0%
logo header
Jumat, 28 Januari 2022 00:22

Kawinkan Gelar Juara Zona Papua, Pengamat Sepakbola Nasional: Toli FC Superior, UGW Jenius

La Saddam
Editor : La Saddam
Bupati Tolikara Usman G Wanimbo (tengah baju biru) bersama Tim Sepakbola Putri Persitoli Tolikara mengangkat Tropi Kemenangan setelah keluar sebagai Juara Piala Pertiwi 2021 Papua, di Stadion Mandala, Kota Jayapura, Kamis (27/01/2022).
Bupati Tolikara Usman G Wanimbo (tengah baju biru) bersama Tim Sepakbola Putri Persitoli Tolikara mengangkat Tropi Kemenangan setelah keluar sebagai Juara Piala Pertiwi 2021 Papua, di Stadion Mandala, Kota Jayapura, Kamis (27/01/2022).

REPUBLIKNEWS.CO.ID, JAYAPURA — Tim Sepakbola Putri Persitoli Tolikara berhasil keluar sebagai juara Piala Pertiwi 2021 Papua, usai mengandaskan perlawanan Persemi Mimika dengan skor telak 9-0 pada Partai Final Leg kedua yang digelar di Stadion Mandala, Kota Jayapura, Kamis (27/01/2022).

Sebelumnya, pada pertemuan pertama Final Piala Pertiwi 2021 Papua, skuad Putri besutan pelatih Thomas Madjar ini juga meraih kemenangan dengan skor yang sama (9-0).

Sembilan Gol kemenangan srikandi Waleman The Blues (julukan Persitoli Tolikara) dicetak oleh Feni Binbarek (11’, 47’), Barbalina Salampessy (16’, 68’), Liza Madjar (34’), Yuliana Ongge (58’, 61’), Selly Wunungga (75’), dan Imelda Rollo (88’).

Baca Juga : Di Rakornas Komisi Pemenangan Pemilu Nasional PAN 2022, Zulhas Sebut UGW Kader Istimewa

Persitoli Tolikara yang dihuni 12 pemain jebolan Tim Sepakbola Putri Papua pada gelaran Pekan Olahraga Nasional (PON) XX lalu, memang tampil sangat superior dibanding tim Sepakbola Putri Persemi Mimika.

Keberhasilan Toli FC dalam mengawinkan gelar bergensi Sepakbola Zona Papua (Toli FC Putra-Juara Zona Papua Liga 3, Toli FC Putri-Juara Zona Papua Piala Pertiwi) ditanggapi Pengamat Sepakbola Nasional Jimmy Weeli. Menurut Jimmy keberhasilan Toli FC tidak bisa lepas dari kejeniusan seorang Bupati Tolikara Usman G Wanimbo (UGW).

“Sepakbola papua khususnya Tolikara tidak bisa dipisahkan dari seorang UGW, beliau tidak hanya sekedar Bupati tetapi kejeniusannya dalam memenejeri Club Sepakbola tidak perlu kita ragukan lagi, beliau membawa Persipura Tolikara menjadi Semifinalis Liga 1 Putri Nasional serta membawa PON Putri Papua meraih Emas pada PON Papua yang lalu, ini luar biasa,” jelas Jimmy.

Baca Juga : Partai PAN Gerak Cepat Bantu Korban Banjir Jayapura, UGW: Semoga Bermanfaat Untuk Saudara Kita

“Kejeniusan seorang UGW dalam managerial Sepakbola sejalan dengan komposisi dan talenta anak muda Papua baik Putra dan Putri dalam olah bola, kita tau komposisi tim Putri diisi oleh Pemain-pemain PON begitupun dengan Putra, hal ini menjadi Faktor utama padunya permainan Toli FV baik Putra maupun Putri, yang pasti Toli FC akan berbicara banyak di kanca sepak bola nasional,apalagi jika magis seorang UGW masih berlanjut di level Nasional, bukan tidak mungkin capaian saat ini bisa berlanjut di zona nasional,” terang Jimmy Weeli.

Diketahui bahwa Bupati Tolikara Usman G Wanimbo pada ajang anugrah insan Sepakbola Nasional tahun lalu dinobatkan sebagai Kepala Daerah Gila Bola versi penyelenggara kegiatan penganugrahan. (*)

Redaksi Republiknews.co.id menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: redaksi.republiknews1@gmail.com atau Whatsapp +62 813-455-28646