0%
logo header
Senin, 06 Mei 2024 17:24

Kembalikan Formulir Cawalkot, Taqyuddin Djabbar Sebut PPP Sepeti Rumah Sendri

Mulyadi Ma'ruf
Editor : Mulyadi Ma'ruf
Kembalikan Formulir Cawalkot, Taqyuddin Djabbar Sebut PPP Sepeti Rumah Sendri

REPUBLIKNEWS.CO.ID, PAREPARE — Taqyuddin Djabbar (TQ), mengembalikan formulir pendaftaran Calon Wali Kota Parepare ke DPC Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Senin (6/05/2024).

TQ yang didampingi puluhan sahabat, disambut Ketua DPC PPP Parepare, Jamaluddin. Hadir pula, Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) PPP, Yodi Haya, dan sejumlah pengurus partai berlambang Kabah tersebut.

Yodi Haya mengatakan, ada hubungan historis antara dirinya dan TQ, yang telah dianggapnya sebagai adik sendiri. Menurutnya, TQ bukan orang lain, karena banyaknya memori bersama.

Baca Juga : Taqyuddin Djabbar: Mendorong Kolaborasi Pemuda untuk Memajukan Ekonomi Parepare

“Dan hari ini beliau datang. Sebagai Ketua Bappilu yang diamanatkan partai, otomatis saya bertanggungjawab ketika nantinya PPP bersama TQ. Tidak ada pilihan lain, PPP harus mendukung siapapun yang bersama nanti. Kita harus saling bahu membahu,” katanya.

Mantan birokrat senior tersebut berpesan, ketika nanti TQ kembali bersama PPP di Pilkada 2024 tahun ini, agar kemenangan bisa dicapai bersama.

“Jangan terulang lagi. Kalau kemarin belum berhasil, semoga ke depan kita harus berhasil. Jika TQ menang pilkada, tentu PPP bisa ikut mendapat perhatian,” katanya.

Baca Juga : Posko Tasming Hamid Dipuji RMS, NasDem All-Out Menangkan Pilkada Parepare

Yodi Haya berharap besar, agar pada pilkada tahun ini, TQ kembali bersama PPP. Terlebih, kata dia, pengurusan dilakukan sendiri oleh TQ.

“PPP merasa menjadi yang terbaik, karena mendapat perhatian khusus dari TQ. Tentu kita berharap, bisa bersama-sama berjuang mencapai cita-cita kemenangan,” tegasnya.

Sementara Ketua DPC PPP Parepare, Jamaluddin mengungkapkan, bahwa PPP dan TQ sudah menjalin komunikasi yang cukup lama. Pola yang dilalui TQ saat mendaftar pun dinilainya sebagai hal yang benar, karena melalui tahap berjenjang.

Baca Juga : Maju Pilkada Tanpa Sponsor, MZ Tegaskan Komitmen Lanjutkan Pembangunan Parepare

“Komitmen PPP, kalau ada yang mendaftar tanpa melalui DPC, akan tetap dikembalikan ke DPC. Apa yang dilakukan TQ, hal yang benar karena melalui DPC,” ungkapnya.

Nantinya, kata dia, dokumen formulir akan diserahkan ke DPW setelah dilakukan verifikasi. Dan keputusan terkait calon yang akan diusung, akan ditentukan Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PPP.

Selain melihat hasil survei calon, kata Jamaluddin, juga akan dilakukan fit and proper test (uji kelayakan dan kepatutan), untuk memastikan kapasitas dan kemampuan seluruh calon nantinya.

Baca Juga : Silaturahmi dengan Warga Bukit Indah, Hermanto Konsisten Gaet Dukungan Menuju Pilkada

“Karena tidak sebatas finansial dan elektabilitas saja dalam memenangkan pilkada. Tapi yang tak kalah penting, manajemen dalam memimpin Parepare ke depan. Baik dari segi pembangunan infrastruktur, SDM maupun terkait lapangan kerja. Itulah pentingnya visi misi calon turut dilampirkan dalam berkas pengembalian formulir sebagai pertimbangan,” Jamaluddin memaparkan.

Sebelumnya, Jamaluddin juga mengakui, ada sejarah antara PPP dengan TQ, pada pilkada 2013 lalu. Saat PPP, menjadi salah satu partai pengusung Ketua IKA UNHAS Parepare tersebut.

Di mata PPP, kata Jamaluddin lagi, TQ dinilai cerdas dan memiliki kapasitas. “Saya kira, Pak Taqyuddin orang yang cerdas, dan tentu punya kapasitas,” ujarnya.

Baca Juga : Silaturahmi dengan Warga Bukit Indah, Hermanto Konsisten Gaet Dukungan Menuju Pilkada

Sementara TQ mengatakan, keseriusannya mengendarai PPP ditandai dengan pengembalian berkas formulir yang diantarnya sendiri, didampingi para sahabat.

TQ bahkan yakin, bahwa dia bisa bersama PPP pada Pilkada tahun ini. “Jawaban itu sudah ada di hati saya,” kata Ketua IKA Unhas Parepare ini.

Maju pada Pilkada Parepare 2024, kata TQ, dirinya ingin membawa perubahan besar, agar masyarakat Parepare tidak hanya menjadi penonton, tetapi juga turut menjadi pemeran dalam pembangunan.

Baca Juga : Silaturahmi dengan Warga Bukit Indah, Hermanto Konsisten Gaet Dukungan Menuju Pilkada

“Harus ada keadilan sosial. Memajukan Parepare tanpa mengekploitasi masyarakat, agar masyarakat turut menjadi pelaku, bukan penonton,” ujar Ketua Dewan Pakar ICMI Parepare.

Di akhir sambutannya, mantan Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Parepare dua periode ini mengatakan, PPP menjadi bagian dari masa lalu, masa kini, dan masa depan dirinya. “PPP saya anggap sebagai rumah sendiri,” tandasnya. (*)

Redaksi Republiknews.co.id menerima naskah laporan citizen (citizen report). Silahkan kirim ke email: redaksi.republiknews1@gmail.com atau Whatsapp +62 813-455-28646