0%
logo header
Sabtu, 13 Januari 2024 09:00

Andi Amar Siapkan Inovasi Teknologi, Cara Tumbuhkan Minat Generasi Milenial Untuk Bertani

Rizal
Editor : Rizal
Caleg DPR RI dari Partai Gerindra, Andi Amar Ma'ruf Sulaiman saat menyapa para petani di Kabupaten Bone belum lama ini. (Foto: Istimewa)
Caleg DPR RI dari Partai Gerindra, Andi Amar Ma'ruf Sulaiman saat menyapa para petani di Kabupaten Bone belum lama ini. (Foto: Istimewa)

REPUBLIKNEWS.CO.ID, MAKASSAR – Calon anggota legislatif (caleg) DPR RI dari Partai Gerindra Dapil Sulsel II, Andi Amar Ma’ruf Sulaiman membidik generasi milenial atau Gen Z dalam sosialisasinya menuju Pileg 2024 mendatang.

Hal ini bukan tanpa alasan. Dari data Daftar Pemilih Tetap (DPT) yang dikeluarkan oleh KPU Sulawesi Selatan, generasi muda atau generasi milenial dan Gen Z mendominasi jumlah pemilih. Gabungan kedua generasi muda tersebut tercatat 2.433.072 pemilih atau sebesar 51,46 persen.

“Bayangkan apa yang akan terjadi jika komunikasi antara generasi muda dan generasi sebelumnya tidak berjalan dengan mulus. Padahal saat ini populasi generasi muda begitu besar. Akan seperti apa dampak terhadap kebijakan yang diambil jika tidak dapat memenuhi aspirasi generasi dengan jumlah terbesar itu,” kata Andi Amar, Kamis (11/1/2024).

Baca Juga : Gandeng Media, Bawaslu Sulsel Perkuat Kinerja Kehumasan Jelang Pilkada Serentak 2024

Di satu sisi Andi Amar memahami bahwa pertanian, perikanan dan kelautan merupakan sumber pendapatan utama Sulawesi Selatan. Menurutnya generasi muda juga memiliki aspirasi terhadap kemajuan pertanian. Hanya saja generasi muda memiliki perspektif sendiri dalam memajukan pertanian

Pertanian di Sulawesi Selatan yang sebagian besar masih konvensional dan tradisional belum mampu berhadapan dengan zaman serba digital yang dialami generasi muda saat ini. Hal itu yang kemudian membuat ketertarikan generasi muda terhadap pertanian menjadi berkurang.

“Padahal, jika kita menerapkan teknologi yang lebih maju pada bidang pertanian dan dibarengi dengan dibuka akses informasi tentang potensi ekonomi yang besar di bidang pertanian, saya yakin generasi muda akan mau terlibat lebih jauh, tidak hanya sekadar jadi penonton,” tambah Andi Amar.

Baca Juga : Surya Paloh Imbau Kader NasDem Solid Menangkan Duet ASS-Fatma di Pilgub Sulsel 2024

Ia juga menyadari dirinya dipandang sebelah mata oleh politisi-politisi senior karena menganggapnya masih muda dan dianggap memiliki privilege karena merupakan putra dari Menteri Pertanian RI, Andi Amran Sulaiman.

“Saya tahu, banyak yang menganggap saya maju menjadi wakil rakyat semata-mata karena difasilitasi keluarga saya. Saya tidak mau ambil pusing terhadap tudingan itu. Saya bersyukur memiliki privilege dan fasilitas, karena hal itu membantu saya dalam menyerap aspirasi masyarakat dengan lebih cepat,” tegas Andi Amar.

“Saya berusaha mengarahkan fasilitas yang saya maupun keluarga saya miliki demi kepentingan masyarakat. Dan Insyaallah, fasilitas yang saya dan keluarga saya miliki dapat mencegah kami dari niat korupsi, dari niat mencuri dan mendzolimi hak masyarakat,” tambahnya.

Baca Juga : Lewat CSR Penanaman Mangrove di Berbagai Daerah, Yamaha Indonesia Upayakan Reduksi Emisi Karbon

Oleh karena itu, Andi Amar kembali menegaskan keseriusannya menjadi anak muda yang dapat mewakili Sulawesi Selatan.

“Motivasi saya untuk menjadi anggota DPR bukan semata karena gengsi, haus pujian atau demi kekayaan, melainkan karena saya ingin mengajak generasi muda yang merupakan generasi dengan populasi terbesar untuk terlibat dalam membangun Sulawesi Selatan,” demikian Andi Amar. (*)

Redaksi Republiknews.co.id menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: [email protected] atau Whatsapp +62 813-455-28646