0%
logo header
Minggu, 24 Oktober 2021 10:20

Festival “Gau Pakkaja” Resmi Dibuka, Bupati Sinjai Ucapkan Terimakasih ke Kemendikbudristek

Pembukaan Festival "Gau Pakkaja" oleh Bupati Sinjai Andi Seto Ghaditsa Asapa, di Dermaga Pelabuhan Cappa Ujung kelurahan Lappa Kecamatan Sinjai Utara, Sabtu malam (23/10/2021).
Pembukaan Festival "Gau Pakkaja" oleh Bupati Sinjai Andi Seto Ghaditsa Asapa, di Dermaga Pelabuhan Cappa Ujung kelurahan Lappa Kecamatan Sinjai Utara, Sabtu malam (23/10/2021).

REPUBLIKNEWS.CO.ID, SINJAI – Festival Budaya Maritim ‘Gau Pakkaja’ (pesta nelayan) yang dilaksanakan oleh Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Todilaling resmi dibuka oleh Bupati Sinjai Andi Seto Asapa yang bertempat di Dermaga Pelabuhan Cappa Ujung kelurahan Lappa Kecamatan Sinjai Utara, Sabtu malam (23/10/2021).

Ketua PKBM Todilaling Andi Ernawati Madi menjelaskan bahwa Gau Pakkaja merupakan kebudayaan masyarakat Lappa yang diselenggarakan sebagai ungkapan rasa syukur kepada yang maha kuasa terhadap rezeki yang diberikan melalui hasil laut.

Sebagai pusat perikanan di Pantai Timur Sulawesi, sambung Ernawati, Kabupaten Sinjai memiliki beragam kearifan lokal yang perlu diangkat kepermukaan, salah satunya Gau Pakkaja sebagai kegiatan masyarakat dalam kehidupannya selama ini hanya ditujukan dalam lingkup masyarakat pesisir Lappa.

Baca Juga : Beredar Pamflet KLB PC PMII Baubau, Ketua Komsat PMII UMB: Itu Mengada-ngada

“PKBM Todilaling bersama para pelaku seni, sanggar, komunitas budaya yang ada di Sinjai akan memberikan pertunjukan kolosal yang menceritakan akfiitas masyarakat nelayan Lappa. Program ini kami laksanakan tidak lepas dari dukungan dari bapak Bupati Sinjai, Dinas Pendidikan dan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Sinjai,” tuturnya.

Sekretaris Jenderal Kebudayaan Kemendikbud Ristek RI, Fitra Arda yang hadir secara daring menyampaikan bahwa program fasilitasi bidang kebudayaan (FBK) yang diberikan kepada komunitas atau organisasi tidak lain untuk memajuan kebudayaan daerah.

FBK ini diharapkan mendorong lahirnya inisiatif masyarakat dalam mewujudkan kegiatan kebudayaan yang memiliki kreatifitas, inovasi, warisan nilai budaya, pelestarian kearifan lokal serta memperkuat karakter bangsa dalam keanekaragaman.

Baca Juga : Tembus ke Pelatnas Bulutangkis, Reza dan Sofy Harumkan Nama Sulsel

“Kita bangga PKBM Todilaling dipercayakan menggelar event ini sebab dari 9.461 proposal yang masuk, hanya 144 yang diterima termasuk salah satunya PKBM Todilaling. Ini merupakan bukti dan menjadi bagian betapa hebatnya komunitas yang ada di Sinjai dalam memajukan budaya lokal ” tuturnya.

Ia pun berharap, festival budaya ini dirasakan manfaatnya oleh masyarakat, paling tidak menjadi bagian dari pemulihan ekonomi nasional khususnya pekerja budaya yang mampu berkarya walaupun dimasa pandemi Covid-19.

Bupati Andi Seto Asapa dalam sambutannya menyampaikan terima kasih kepada Kemendikbud Ristek yang telah memberikan kepercayaan kepada PKBM Todilaling sehingga festival budaya maritim ini dapat dilangsungkan di Kabupaten Sinjai.

Redaksi Republiknews.co.id menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: redaksi.republiknews1@gmail.com atau Whatsapp +62 852-9999-3998