0%
logo header
Minggu, 12 November 2023 11:16

Faizal Rachman sebut Kekurangan Dokter Hambat Operasional Rumah Sakit Muara Bengkal

Mulyadi Ma'ruf
Editor : Mulyadi Ma'ruf
Anggota Komisi D DPRD Kutai Timur, Faizal Rachman. (Istimewa)
Anggota Komisi D DPRD Kutai Timur, Faizal Rachman. (Istimewa)

REPUBLIKNEWS.CO.ID, KUTAI TIMUR — Anggota DPRD Kabupaten Kutai Timur, Faizal Rachman, menyoroti kendala yang menghambat operasional Rumah Sakit Muara Bengkal, terutama terkait kekurangan dokter di wilayah tersebut. Meskipun fasilitas rumah sakit sudah siap, pelayanan kepada masyarakat belum dapat dimulai karena minimnya ketersediaan dokter.

Faizal Rachman mengungkapkan bahwa kekurangan dokter di Rumah Sakit Muara Bengkal menjadi perhatian utama pihak berwenang. Mereka berencana untuk berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan setempat guna menangani masalah rekrutmen dokter. Meskipun formasi dokter untuk rumah sakit tersebut telah dibuka, proses rekrutmen dokter spesialis dan umum masih terhambat.

Menurut Faizal Rachman, pemenuhan dokter berkualitas menjadi kunci untuk menjalankan rumah sakit dengan standar operasional yang sesuai. Pemerintah daerah diharapkan segera mengatasi masalah rekrutmen ini, mengingat pentingnya status Rumah Sakit Muara Bengkal.

Baca Juga : PT BMA Diduga Tanam Sawit di Luar HGU, DPRD Kutim Rencanakan Panggil Semua Pihak Terkait

Dalam upaya mengatasi kendala ini, Faizal Rachman menyoroti peran Dinas Kesehatan dalam pengelolaan sumber daya manusia yang diperlukan untuk operasionalisasi rumah sakit. Pemenuhan gaji dokter juga dianggap sebagai faktor kunci dalam menarik dokter berkualitas ke Rumah Sakit Muara Bengkal. Oleh karena itu, ia berharap adanya revisi peraturan dan perubahan dalam sistem penggajian yang mendukung.

“Semoga dengan dukungan sumber daya yang tersedia, rumah sakit ini dapat segera beroperasi dan memberikan pelayanan kesehatan yang dibutuhkan oleh masyarakat,” ungkap Faizal Rachman kepada awak media.

Faizal Rachman menegaskan bahwa ketersediaan fasilitas kesehatan yang memadai merupakan hak dasar seluruh masyarakat Indonesia. Oleh karena itu, ia berkomitmen untuk terus mengawal perkembangan Rumah Sakit Muara Bengkal agar dapat segera beroperasi dan memberikan manfaat bagi masyarakat Kutim.

Baca Juga : Agusriansyah Apresiasi Pemkab Kutim Lakukan Peningkatan Jalan Desa di Kecamatan Sandaran

Sebagai wakil rakyat, Faizal Rachman juga mengajak seluruh pihak terkait untuk bersinergi mewujudkan pelayanan kesehatan prima di Rumah Sakit Muara Bengkal. Dukungan pemerintah pusat maupun daerah, swasta, serta masyarakat sangat diperlukan dalam mewujudkan cita-cita tersebut.

Dengan beroperasinya Rumah Sakit Muara Bengkal, diharapkan dapat mengatasi kesenjangan akses layanan kesehatan bagi masyarakat di wilayah tersebut. Rumah sakit ini juga diharapkan dapat menjadi rujukan medis bagi penduduk sekitar, sehingga dapat meningkatkan derajat kesehatan masyarakat Kutai Timur pada umumnya. (ADV)

Redaksi Republiknews.co.id menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: [email protected] atau Whatsapp +62 813-455-28646