0%
logo header
Rabu, 18 Mei 2022 17:01

Dominikus Ulukyanan Nahkodai Partai Golkar Merauke

Arnas Amdas
Editor : Arnas Amdas
Ketua DPD Partai Golkar Kabupaten Merauke Terpilih Dominikus Ulukyanan menyampaikan sambutan dalam Musda VII Partai Golkar Merauke. (FOTO. Hendrik/Republiknews.co.id)
Ketua DPD Partai Golkar Kabupaten Merauke Terpilih Dominikus Ulukyanan menyampaikan sambutan dalam Musda VII Partai Golkar Merauke. (FOTO. Hendrik/Republiknews.co.id)

REPUBLIKNEWS.CO.ID, MERAUKE — Dominikus Ulukyanan terpilih menjadi Ketua DPD Partai Golkar Kabupaten Merauke masa bakti 2022-2027 hasil Musyawarah Daerah (Musda) VII Dewan Pengurus Daerah Partai Golongan Karya (DPD Golkar) yang dilaksanakan di Aula Yorgen Sai Merauke, Selasa (17/05/2022).

Politikus yang sudah ber-Golkar selama 14 tahun itu mendapat dukungan suara dari 16 Komisariat distrik dari 20 distrik se Kabupaten Merauke.

Dominikus mengungguli empat calon lainnya yakni Hendrikus Mahuze, Jefri Papare, Ludwina Tjoa dan Anastasia Mahuze.

Baca Juga : Saksi Partai Golkar di Bulukumba Minim, Padahal Ada Anggaran dari Pusat

Mengingat dukungan suara dari komisariat distrik (Komdis) untuk Domin Ulukyanan sudah melebihi ketentuan yakni 16 komdis ditambah dukungan dari DPD I dab DPD II sehingga sesuai protap PO 02 tahun 2020 pemilihan tidak dilanjutkan dengan pemungutan suara atau voting tetapi dilakukan secara aklamasi.

Ketua Kosgoro Kabupaten Merauke, Hendrikus Mahuze memberikan selamat atas terpilihnya Dominikus Ulukyanan sebagai Ketua DPD Partai Golkar Kabupaten Merauke masa bakti 2022-2027. Hendrikus merupakan salah satu calon yang ikut berkompetisi dalam suksesi kursi ketua DPD Golkar Merauke itu.

“Saya sebagai Ketua Kosgoro menyampaikan selamat atas terpilihnya Pak Domin Ulukyanan atas terpilihnya beliau sebagai Ketua DPD Golkar untuk mengemban atau membawa partai besar ini kedepan lebih baik,” ucap Hendrikus Mahuze dalam jumpa Pers di kediamannya di Jalan Nusa Barong Merauke, Selasa (17/05/2022).

Baca Juga : Nicolaus Kondomo Maju di Pilgub Papua Selatan 2024, Dukungan Masyarakat Terus Mengalir

Hendrikus mengakui sosok Domin Ulukyanan sebagai kader senior dalam kepengurusan Partai Golkar Kabupaten Merauke yang sudah bergabung selama kurang lebih 16 tahun. Secara syarat menurutnya Domin Ulukyanan sangat mampu untuk memimpin Partai Golkar lima tahun kedepan.

“Proses Musda ini memang dibilang cukup singkat pembukaan pendaftarannya. Saya di sini sebagai ketua Kosgoro dan juga punya peluang. Saya yakin mulai tahapan pendaftaran sampai dengan verifikasi, saya sudah meyakini bahwa Pak Domin memang sudah siap untuk menjadi ketua,” ujarnya.

“Saya baru juga bergabung di Partai Golkar karena partai ini membuka peluang maka saya juga ikut berpartisipasi untuk mendaftar sebagai calon ketua. Tetapi memang Partai Golkar punya aturan tersendiri jadi bukan partai yang ditunjuk, tapi partai ini partai kader yang memang berpegang teguh pada AD/ART, sehingga dari hasil pendaftaran calon yang ada saya belum bisa memenuhi persyaratan sesuai ketentuan partai,” tambahnya.

