0%
logo header
Senin, 13 Mei 2024 20:41

Berkunjung ke Muna, Presiden Jokowi Perintahkan Bulog Beli Jagung Petani

M. Imran Syam
Editor : M. Imran Syam
Presiden Jokowi disambut dengan tarian adat Muna saat tiba di Raha, Senin (13/05/2024). (Foto: Rustam / Republiknews.co.id)
Presiden Jokowi disambut dengan tarian adat Muna saat tiba di Raha, Senin (13/05/2024). (Foto: Rustam / Republiknews.co.id)

REPUBLIKNEWS.CO.ID, MUNA —
Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) melakukan Kunjungan Kerja (Kunker) di Kabupaten Muna, Sulawesi Tenggara (Sultra), Senin (13/5/2024).

Presiden Jokowi mendarat di Lapangan Alun-Alun Kota Raha, menggunakan Helikopter kepresidenan sekitar Pukul pukul 09.00 Wita.

Selain Presiden Jokowi, Menteri Sekretaris Negara (Mesesneg), Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Menteri Kesehatan, Wakil Ketua Komis V DPR RI Ridwan Bae dan Panglima TNI juga turut serta dalam kunjungan di Muna.

Baca Juga : Plt Bupati Muna Kembali Mutasi Eselon III dan IV: Berikut Nama-Namanya

Kedatangan orang nomor satu di Indonesia ini disambut langsung Plt Bupati Muna Bachrun Labuta, Sekda Muna, Dandim 1416/Muna, Kapolres Muna, seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Camat, Kepala Desa dan sebagainya masyarakat Muna.

Pantuan Republiknews.co.id, Presiden Jokowi mengawali kunjungannya di RS dr LM Baharuddin. Di perjalanan, Jokowi menyapa masyarakat dan pelajar, sambil membagikan kaos. Setelah dari RS, Jokowi menuju ke Pasar Sentral Raha Laino dan Bulog.

Setelah dari Pasar Sentral Raha Laino, Presiden Jokowi tiba di Bulog sekira pukul 11.50 Wita langsung mengecek ketersediaan beras dan membagikan beras ukuran 10 Kg pada 500 keluarga penerima manfaat (KPM).

Baca Juga : Plt Bupati Muna Lantik 31 Pejabat Eselon II

Dalam sambutannya Jokowi mengatakan, bantuan beras 10 Kg akan disalurkan hingga Juni mendatang. Namun, apabila APBN cukup, diupayakan hingga Desember mendatang.

Jokowi juga memberikan perhatian serius pada jagung yang sejalan dengan program Plt Bupati Muna, Bachrun Labuta. Ia memerintahkan Bulog untuk membeli semua jagung milik petani di Muna.

Di tempat yang sama Dirut Perum Bulog, Bayu Krinamurti menerangkan, ketersediaan stok beras di Sulawesi Tenggara, khususnya di Muna dan Muna Barat aman.

Baca Juga : Pemkab Muna Raih WTP Delapan Kali Berturut-turut

Soal jagung, ia telah membahasnya bersama Plt Bupati Muna, Bachrun Labuta. Dimana Bulog akan membeli jagung seharga Rp 5.000 perKg dengan kadar air maksimun 15 persen.

“Kita sudah bahas bersama Pemda. Intinya, jaga mutu dan kualitas jagung,”jelasnya.

Sementara itu, Plt Bupati Muna, Bachrun Labuta sangat senang dengan kebijakan Presiden Jokowi. Menurutnya, programnya dalam pengembangan jagung sejalan dengan Presiden Jokowi.

Baca Juga : 33 SMP dan MTs Ikut di Muna OSN Berbasis ANBK

Untuk itu, Bachrun meminta kepada masyarakat Muna bersama-sama menanam jagung untuk menuju kesejahteraan.”Jangan ragu dengan pasaran. Bulog sudah siap membeli hasil produksi petani,” pungkasnya. (*)

Penulis : Rustam
Redaksi Republiknews.co.id menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: [email protected] atau Whatsapp +62 813-455-28646