0%
logo header
Selasa, 21 November 2023 09:25

3 ASN Kanwil Kemenkumham Sulsel Ikuti Penilaian Kompetensi Jabatan Analis KI

Chaerani
Editor : Chaerani
Tiga ASN Kanwil Kemenkumham Sulsel saat mengikuti Penilaian Kompetensi Bagi Jabatan Analis KI, di Ruang Perpusatkaan Kanwil Kemenkumham Sulsel, kemarin. (Dok. Humas Kanwil Kemenkumham Sulsel)
Tiga ASN Kanwil Kemenkumham Sulsel saat mengikuti Penilaian Kompetensi Bagi Jabatan Analis KI, di Ruang Perpusatkaan Kanwil Kemenkumham Sulsel, kemarin. (Dok. Humas Kanwil Kemenkumham Sulsel)

REPUBLIKNEWS.CO.ID, MAKASSAR — Sebanyak tiga Aparatur Sipil Negara (ASN) lingkup Kanwil Kemenkumham Sulsel mengikuti Penilaian Kompetensi Bagi Jabatan Analis Kekayaan Intelektual (KI), Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (DJKI) Tahun 2023.

Berlangsung secara daring, penilaian kompetensi dilaksanakan di Ruang Perpusatkaan Kanwil Kemenkumham Sulsel.

Adapun tiga peserta tersebut yakni Pengolah Data Inventarisasi dan Dokumentasi Hak Cipta dan Desain Industri Johan Komala Siswoyo, Penyusun Laporan dan Hasil Evaluasi Andi Nurfajri Riandini Arief, dan Pengolah Data Klasifikasi Kelas Barang Zulhastanto.

Baca Juga : Srikandi PLN Beri Bantuan Pengembangan Usaha ke Kelompok Difabel di Makassar

Kepala Biro Kepegawaian Setjen Supartono berharap, pelaksanaan penilaian kompetensi ini dapat berjalan dengan maksimal agar seluruh peserta calon analis KI ini nantinya dapat mengisi formasi sesuai kebutuhan yang diusulkan oleh DJKI.

“Nantinya, Biro Kepegawaian Setjen akan merealisasikan usulan-usulan yang diusulkan oleh DJKI,” katanya dalam pembukaan, kemarin.

Sementara, Sekretaris Sekretariat DJKI Sucipto mengatakan, alih jabatan adalah bagian dari proses jenjang karir berdasarkan ketentuan perundang-undangan yang berlaku. Dalam kesempatan ini juga, dirinya berharap pelaksanaan penilaian kompetensi ini dapat menghasilkan tenaga analis KI yang dapat menerapkan tata nilai Profesional Akuntabel Sinergi Transparan dan Inovatif (PASTI).

Baca Juga : ASN Pemkab Gowa Dilatih Kuasai Publik Speaking

“Saya harap, tata nilai PASTI tidak hanya sebatas jargon saja, tetapi harus dapat diterapkan dan ada bukti nyata di lapangan,” jelas Sucipto.

Sucipto berharap pelaksanaan penilaian kompetensi ini dapat berjalan lancar dengan tetap mengedepankan tertib adminstrasi, tertib substansi, dan tertib hukum.

“Mudan-mudahan, bapak dan ibu dapat lulus ujian ini,” harapya.

Baca Juga : APBD Gowa 2024 Rp2 Triliun Resmi Disahkan

Adapun Koordinator Penyelenggaraan Kegiatan Penilaian Kompetensi Analis KI, Yeti Andriani dalam laporannya mengatakan, peserta calon analis KI yang mengikuti penilaian kompetensi ini sebanyak 203 orang. Mereka terdiri dari Calon Analis KI Ahli Madya 27 orang, Calon Analis KI Ahli Muda 85 orang, dan Calon Analis KI Ahli Pertama 91 orang. Para peserta pun berasal dari Unit Kerja DJKI dan Kantor WIlayah.

“Penilaian kompetensi ini juga turut melibatkan 18 orang yang berada pada Tim Asesor dan Psikolog dari Pusat Penilaian Kompetensi (Puspenkom) Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Hukum dan HAM,” tambah Yeti.

Terpisah, Kakanwil Kemenkumham Sulsel Liberti Sitinjak menyampaikan dukungannya terhadap pelaksanaan penilaian kompetensi ini. Menurutnya, penilaian kompetensi ini adalah bagian proses dalam mengukur pengetahuan, keterampilan, dan sikap kinerja Analis KI dalam rangka memenuhi syarat kenaikan jenjang jabatan setingkat lebih tinggi.

Baca Juga : Kanwil Kemenkumham Sulsel Massif Sosialisasikan Tahun Tematik Indikasi Geografis

“Penilaian kompetensi ini merupakan bagian dari manajemen talenta untuk mendapatkan pegawai yang berkualitas yang sesuai dengan kompetensi dan potensi ASN. Hasil penilaian kompetensi ini sebagai dasar pertimbangan promosi dan mutasi,” ujar Liberti.

Liberti berharap, peserta yang berasal dari Kanwil Kemenkumham Sulsel dapat mengeluarkan kemampuan terbaiknya dan memiliki keyakinan untuk dapat lulus penilaian kompetensi tersebut.

Penilaian kompetensi ini turut dihadiri oleh Kepala Bidang Pelayanan Hukum Mohammad Yani, Kepala Subbagian Kepegawaian dan Rumah Tangga Andi Rahmat, Kepala Subbagian Humas RB dan TI Meydi Zulqadri, dan jajaran pada Subbagian Kepegawaian dan Rumah Tangga Kanwil Kemenkumham Sulsel.

Redaksi Republiknews.co.id menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: [email protected] atau Whatsapp +62 813-455-28646