0%
logo header
Rabu, 19 Januari 2022 13:56

2022, Peran PMI Sulsel Didorong untuk Tingkatkan Target Stok Darah

Ketua PMI Sulawesi Selatan Adnan Purichta Ichsan, memimpin pertemuan dengan pengurus di Markas PMI Sulsel. (Istimewa)
Ketua PMI Sulawesi Selatan Adnan Purichta Ichsan, memimpin pertemuan dengan pengurus di Markas PMI Sulsel. (Istimewa)

REPUBLIKNEWS.CO.ID, MAKASSAR — Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Provinsi Sulawesi Selatan, Adnan Purichta Ichsan mendorong peran Unit Donor Darah (UDD) PMI Sulsel dalam rangka meningkatkan kebutuhan darah untuk masyarakat.

Olehnya dirinya menargetkan dapat memperoleh 20.000 kantong darah sepanjang 2022 ini.

“Peran UDD kita terus dorong dengan harapan dapat memberikan kontribusi dan membiayai kegiatan-kegiatan PMI Sulawesi Selatan,” kata Adnan, Selasa (18/01/2022) kemarin.

Baca Juga : Bupati Gowa Harap Alat-alat Kesehatan di RSUD Syekh Yusuf Lengkap

Ia berharap, UDD ini juga menjadi supporting system bagi PMI Sulsel. Apalagi menurut orang nomor satu di Gowa ini, kondisi ini seiring dengan penurunan dana hibah dari pemerintah provinsi.

“Untuk mencapai target 20.000 kantong darah ini, kita harus memiliki perencanaan yang matang sehingga UDD kita bisa menjadi supporting system untuk kegiatan-kegiatan kita di PMI,” harapnya.

Adnan menegaskan, untuk memaksimalkan target tersebut, pihaknya meminta UDD PMI Sulsel menargetkan sekitar 2.000 kantong darah perbulan, termasuk mencari sasaran pendonor baru. Tak hanya itu dirinya akan memberikan reward atau penghargaan jika target 20.000 kantong darah ini bisa dicapai.

Baca Juga : ASN Pemkab Gowa Diminta Siap Hadapi Era Digitalisasi

“Mobil unit yang ada di Kabupaten Gowa bisa direplikasi di kabupaten dan kota lainnya di Sulawesi Selatan. Untuk meningkatkan target perolehan darah kita di PMI Sulsel,” harapnya.

Sementara, Direktur UDD PMI Sulsel Miranti Paturusi meminta dukungan dari seluruh pengurus PMI Sulsel agar apa yang ditargetkan bisa tercapai.

Ia menyebutkan, untuk saat ini perolehan donor darah di UDD PMI Sulsel di 2021 sebanyak 10.329 kantong darah.

Baca Juga : Adnan Harap Program Orari Sulsel Bersinergi Dengan Pemerintah

“Progres dari pada capaian pelayanan di UDD kita sangat menggembirakan dan sudah tembus sesuai target kita. Ini kita sudah masuk di tahun ketiga,” katanya.

Selain fokus pada peningkatan perolehan donor darah, di 2022 ini dirinya juga akan fokus melakukan akreditasi pelayanan darah. Dirinya berharap UDD PMI Sulsel bisa terakreditasi.

“Apalagi nanti rumah sakit standarnya dalam penggunaan darah adalah distribusinya dari UDD yang sudah terakreditasi,” tambahnya.

Redaksi Republiknews.co.id menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: [email protected] atau Whatsapp +62 813-455-28646