0%
logo header
Rabu, 20 September 2023 06:21

Berkunjung ke Kanwil Kemenkumham Sulsel, Puluhan Peserta PKP Angkatan III Perkuat Silaturahmi

Chaerani
Editor : Chaerani
Pejabat Kanwil Kemenkumham Sulsel saat menerima puluhan peserta PKP Angkatan Ke-III, di Aula Bhinneka Tunggal Ika Kanwil Kemenkumham Sulsel, kemarin. (Dok. Humas Kanwil Kemenkumham Sulsel)
Pejabat Kanwil Kemenkumham Sulsel saat menerima puluhan peserta PKP Angkatan Ke-III, di Aula Bhinneka Tunggal Ika Kanwil Kemenkumham Sulsel, kemarin. (Dok. Humas Kanwil Kemenkumham Sulsel)

REPUBLIKNEWS.CO.ID, MAKASSAR — Puluhan peserta Pelatihan Kepemimpinan Pengawas (PKP) Angkatan III Tahun 2023 melakukan kunjungan ke Kanwil Kemenkumham Sulsel.

Peserta yang berjumlah sekitar 40 orang itu berasal dari Pusat Pelatihan dan Pengembangan dan Kajian Desentralisasi dan Otonomi Daerah, Kemenkumham RI, serta jajaran Widyaiswara dari Lembaga Administrasi Negara Republik Indonesia (LAN RI).

Kunjungan mereka pun diterima langsung Kepala Bidang Pembinaan, Bimbingan, dan Teknologi Informasi Rahnianto, dan Kepala Subbagian Kepegawaian dan Rumah Tangga Andi Rahmat, di Aula Bhinneka Tunggal Ika Kanwil Kemenkumham Sulsel.

Baca Juga : Toyota Expo by Kalla di TSM Makassar, Pengunjung Bisa Nikmati Penawaran Terbaik

Rahnianto dalam pertemuan tersebut menyampaikan terima kasih kepada para peserta yang telah berkunjung dalam rangka silaturahmi.

“Kami mengapresiasi kepada para peserta yang telah selesai melakukan studi lapangan ke sejumlah Unit Pelaksana Teknis (UPT) di Makassar,” katanya dalam pertemuan, kemarin.

Dengan selesainya studi lapangan, Rahnianto kembali mengingatkan bahwa para peserta masih harus mengerjakan tugas selanjutnya, yaitu Penyusunan Aksi Perubahan.

Baca Juga : Beautiful Malino 2024 Angkat Tema Harmoni, Konsep Kegiatan Lebih Spesial

“Bapak dan Ibu nanti akan menyusun Rencana Aksi Perubahan. Penyusunan ini tentu menggunakan data dukung yang sebelumnya diperoleh dari studi lapangan selama di Makassar,” kata Rahnianto menyampaikan amanat Kakanwil Kemenkumham Sulsel Liberti Sitinjak.

Menurutnya, program PKP ini sejalan dengan program Kemenkumham. Diantaranya, program PKP untuk pejabat setingkat Eselon IV dan program Pelatihan Kepemimpinan Administrator (PKA) untuk pejabat setingkat Eselon III.

“Program Kemenkumham tersebut diberikan kepada peserta dalam rangka menjawab tuntutan atas kebutuhan organisasi. Sekaligus meningkatkan kemampuan masing-masing peserta untuk nantinya dapat diimplementasikan di unit kerja masing-masing peserta,” terangnya.

Baca Juga : OJK: Periode April Realisasi Kredit UMKM di Sulsel Tumbuh 8,88 Persen

Ia berharap, agar seluruh peserta tidak hanya meningkatkan kemampuan melalui diklat PKP saja. Melainkan dapat mengikuti pendidikan dan pelatihan (diklat) yang diselenggarakan oleh kantor wilayah maupun Unit Eselon I berupa konsultasi teknis (kostek), bimbingan teknis (bimtek), dan lainnya.

“Semangat menyelesaikan proses diklat. Mudah-mudahan di antara bapak dan ibu, ada yang menjadi peserta terbaik. Intinya bisa selesaikan diklat ini dengan hasil yang terbaik.” pesan Rahnianto.

Sementara itu, Widyaiswara Ahli Madya LAN RI M. Harry Rahmadi menyampaikan, pihaknya beserta para peserta menyambangi Kanwil Kemenkumham Sulsel dalam rangka mempelajari beberapa hal yang ada. Sekaligus berpamitan sebelum peserta kembali ke unit kerjanya masing-masing.

Baca Juga : Srikandi PLN Ajak Siswa SMK Kartika XX-1 Makassar Antisipasi Bahaya Kelistrikan

Ia mengungkapkan, lokus peserta PKP Angkatan Ke-III ini berbeda dengan lokus peserta PKP pada angkatan sebelumnya. Dimana lokus pada angkatan selain terdiri dari jajaran Kemenkumham, juga terdapat instansi pemerintah lainnya.

Mulai dari, Dinas Sosial Kota Makassar, Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Makassar, Bagian Hukum Sekretariat Daerah Kota Makassar, serta Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Makassar.

“Melalui kunjungan ini semoga dapat membuka khasanah wawasan dari para peserta untuk dapat menciptakan pelayanan publik yang lebih baik di unit kerjanya masing-masing,” harap Harry.

Redaksi Republiknews.co.id menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: redaksi.republiknews1@gmail.com atau Whatsapp +62 813-455-28646