Baca Juga : SDN 1 Merauke Dipalang, 524 Siswa Tak Bisa Sekolah

Dia berharap dengan adanya kepemimpinan baru DPD Partai Golkar Kabupaten Merauke yang dinahkodai Dominikus Ulukyanan karena beberapa waktu kemarin terjadi kekosongan, paling tidak ada bagian strategi dan konsep yang dimainkan oleh ketua terpilih, karena menjadi ketua partai ini sangat berat.

“Tantangan kita kedepan sangat berat. Ada partai-partai lain yang bertumbuh dengan strategi yang berbeda. Seorang ketua tentu mampu membuat strategi untuk mencapai kejayaan partai di 2024 yang dipimpin oleh Pak Domin. Saya yakin dan percaya Pak Domin tidak bekerja sendiri, tapi ada pengurus siap membantu partai ini meraih suara di tahun 2024,” ujar Hendrik Mahuze.

Di tempat terpisah, Ketua DPD Partai Golkar Kabupaten Merauke Terpilih, Dominikus Ulukyanan mengatakan hasil pemilihan dirinya menjadi ketua melalui Musda Partai Golkar VII tahun 2022 menjadi sebuah langkah maju dalam mekanisme pergantian kepengurusan karena calonnya lebih 10 orang dan setelah diverifikasi menjadi 5 orang calon.

Baca Juga : Kakek Tua Ditemukan Tewas Telungkup di Dalam Rumahnya di Kompleks Pasar Baru Merauke

“Selama ini kita tahu proses pergantian kepemimpinan hanya ada calon tunggal. Ini kali pertama perekrutan calonnya lebih dari sepuluh. Ini sebuah langkah maju bagi kami orang-orang Golkar. Masalah yang lain belum bisa melengkapi persyaratan, saya pikir hanya jam terbang saja. Saya sendiri bisa melengkapi berkas ini setelah kerja 14 tahun dan aktif di Partai Golkar,” katanya.

Partai Golkar, kata Domin, adalah sebuah partai kader yang lebih mengutamakan aspirasi dan dukungan dari kader yang paling bawah dalam hal ini komisariat distrik. Syarat untuk menjadi ketua Partai Golkar dukungan aspirasi dari bawah, ada pendampingan dari para sesepuh dan restu dari Tuhan yang dilaksanakan sesuai dengan aturan partai.

“Di Partai Golkar itu mengenal sistem 50 plus 1. Pertama orang bisa maju itu harus ada dukungan 20 persen. Dari 20 komdis minimal ada dukungan 8 komdis baru calonnya bisa maju, itu juga belum jadi. Tapi saya dapat dukungan dari 16 komdis tambah DPD I dan DPD II jadi saya dapat 18 suara dukungan. Itu sudah lewat dari ketentuan makanya prosesnya dibuat secara aklamasi. Kalau tadi ada calon mendapat dukungan secara merata maka bisa dilanjutkan dengan pemungutan suara atau voting. Itu sudah sesuai dengan Protap PO 02 tahun 2020,” bebernya.

Baca Juga : Kakek Tua Ditemukan Tewas Telungkup di Dalam Rumahnya di Kompleks Pasar Baru Merauke

Dalam kepemimpinannya, lanjut Dominikus, langkah awalnya melakukan konsolidasi partai dan memfungsikan organisasi-organisasi kemasyarakatan (Ormas) yang mendirikan Golkar seperti Kosgoro dan partai sayap lainnya, bukan membicakan soal target perolehan suara di Pemilu 2024.

“Kalau kita berbicara soal target ini namanya kita bermimpi. Kalau saya sampaikan bahwa target kami di Golkar di 2024 adalah 5-10 kursi, itu omong kosong. Ada berapa partai dulu yang lolos verifikasi. Kalau mereka langsung berbicara target ini namanya tukang mimpi. Kita belum tahu berapa partai yang lolos. Jadi langkah awal kita benahi dulu partai ini secara internal baru kita bicara soal target,” tutupnya.

Penulis : Hendrik
Redaksi Republiknews.co.id menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: [email protected] atau Whatsapp +62 813-455-28646