0%
logo header
Rabu, 08 Juni 2022 02:34

Buka Selekda Mahasiswa se-Sulsel, Rektor UIN Alauddin: Berdoa Sebelum Bertanding, Tapi Jangan Lama

Pembukaan Seleksi Daerah (Selekda) Atlet Mahasiswa se-Sulawesi Selatan di Kampus UIN Alauddin Samata Gowa. (Istimewa)
Pembukaan Seleksi Daerah (Selekda) Atlet Mahasiswa se-Sulawesi Selatan di Kampus UIN Alauddin Samata Gowa. (Istimewa)

REPUBLIKNEWS.CO.ID, MAKASSAR — Rektor Universitas Islan Negeri (UIN) Alauddin Makassar Prof. Hamdan Juhannis, M.A., Ph.D. selaku Pembina Badan Pembina Olahraga Mahasiswa Indonesia (Bapomi) Sulawesi Selatan, akhir pekan lalu membuka Seleksi Daerah (Selekda) Atlet Mahasiswa se-Sulawesi Selatan di Kampus UIN Alauddin Samata Gowa.

Pembukaan Selekda tersebut dihadiri Ketua Umum KONI Sulsel diwakili Sekretaris Umum Mujiburrahman, para Wakil Rektor III, dan Pengurus Bapomi Sulawesi Selatan.

Prof. Hamdan Juhannis mengatakan, akan mendukung pelaksanaan Pekan Olahraga Mahasiswwa Nasional (POMNas) 2022 dengan menjadi bapak angkat untuk para atlet pada cabang olahraga futsal.

Baca Juga : Penyair Taufiq Ismail Terima Buku Autobiografi Dahlan Abubakar

“Untuk memahami aspirasi mahasiswa saya tidak menggunakan mata, tetapi telepati,” kelakar Guru Besar Termuda (37 tahun) UIN Alauddin Makassar yang menyelesaikan pendidikan Doktor di Australian National University (ANU) tersebut.

Lelaki kelahiran Desa Mallari Kecamatan Awangpone Kabupaten Bone 23 Maret 1971 (yang resmi tanpa tanggal dan bulan tahun 1970) yang sejak kecil sudah yatim itu menekankan, sebelum bertanding dia menekankan agar para Atlet terlebih dahulu berdoa.

“Tetapi kalau berdoa jangan kelamaan dan berhenti setelah lawannya sudah tiba di finis,” kelakar lelaki yang dilantik sebagai Rektor UIN Alauddin pada tanggal 23 Juli 2019 untuk periode hingga 2023 itu disambut tertawa oleh para yang hadir.

Baca Juga : Sattar Taba Jabat Ketua Pengurus YPANN Jakarta

Sekretaris Umum KONI Sulsel Mujiburrahman mengharapkan pada POMNas di Padang nantinya, Kontingen Bapomi Sulsel dapat bertengger pada peringkat IV atau V. Dia menekankan, dalam peningkatan atlet adalah bagaimana memberikan pelayanan kepada para atlet dengan tambahan “vitamin” dan menyediakan perangkat pertandingan yang diperlukan.

“Pada tahun 2022 ini (meskipun Pengurus KONI Sulsel Masa Bakti 2022-2026  belum dilantik, red.) KONI Sulsel belum pernah memperoleh bantuan dana dari Pemprov Sulsel,” keluh Mujiburrahman.

Ketua Panitia POMNas Sulsel yang juga Sekretaris Bapomi Sulsel Syahrir Arief menjelaskan, Sulsel pada POMNas di Padang 11 November 2022 akan mengikuti 12 cabang olahraga masing-masing Karate, Renang, Tenis Lapangan (Unhas), Futsal (UIN Alauddin), Bola Voli Pantai (Univ. Amajaya), Bulu Tangkis (UMI), Taekwondo (Unibos), Panjat Tebing (STIEM Bungaya dan Universitas Fajar), Pencak Silat (Unismuh), Petanque (Univ. Megarezky), sepak takraw dan atletik (UNM).

Baca Juga : Sattar Taba Tunaikan Cita-Cita Ketiga dengan Doktor Cumlaude

Menurut Syahrir Arief, untuk memberangkatkan kontingen Sulsel yang diperkirakan berkekuatan sekitar 200 orang ini dibutuhkan dana sekitar Rp4 miliar karena untuk transportasi saja, seorang atlet membutuhkan 4 tiket, yakni Makassar-Jakarta,Jakarta-Padang (pp).

“Hingga saat ini DPRD dan KONI Sulsel menjanjikan bantuan masing-masing Rp 500 juta,” ujar Syahrir.

Dia mengatakan, atlet yang berprestasi justru berada pada saat mereka menjadi mahasiswa karena memiliki intelijensia dan pengetahuan yang tinggi. Sulsel pada POMNas XVI Jakarta/2019 menduduki peringkat VIII, sementara ketika POMNas di Makassar tahun 2016 menduduki peringkat III.

Baca Juga : Doktor Sattar Taba Lulusan Terbaik IPDN 2022, Berikut Profil Lengkapnya

“Kita pada last minute digeser oleh Jawa Barat yang unggul dalam selisih medali emas,” Syahrir mengenang.

Jika seleksi daerah mahasiswa yang akan memperkuat kontingen provinsi, di Sulsel dibuka oleh Rektor UIN Alauddin, namun di Padang Sumatera Barat selaku tuan rumah pembukaan seleksi daerah dilakukan Gubernur Sumatera Barat.

Kegiatan yang diadakan dari tanggal 6-12 Juni 2022 ini dibuka oleh Gubernur Provinsi Sumatera Barat Mahyeldi Ansyarullah.

Baca Juga : Doktor Sattar Taba Lulusan Terbaik IPDN 2022, Berikut Profil Lengkapnya

“Ini menunjukkan perhatian pemerintah provinsi terhadap pembinaan dan peningkatan prestasi atlet mahasiswa yang akan membela daerahnya ke POMNas,” ucap salah seorang Pengurus BAPOMI Sulsel berkomentar.

Penulis : M. Dahlan Abubakar
Redaksi Republiknews.co.id menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: [email protected] atau Whatsapp +62 813-455-28646