0%
logo header
Sabtu, 12 Maret 2022 09:34

TPU Khusus Keluarga Gorontalo akan Dibangun di Gowa

Arnas Amdas
Editor : Arnas Amdas
Wakil Bupati Gowa Abd Rauf bersama Gubernur Gorontalo Rusli Habibie melakukan peninjauan lahan pembangunan TPU Keluarga Gorontalo di Kecamatan Pattallassang, Jumat (11/03/2022). (Ist)
Wakil Bupati Gowa Abd Rauf bersama Gubernur Gorontalo Rusli Habibie melakukan peninjauan lahan pembangunan TPU Keluarga Gorontalo di Kecamatan Pattallassang, Jumat (11/03/2022). (Ist)

REPUBLIKNEWS.CO.ID, GOWA — Pemerintah Provinsi Gorontalo telah membebaskan lahan seluas 800 meter untuk pembangunan tempat pemakaman umum (TPU) bagi warga Gorontalo yang merantau atau bermukim di Sulawesi Selatan.

Lahan yang disiapkan berlokasi di Desa Paccellekang, Kecamatan Pattallassang, Kabupaten Gowa.

Wakil Bupati Gowa, Abd Rauf Malaganni berkesempatan menerima kunjungan Gubernur Gorontalo Rusli Habibie yang datang langsung untuk meninjau lokasi pembangunan TPU tersebut.

Baca Juga : Kunjungan Beautiful Malino Pengaruhi Pendapatan Ekonomi Masyarakat Lokal

“Pemilihan lokasi ini sudah sangat cocok karena Kabupaten Gowa memang merupakan daerah yang letaknya strategis karena dapat dijangkau oleh seluruh wilayah di Sulsel,” katanya, saat menerima kunjungan Gubernur Gorontalo, Jumat (11/03/2022).

Menurutnya, dengan adanya TPU yang dibangun ini, ke depannya akan sangat membantu masyarakat Gorontalo yang bermukim baik di Sulsel secara luas maupun di Kabupaten Gowa secara khusus. Apalagi lokasi tersebut sangat berdekatan dengan Kota Makassar, dan Kabupaten Maros.

“Sehingga jika ada warga Gorontalo yang keluarganya meninggal itu mereka tidak perlu lagi mengurus untuk dipulangkan ke Gorontalo. Cukup dimakamkan di TPU ini,” sebutnya.

Baca Juga : Ribuan Pelari Cross Country Nikmati Pesona Alam di Kota Malino

Menurut Abd. Rauf, sebagai bagian dari pemerintah, pihaknya memahami bagaimana kondisi kemasyarakatan yang diamati oleh Bapak Gubernur Gorontalo. Utamanya bagi warga perantau di Sulsel, yang juga harus mendapat perhatian oleh pemerintah.

Sementara, Gubernur Gorontalo Rusli Habibie mengatakan, selama masa kepemimpinannya yang sudah memasuki periode kedua ini, dirinya telah komitmen untuk memberikan perhatian penuh terhadap masyarakatnya. Terutama yang berada di luar wilayahnya atau yang menjadi perantau di wilayah lainnya.

“Sebelum jabatan gubernur yang kedua saya berakhir pada 12 Mei 2022 nanti saya secara rutin turun mengecek langsung program – program saya. Baik yang ada di luar, maupun di dalam Gorontalo. Termasuk lokasi TPU ini yang akan menjadi pemakaman orang Gorontalo yang dikelola oleh KKIG,” terangnya.

Baca Juga : Adnan dan KLA Project Berhasil Hipnotis Pengunjung Beautiful Malino

Sebelumnya, Pengurus Kerukunan Keluarga Indonesia Gorontalo (KKIG) Provinsi Sulsel telah melakukan audiens dengan Bupati Gowa terkait pembangunan TPU untuk warga Gorontalo yang berlokasi di Kabupaten Gowa.

“Saya berterima kasih kepada seluruh pihak yang telah mendukung kami, termasuk pihak yang telah memfasilitasi pengadaan lahan untuk tempat pemakaman keluarga Gorontalo ini,” ujar Rusli.

Di tahun ini juga, Pemerintah Provinsi Gorontalo juga akan memfasilitasi pengadaan mobil jenazah untuk proses mengantar hingga ke TPU tersebut. Mobil jenazah ini nantinya juga akan dikelola oleh KKIG Provinsi Sulsel di Makassar.

Penulis : Chaerani
Redaksi Republiknews.co.id menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: [email protected] atau Whatsapp +62 813-455-28646