0%
logo header
Rabu, 03 Juli 2024 18:06

Kejaksaan Negeri Selayar Fokus pada Tiga Tugas Utama dalam Pilkada 2024

M. Imran Syam
Editor : M. Imran Syam
Kepala Kejari Kepulauan Selayar, Hendra Syarbaini, SH, MH. (Istimewa)
Kepala Kejari Kepulauan Selayar, Hendra Syarbaini, SH, MH. (Istimewa)

REPUBLIKNEWS.CO.ID, KEPULAUAN SELAYAR – Kejaksaan Negeri Kepulauan Selayar siap mengambil peran dalam penyelenggaraan Pilkada 2024 yang akan dilaksanakan secara serentak di seluruh Indonesia. Hal ini disampaikan oleh Kepala Kejaksaan Negeri Kepulauan Selayar, Hendra Syarbaini, SH, MH, kepada awak media, Rabu, (03/07/2024).

Sebelumnya, Kejari Kepulauan Selayar mengikuti Rapat Koordinasi (Rakor) Kesiapan Penyelenggaraan Pilkada Serentak Tahun 2024 untuk Wilayah Kalimantan, Sulawesi, dan Maluku yang diselenggarakan oleh Kementerian Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Republik Indonesia di Hotel Claro Makassar, Rabu, 26 Juni 2024 lalu.

Menjelang pelaksanaan Pilkada serentak khususnya di Kabupaten Kepulauan Selayar pada 27 November 2024 mendatang, Hendra Syarbaini menyebutkan bahwa Kejaksaan Negeri Selayar memiliki tiga tugas penting, yaitu: penanganan perkara tindak pidana Pilkada, perkara perselisihan hasil Pilkada yang timbul, dan pendampingan dalam pengadaan logistik oleh KPU Kabupaten Kepulauan Selayar.

Baca Juga : Puncak Peringatan HBA ke-64 di Selayar: Evaluasi, Introspeksi dan Akselerasi Penegakan Hukum

Selain itu, Hendra Syarbaini menambahkan bahwa Kejaksaan Negeri Selayar akan terus berperan aktif dengan berkolaborasi dan berkoordinasi bersama Bawaslu Kabupaten Kepulauan Selayar dan Polres Kepulauan Selayar yang tergabung dalam Sentra GAKKUMDU untuk mengawasi dan mengambil langkah hukum terhadap pelanggaran dalam Pilkada.

“Saya selaku Kajari, mengingatkan kepada kita semua bahwa negara harus memberikan jaminan bahwa proses pelaksanaan Pilkada harus diselenggarakan secara LUBER & JURDIL. Netralitas harus dijaga oleh institusi penyelenggara karena itu adalah pondasi dasar demokrasi untuk mewujudkan persatuan dan kesatuan, khususnya masyarakat Kabupaten Kepulauan Selayar,” ungkapnya.

Kajari Hendra Syarbaini berharap pelaksanaan Pilkada 2024 dapat berjalan dengan aman dan lancar, serta penuh suasana kegembiraan dalam menentukan pemimpin Kabupaten selanjutnya. (*)

Penulis : Andi Rusman
Redaksi Republiknews.co.id menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: [email protected] atau Whatsapp +62 813-455-28646