0%
logo header
Senin, 20 Mei 2024 10:08

Upacara Harkitnas ke-116 di Kukar, Bupati Edi Gelorakan Semangat Kebangsaan

M. Imran Syam
Editor : M. Imran Syam
Bupati Kukar, Edi Damansyah, menjadi inspektur upacara Harkitnas tahun 2024, Senin (20/05/2024). (Istimewa)
Bupati Kukar, Edi Damansyah, menjadi inspektur upacara Harkitnas tahun 2024, Senin (20/05/2024). (Istimewa)

REPUBLIKNEWS.CO.ID, KUTAI KARTANEGARA — Semangat kebangsaan digelorakan dalam upacara Peringatan Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) ke-116 di Kabupaten Kutai Kartanegara. Bupati Edi Damansyah bertindak sebagai Inspektur Upacara di lapangan Kantor Bupati Kukar, Senin (20/05/2024) pagi.

Upacara dihadiri jajaran Forkopimda, ASN, TNI, POLRI, dan berbagai elemen masyarakat. Tema “Bangkit Untuk Indonesia Emas” menjadi fokus utama peringatan tahun ini.

Bupati Edi, dalam sambutannya yang membacakan amanat Menteri Komunikasi dan Informatika RI, Budi Arie Setiadi, menekankan pentingnya persatuan dan semangat kebangsaan dalam menghadapi berbagai tantangan pasca pesta demokrasi.

Baca Juga : Pemkab Kukar Perkuat SPIP Terintegrasi, Targetkan Maturitas Penilaian Maksimal

“Kita harus memelihara dan menguatkan jiwa nasionalisme sebagai landasan pembangunan dan mewujudkan Indonesia Emas,” ujar Bupati Edi.

Upacara berlangsung khidmat dengan pengibaran bendera Merah Putih, pembacaan teks Pancasila, dan mengheningkan cipta untuk mengenang jasa para pahlawan.

Selain upacara, peringatan Harkitnas di Kukar juga dimeriahkan dengan berbagai kegiatan lain, seperti lomba-lomba bernuansa kebangsaan, pameran sejarah, dan pertunjukan seni budaya. Kegiatan-kegiatan ini bertujuan untuk menanamkan nilai-nilai kebangsaan dan cinta tanah air kepada generasi muda.

Baca Juga : Atasi Defisit dengan Efisiensi Anggaran, Pemkab Kukar Fokus Ketahanan Pangan di APBD 2025

Ketua DPRD Kukar, Abdul Rasid, yang turut hadir dalam upacara, menyampaikan apresiasinya atas semangat kebangsaan yang ditunjukkan masyarakat Kukar dalam peringatan Harkitnas tahun ini.

“Semangat ini harus terus kita jaga dan pupuk untuk membangun Kukar yang lebih maju dan sejahtera,” ujar Abdul Rasyid.

Peringatan Harkitnas 2024 di Kukar menjadi momentum penting untuk memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa. Dengan semangat “Bangkit Untuk Indonesia Emas”, Kukar siap menghadapi berbagai tantangan dan berkontribusi dalam mewujudkan cita-cita bangsa. (ADV/Prokom Kukar)

Redaksi Republiknews.co.id menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: redaksi.republiknews1@gmail.com atau Whatsapp +62 813-455-28646