Wabup Soppeng Serahkan Ranperda Kepemudaan dan Penertiban Ternak

0

REPUBLIKNEWS.CO.ID, SOPPENG — Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Soppeng pada agenda penyampaian pendapat oleh Bupati Soppeng terhadap rancangan Perda inisiatif DPRD Soppeng tentang Kepemudaan dan Penertiban Ternak.

Selain itu, penjelasan sekaligus menyerahkan secara resmi Ranperda RPJMD Kabupaten Soppeng tahun 2021-2026 kepada Ketua DPRD Soppeng H.Syahruddin M Adam diruang Sidang Gedung DPRD Kabupaten Soppeng, Selasa (08/06/2021).

Pada sambutan Bupati Soppeng yang dibacakan oleh Wakil Bupati Soppeng Lutfi Halide mengatakan, bahwa Ranperda tentang Kepemudaan dan Penertiban Ternak merupakan tindak lanjut program pembentukan Peraturan Daerah (Propemperda) Kabupaten Soppeng tahun 2021.

Disebutkan, penyusunan 2 (dua) Ranperda inisiatif DPRD dan 1 (satu) Ranperda dari Pemerintah Daerah pada masa sidang DPRD Kabupaten Soppeng tahun 2021 yang dimaksudkan sebagai upaya Pemda dan DPRD dalam menghadirkan payung Hukum dalam pemberian pelayanan kemasyarakatan dan pelayanan publik, sekaligus sebagai wujud ketaatan Pemda dan DPRD dalam melaksanakan ketentuan Peraturan Perundang-Undangan yang lebih tinggi.

Lanjut Wabup Soppeng membeberkan bahwa tanggapan Pemda terhadap 2 Ranperda tersebut yaitu Kedudukan Pemuda sangat menentukan bagi kelangsungan hidup Bangsa sehingga perlu dibina dan dikembangkan.

“Keberhasilan Pembangunan Pemuda sebagai SDM yang berkualitas dan berdaya saing merupakan kunci untuk membuka peluang bagi keberhasilan diberbagai sektor Pembangunan,” ungkap Wabup Lutfi Halide.

Sedangkan Ranperda tentang penertiban Ternak yaitu perlindungan Hewan ternak merupakan amanat Pasal 33 ayat (3) UUD Negara Republik Indonesia tahun 1945.

“Adanya RPJMD diharapkan dapat mengakselerasi Pembangunan yang bermanfaat untuk masyarakat khususnya dalam menghadapi situasi Pandemi Covid-19 sekarang ini,” kata Lutfi Halide.

Diakhir sambutannya, Wakil Bupati Soppeng menyampaikan bahwa RPJMD yang diserahkan telah melalui proses dan tahapan yang cukup panjang, dengan harapan agar diperoleh Dokumen Pencanaan yang bukan hanya Berorientasi pada proses akan tetapi memuat Subtansi Materi yang dapat dipertanggung jawabkan. (Yusuf)

Tinggalkan Balasan