0%
logo header
Rabu, 15 Mei 2024 18:17

Warga di Kecamatan Diberikan Edukasi Pemanfaatan Kanal Pengaduan SP4N LAPOR!

Chaerani
Editor : Chaerani
Warga di kecamatan hingga jajaran pegawai Pemkab Gowa mengikuti Pelatihan Sahabat Lapor, di Ruang Rapat Kantor Bappeda Kabupaten Gowa, kemarin. (Dok. Humas Gowa)
Warga di kecamatan hingga jajaran pegawai Pemkab Gowa mengikuti Pelatihan Sahabat Lapor, di Ruang Rapat Kantor Bappeda Kabupaten Gowa, kemarin. (Dok. Humas Gowa)

REPUBLIKNEWS.CO.ID, GOWA — Sejumlah perwakilan dari masyarakat di tingkat kecamatan mengikuti Pelatihan Sahabat LAPOR!. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pemanfaatan aplikasi Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional (SP4N) – Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (LAPOR!).

Kegiatan ini dilaksanakan Pemerintah Kabupaten Gowa bekerjasama dengan USAID ERAT. Pada pertemuan tersebut melibatkan peserta sebanyak 87 orang yang terbagi di hari pertama 32 peserta, dan di hari kedua 52 peserta. Di mana terdiri dari Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kabupaten Gowa, Bagian Organisasi Setda Kabupaten Gowa, Dinas Komunikasi dan Informatika, Stantistik dan Persandian (Diskominfo-SP) Kabupaten Gowa, dan Sahabat Lapor 18 Kecamatan.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Gowa Sujjadan mengatakan, meningkatkan pemanfaatan aplikasi SP4N LAPOR! oleh masyarakat bukanlah sekedar sebuah platform. Tetapi sebuah inovasi yang telah melangkah lebih jauh untuk memperkuat keterlibatan masyarakat dalam memajukan Kabupaten Gowa menuju arah yang lebih baik.

Baca Juga : Demi Gaya Hidup Sehat, Herbathos Kenalkan Produk Herbal di Acara F8 Makassar

“Pelatihan Sahabat LAPOR! ini menjadi bukti konkret dari komitmen kita bersama untuk melibatkan masyarakat dalam proses pembangunan. Melalui pelatihan ini kita tidak hanya memberikan keterampilan teknis kepada peserta, tetapi juga menanamkan semangat kolaborasi, partisipasi, dan tanggung jawab bersama dalam menjaga keberhasilan dan keberlanjutan inovasi ini,” katanya, di sela-sela kagiatan, kemarin.

Sujjadan menyebut, Sahabat LAPOR! merupakan ujung tombak dari perubahan yang ingin dicapai bersama. Menurutnya, dengan pengetahuan dan keterampilan yang diperoleh dalam pola latihan, pihaknya yakin Sahabat LAPOR! akan menjadi agen perubahan yang efektif, dalam peningkatan pelayanan publik di Kabupaten Gowa.

Selain itu, Sahabat LAPOR! adalah garda terdepan dalam menyebarkan informasi, memfasilitasi partisipasi masyarakat dalam mengawal pelaksanaan pelayanan publik yang merata dan inklusif di Kabupaten Gowa.

Baca Juga : Pemkab Gowa Susun SOP Layanan Pencegahan Perkawinan Anak

“Karena ini merupakan inovasi yang memberdayakan pemuda milenial sebagai agen LAPOR! di setiap kecamatan yang menghubungkan kepentingan pemerintah, dan masyarakat dalam pengelolaan pengaduan pelayanan publik,” jelasnya.

Ia berharap, pelatihan ini akan bermanfaat bagi seluruh pihak, khususnya akan meningkatkan kapasitas Sahabat LAPOR! dalam menggunakan dan memanfaatkan platform SP4N LAPOR! dengan lebih efektif. Serta, akan memperoleh pengetahuan dan keterampilan baru yang dapat diterapkan dalam memfasilitasi partisipasi masyarakat dalam pelaporan dan penyelesaian masalah di tingkat lokal.

Dengan adanya Sahabat LAPOR! yang terlatih diharapkan akan terjadi peningkatan partisipasi masyarakat dalam melaporkan berbagai permasalahan yang terjadi di sekitar mereka.

Baca Juga : Bawaslu Sulsel Temukan Puluhan Dugaan Pelanggaran Netralitas ASN, Pinrang Terbanyak

“Hal ini akan memungkinkan bagi pemerintah daerah untuk lebih responsif terhadap kebutuhan dan aspirasi masyarakat dengan adanya pelaporan yang lebih cepat dan akurat yang akan meningkatkan kualitas pelayanan publik dan mempercepat proses pembangunan di Kabupaten Gowa,” harap Sujjadan.

Sementara, Laporan Panitia yang juga Kepala Bidang komunikasi Publik Dinas KominfoSP Kabupaten Gowa Dhyni Widyaswari Dwiputri mengatakan, kegiatan ini bertujuan meningkatkan pemahaman Sahabat LAPOR! mengenai pengelolaan pengaduan dan relevansinya dengan peningkatan kualitas pelayanan publik, termasuk standar pelayanan dan implementasinya.

“Termasuk meningkatkan keterampilan menggunakan aplikasi SP4N LAPOR!, membangun komitmen bersama antara Sahabat Lapor dengan jajaran Pemerintah Kabupaten Gowa, Pemerintah Kecamatan serta SKPD Terkait yang merupakan penanggungjawab Pengelola SP4N-LAPOR!, serta merumuskan target kinerja Sahabat LAPOR!,” ungkapnya singkat.

Redaksi Republiknews.co.id menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: [email protected] atau Whatsapp +62 813-455-28646