0%
logo header
Kamis, 04 Juli 2024 03:27

170 Mahasiswa Unhas KKN di Gowa, Karim Dania: Jadi Agen Perubahan di Masyarakat

Chaerani
Editor : Chaerani
Pj Sekretaris Daerah Kabupaten Gowa Abdul Karim Dania saat menerima Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKNT) Infrastruktur Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Gelombang 112 Unhas, di Baruga Karaeng Galesong, Kantor Bupati Gowa, kemarin. (Dok. Humas Gowa)
Pj Sekretaris Daerah Kabupaten Gowa Abdul Karim Dania saat menerima Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKNT) Infrastruktur Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Gelombang 112 Unhas, di Baruga Karaeng Galesong, Kantor Bupati Gowa, kemarin. (Dok. Humas Gowa)

REPUBLIKNEWS.CO.ID, GOWA — Sebanyak 170 mahasiswa Universitas Hasanuddin (Unhas) akan melakukan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Kabupaten Gowa.

Pj Sekretaris Daerah Kabupaten Gowa Abdul Karim Dania mengatakan, mahasiswa yang akan terjun ke masyarakat diharapkan bisa menjadi agen perubahan. Di mana akan memberikan kontribusi nyata bagi pembangunan dan kesejahteraan masyarakat di daerah.

“Kehadiran teman-teman mahasiswa disini bukan hanya sekedar untuk memenuhi kewajiban akademis, tetapi sebagai agen perubahan. Kami berharap kalian dapat menjalankan tugas dengan penuh dedikasi, semangat, dan rasa tanggung jawab,” katanya, saat menerima Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKNT) Infrastruktur Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Gelombang 112 Unhas, di Baruga Karaeng Galesong, Kantor Bupati Gowa, kemarin.

Baca Juga : 67.827 Anak di Kabupaten Gowa Wajib Imunisasi Polio

Menurutnya, Kabupaten Gowa memiliki berbagai potensi yang dapat dikembangkan. Seperti sektor pertanian dan perkebunan, serta pariwisata yang masih perlu dieksplorasi lebih dalam.

“Dengan adanya program KKN terapan ini dapat mengimplementasikan pengetahuan, keterampilan dan teknologi yang dimiliki mahasiswa KKN dalam kehidupan sehari-hari. Apalagi saat ini ilmu pengetahuan teknologi memegang peran penting dalam berbagai aspek kehidupan,” tegas Karim.

Selain itu, pihaknya juga berharap Mahasiswa KKN dapat berbaur dengan masyarakat dan memahami kultur, serta nilai-nilai lokal, mengidentifikasi masalah-masalah yang ada di masyarakat dan mencari solusi yang inovatif.

Baca Juga : Uji Kelayakan di PKS, IAS Singgung soal Isu Kotak Kosong dan Dampaknya untuk Sulsel

“Berikanlah edukasi dan sosialisasi mengenai pentingnya pengembangan potensi lokal dan berkolaborasi dengan pemerintah daerah dan pihak terkait lainnya untuk merancang dan pastikan program-programnya bermanfaat,” harapnya.

Sementara, Dosen Pendamping Mahasiswa KKN Tematik Unhas Abdul Rachman Rasyid mengatakan, mahasiswa KKN kali ini sebanyak 170 mahasiswa. Mereka terdiri dari KKNT Inovasi Tekhnologi Tepat Guna sebanyak 63 orang, Mahasiswa KKNT Kementrian PUPR 77 orang, dan KKNT KPU Gowa sebanyak 10 orang.

“Mereka in akan disebar di Kecamatan Tombolopao dan Kecamatan Somba Opu. KKNT Gelombang 112 ini akan didampingi dosen pendamping sebanyak enam orang,” sebutnya.

Baca Juga : Adnan-Kio Resmikan Sierra Sky View di Malino, Ribuan Wisatawan Telah Berkunjung

Ia pun meminta para mahasiswa KKN Unhas untuk bisa melahirkan program-program yang bisa memberikan perubahan yang lebih baik di masa yang akan datang bagi Kabupaten Gowa. Termasuk meminta para pendamping untuk menjadi mentor yang baik, sehingga program yang nantinya akan dilaksanakan bisa berjalan dengan baik.

“Jadikanlah momentum ini untuk mengambil peran selaku masyarakat, dengan berbagai disiplin ilmu kita bisa berkontribusi di lapangan dan berinteraksi dengan masyarakat,” ujarnya.

Redaksi Republiknews.co.id menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: [email protected] atau Whatsapp +62 813-455-28646