sekali dengan melibatkan personil TNI AD, AL, AU, Polri, Karang Taruna bersama masyarakat desa untuk membangun wilayah.

Baca Juga : Antusiasme Warga Membantu Satgas TMMD Kodim Selayar Bangunan RTLH

“Ada berbagai kegiatan yang menjadi sasaran dalam TMMD di Selayar tahun Ini antara lain, sasaran fisik dan sasaran non fisik serta sasaran tambahan,” terangnya.

Lebih lanjut Wabup Saiful Arif mengungkapkan beberapa alasan pemilihan sasaran fisik adalah akses jalan penghubung antar desa yang sulit, masyarakat kesulitan dalam pengangkutan hasil bumi, akses jalan menuju kota kecamatan akan lebih dekat dan terdapat saluran air yang memotong atau melewati akses jalan.

TMMD ke-120 ini merintis pembangunan dan perkerasan jalan sejauh 2,5 Kilometer dengan menggunakan anggaran Rp1,3 Miliar lebih dari Anggaran APBD Tahun 2024 Kabupaten Kepulauan Selayar.

Baca Juga : Kebakaran di Patori, Kapolres Selayar Imbau Warga dan PLN Antisipasi Instalasi Listrik Bermasalah

Selain pelebaran jalan tani, sejumlah infrastruktur fisik seperti pembangunan gorong-gorong, renovasi mushola, pembuatan sumur bor, renovasi rumah warga juga dilaksanakan.

Dandim 1415 Selayar Letkol Infantri Nanang Agung Wibowo menjelaskan, pembangunan non fisik seperti penyuluhan, sunatan massal, hingga penyuluhan di bidang kesehatan juga dilaksanakan.

“Pelaksanaan TMMD ke-120 ini dilaksanakan mulai 8 Mei hingga 6 Juni 2024. Harapannya dapat memberikan kemudahan kepada masyarakat mengakses perkotaan. Dimana pembangunan jalan memangkas jarak tempuh dan waktu untuk menuju kota Benteng,” ujarnya.

Baca Juga : Bina Solidaritas TNI dan Warga Gotong Royong Bersihkan Pasar Rakyat Lembang Bau

Dandim menambahkan, pembangunan jalan 2,5 Kilometer itu menjadi akses masyarakat di 3 desa untuk aktivitas perekonomian, pemerintahan dan lainnya.

“Selain untuk akses pertanian dan perkebunan, juga akses pendidikan. Karena memudahkan anak sekolah untuk menjangkau,” terangnya.

TMMD ke-120 ini dibuka oleh Wakil Bupati Kabupaten Kepulauan Selayar, H. Saiful Arif. Ia menyampaikan terima kasih kepada Dandim 1415 Selayar dan seluruh elemen yang terlibat pada kegiatan ini.

Baca Juga : Eks Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman Tiba di Selayar, Ini Rencana Kegiatannya

“Semoga pelaksanaan TMMD ini akan menjadi akses percepatan pembangunan dan memberikan akses yang lebih cepat, murah dan mudah terhadap objek wisata, perikanan serta pertanian dan perkebunan,” ungkap Wakil Bupati.

TMMD ke-120 Kepulauan Selayar juga membangun drainase sepanjang 1000 Meter dan pembuatan 3 unit sumur bor, Rehab RTLH, Pembuatan MCK, pembersihan selokan, serta penanaman Jabon. (*)

Penulis : Andi Rusman
Redaksi Republiknews.co.id menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: redaksi.republiknews1@gmail.com atau Whatsapp +62 813-455-28646